SISTEM ZONASI SEKOLAH

hai what's up my friends, welcome to my blog ...




Sistem zonasi yang menjadi perdebatan dan keresahan bagi sebagian orang tua menjadi hambatan mereka untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah favorit. Sekolah favorit dinilai menjadi primadona dan sudah menjadi rahasia umum, khususnya di Indonesia. Anak-anak yang bisa masuk ke sekolah favorit cenderung dinilai lebih maju dan lebih pintar dibandingkan dengan sekolah-sekolah lainnya. Tak jarang, sekolah favorit menjadi incaran banyak pelajar juga orang tua.

Sekolah favorit juga dapat diartikan sebagai sekolah yang memiliki fasilitas  yang memadai, berkualitas, dan juga menjadi incaran banyak orang. Tak jarang sekolah favorit dijadikan sebagai patokan untuk mengukur tingkat sosial seseorang. Saat ini pemerintah merencanakan untuk menghilangkan status sekolah favorit dengan menggunakan sistem zonasi di sekolah.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/06/19/17333191/sistem-zonasi-dapat-hilangkan-sekolah-favorit-apa-kata-pengamat-pendidikan?page=all
Dengan hal ini, penilaian atau anggapan mengenai sekolah favorit ditiadakan untuk menganggap bahwa semua sekolah memiliki status yang sama yaitu untuk tempat belajar. Akan tetapi apakah sekolah favorit sebenarnya masih ada, dan dijadikan patokan untuk meningkatkan status sosial bagi sebagian besar masyarakat Indonesia ?

https://news.detik.com/kolom/d-4593536/jadikan-semua-sekolah-favorit


Akan tetapi banyak juga anak-anak yang belajar dengan giat, dengan tujuan masuk ke dalam sekolah favorit. Dengan demikian, jika status sekolah favorit dihilangkan, bukankah sekolah yang tadinya berstatus "favorit" tidak lagi menjadi persaingan bagi anak-anak sekolah. Pendaftaran sekolah yang menggunakan sistem PPDB online, tidak juga berjalan mulus.

Saat menjadi pengurus OSIS, tidak jarang gue menemukan orang tua yang ternyata masih minim informasi tentang pendaftaran secara online. Mirisnya anak dari orang tua tersebut (calon murid) juga tidak mengetahui akan hal ini. Gue pikir, bukan sosialisasi yang kurang, akan tetapi keinginan untuk mencari informasi lebih lanjut masih minim di kalangan anak muda era sekarang.

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca . Jangan lupa untuk meninggalkan komentar yang sopan santun . Untuk menghindari komentar SPAM yang masuk , komentar kalian akan gue seleksi terlebih dahulu kemudian gue publikasikan .

Salam , Arjuna Rafi (coganarab_ )

 

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

FANSPAGE FACEBOOK

PELANGGAN

Translate

JUMLAH PEMBACA

PENULIS

Halo! gue Arjun, penulis blog arjunarafi.com . Blog ini udah dibuat sejak 2015 silam, awalnya sebagai media untuk mempublikasikan tulisan-tulisan yang gue buat.

Apa aja yang gue tulis di arjunarafi.com ? sebagian besar tulisan gue untuk sharing pengalaman gue, yang juga dibarengi dengan berbagai topik sosial, hingga review apapun.

By the way, kalo lo ada saran apapun yang harus gue review, atau melakukan kerja sama bisa kontak gue di Rafisyauqie@gmail.com.

Cheers.