Global Village

Hai what's up my friends, welcome to my blog ...





Beberapa waktu lalu, gue mengikuti sebuah event yang dibuat oleh AIESEC Universitas Diponegoro di Semarang, namanya Global Village. Awalnya gue diajak oleh Andhika, teman baru gue setelah pindah ke Semarang pada Februari 2018 lalu. Iya gue baru sempat nulis ini, jadi akan gue jadikan satu. Gue udah ikut event ini tiga kali. Februari 2018, Agustus 2018, dan yang baru gue ikuti Februari 2019.

Ternyata event ini diselenggarakan setahun dua kali, yaitu selama musim dingin dan musim panas. Awal datang ke event ini, gue sangat excited. Di acara ini kita juga bisa mencicipi makanan dari berbagai negara. Peserta kegiatan ini adalah mereka para mahasiswa dari berbagai negara yang sedang menjalankan poyek sosial di Indonesia, khususnya di Semarang.

Bukan hanya itu, disini gue bisa mengasah kemampuan bahasa Inggris dengan mengobrol bersama mereka. Gue cukup terkesan dalam kegiatan ini dan berusaha untuk mencari lebih jauh lagi tentang AIESEC ini. Anyway, gue nggak dibayar untuk menulis ini. Ini sesuai dengan pengalaman gue aja. Selama di Samarinda, gue belum menemukan event seperti ini, untuk itu kenapa sangat gembira gue menyambut acara seperti ini.

Setelah gue telusuri lebih jauh, gue pun juga bisa untuk melakukan proyek sosial seperti mahasiswa asing ini melalui organisasi AIESEC. Sebenarnya bukan hanya AIESEC, di sekolah gue juga terdapat volunteer dari organisasi lain, De Javato Foundation namanya. Jadi kita bisa milih program yang kita kerjakan di luar negeri, seperti pendidikan, pertukaran budaya, atau proyek sosial lainnya.

Negara yang tersedia juga banyak. Tapi balik lagi, kegiatan ini sifatnya self funded, artinya menggunakan biaya pribadi. Semakin jauh negara yang kita pilih, kemungkinan besar akan semakin besar pula biaya yang kita keluarkan. Tapi menurut gue ini salah satu kegiatan yang cukup bermanfaat. Bukan hanya pengalaman aja yang didapat, tapi juga bisa merubah mindset kita buat berpikir terbuka, dan melihat beragam perbedaan.

Gue sebenarnya udah berencana untuk ikut proyek sosial dari organisasi-organisasi ini. Tapi masih menunggu waktu tenang yang nggak menganggu proses belajar gue pribadi. Mungkin dari kalian ada yang sudah pernah ikut kegiatan semacam ini atau juga ikut tertarik seperti gue, boleh saling sharing pengalaman.





0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca . Jangan lupa untuk meninggalkan komentar yang sopan santun . Untuk menghindari komentar SPAM yang masuk , komentar kalian akan gue seleksi terlebih dahulu kemudian gue publikasikan .

Salam , Arjuna Rafi (coganarab_ )

 

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

FANSPAGE FACEBOOK

PELANGGAN

Translate

JUMLAH PEMBACA

PENULIS

Halo! gue Arjun, penulis blog arjunarafi.com . Blog ini udah dibuat sejak 2015 silam, awalnya sebagai media untuk mempublikasikan tulisan-tulisan yang gue buat.

Apa aja yang gue tulis di arjunarafi.com ? sebagian besar tulisan gue untuk sharing pengalaman gue, yang juga dibarengi dengan berbagai topik sosial, hingga review apapun.

By the way, kalo lo ada saran apapun yang harus gue review, atau melakukan kerja sama bisa kontak gue di Rafisyauqie@gmail.com.

Cheers.