Tragedi yang terus berulang

Hai what's up my friends, welcome to my blog ...



Sebelumnya aku mau mengucapkan minal aidin wal faidzin karena beberapa waktu yang lalu kita tiba di hari kemenangan umat muslim yaitu idul fitri 1438 Hijriah. Tanggal 24 Juli lalu tepat hari idul fitri dan sebagian besar masyarakat di Indonesia yang beragama islam melaksanakan shalat ied.  Karena tidak mendapatkan tiket untuk pulang kampung, akhirnya aku dan keluarga ku menyempatkan diri untuk menghabisi liburan hingga setelah lebaran di kota Balikpapan, Kalimantan Timur.



Saat itu aku mengahdiri shalat ied di salah satu masjid agung di Balikpapan, yaitu masjid agung At-Taqwa. Waktu yang paling menyenangkan memang ketika idul fitri tiba. Mengapa ? karena pada saat idul fitri, jalan-jalan kota itu sepi dan tidak banyak kendaraan bermobol atau bermotor yang berlalu lalang.

Foto Ifar Ujra.

Aku menyempatkan diri datang pada salah satu kios dekat dengan masjid, untuk membeli minyak wangi (parfum). Tak lama disana, langsung menuju ke dalam masjid. Memang pada saat shalat idul fitri, pukul 06.30 itu sudah sangat ramai, bahkan hampir tidak mendapatkan tempat di dalam ruangan masjid. Tak jarang banyak orang-orang yang berada di halaman masjid karena tak kedapatan tempat.

Foto Ifar Ujra.

Sesudah melaksanakan ibadah tersebut, akhirnya pun bubar. Dan aku sudah menebak-nebak apa yang akan terjadi itu pasti terjadi. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya pun juga seperti itu. Apa yang ku maksudkan itu ? SAMPAH. Oke banyak banget jamaah yang membawa koran-koran sebagai alas ketika shalat. Tapi saat selesai shalat, tak jarang sampah berserakan hingga masuk ke selokan dan tersumbat.

Foto Ifar Ujra.

Foto Ifar Ujra.

Apakah itu mencerminkan seorang muslim yang baik ? coba pikirkan saja. Mereka baru saja menjalankan ibadah, tapi seusai ibadah kembali merusak kebersihan lingkungan dengan koran yang mereka bawa. Di saat seperti inilah sebenarnya aku sangat geram. Apa susahnya membawa lagi koran-koran yang sudah dibawa, lalu dimasukkan kedalam tempat sampah ?.

Foto Ifar Ujra.

Foto Ifar Ujra.

Foto Ifar Ujra.

Kejadian ini pun terus berulang setiap tahun. Jadi untuk apa mengucapkan minal aidin wal faidzin kalau perilaku orang-orang tadi itu di hari kemenangan pun belum diubah ?. Tinggal kita lihat saja tahun depan nanti, apakah hal ini masih terjadi ? .





0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca . Jangan lupa untuk meninggalkan komentar yang sopan santun . Untuk menghindari komentar SPAM yang masuk , komentar kalian akan gue seleksi terlebih dahulu kemudian gue publikasikan .

Salam , Arjuna Rafi (coganarab_ )

 

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

FANSPAGE FACEBOOK

PELANGGAN

Translate

JUMLAH PEMBACA

PENULIS

Halo! gue Arjun, penulis blog arjunarafi.com . Blog ini udah dibuat sejak 2015 silam, awalnya sebagai media untuk mempublikasikan tulisan-tulisan yang gue buat.

Apa aja yang gue tulis di arjunarafi.com ? sebagian besar tulisan gue untuk sharing pengalaman gue, yang juga dibarengi dengan berbagai topik sosial, hingga review apapun.

By the way, kalo lo ada saran apapun yang harus gue review, atau melakukan kerja sama bisa kontak gue di Rafisyauqie@gmail.com.

Cheers.