Kemegahan Masjid Islamic Center di Samarinda

Hai what's up my friends, welcome to my blog ...

Beberapa waktu lalu aku menyempatkan diri untuk berkunjung masjid Islamic Center atau yang biasa di kenal masjid Baitul Muttaqien di Samarinda. Aku menikmati kemegahan di dalam masjid ini dan menyempatkan diri untuk beribadah serta mengumpulkan beberapa informasi untuk ku review.



 Apalagi aku sangat terkesan ketika melihat menara-menara masjid ini, yang menjulang tinggi ke langit Samarinda. Letak masjid ini, menurutku sangat strategis, karena berada dalam sekitar kawasan tempat tinggal masyarakat dan bersebrangan langsung dengan sungai Mahakam.

Foto ini merupakan foto yang diambil dari atas menara.



Dari info yang aku dapatkan, masjid Islamic Center ini merupakan masjid terbesar ke 2 di Asia Tenggara setelah masjid Istiqlal di Jakarta. Dengan lahan yang luas melebar, masjid ini mampu menampung jamaah masjid hingga ribuan. Di masjid ini juga terdapat berbagai kegiatan keagamaan dan menjadi tempat untuk bersinggah masyarakat yang berkendara.



Tujuan dibuatnya masjid semegah dan luas ini adalah, agar warga Samarinda memiliki pusat keagamaan (islam) sehingga masjid ini pun seringkali digunakan pada acara-acara dalam peringatan penting dalam agama Islam. Ketika bulan Ramadhan tiba, di kawasan masjid ini pun juga diselenggarakan Pasar Ramadhan guna menjual makanan dan minuman (takjil) untuk berbuka puasa.

Di masjid ini kita juga bisa melihat keindahan kota Samarinda, sekaligus melihat pemandangan sungai Mahakam dari atas menara. Karena penasaran, aku pun mencoba menuju menara tersebut. Biaya per orang sebesar Rp.15.000,00 dan kita dapat naik menuju menara menggunakan lift. Jumlah menara pada masjid ini sebanyak 7 menara. Pada menara utama, memiliki ukuran 99 meter, yang menandakan Asmaul Husna yang berjumlah sebanyak 99.






Di bagian depan halaman masjid ini, terdapat 2 buah menara yang tingginya lebih pendek dari menara lainnya. Akan tetapi jangan salah, bahan yang digunakan dalam pembuatan menara tersebut diimpor langsung dari luar negeri, yakni granit granit juparana kuning dan granit juparana cokelat sehingga selain memiliki tekstur yang kuat, masjid ini juga memiliki nilai estetika nya.



Tak hanya ruang untuk beribadah, di lantai dasar kita dapat menemukan sebuah ruangan yang digunakan untuk acara seperti resepsi pernikahan ataupun tabligh akbar. Bedug dalam masjid ini, juga sangat menawan karena besar nya melebihi tinggi dan besar orang dewasa. Sehingga masjid ini, memang benar-benar dimanfaatkan dengan baik.



0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca . Jangan lupa untuk meninggalkan komentar yang sopan santun . Untuk menghindari komentar SPAM yang masuk , komentar kalian akan gue seleksi terlebih dahulu kemudian gue publikasikan .

Salam , Arjuna Rafi (coganarab_ )

 

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

FANSPAGE FACEBOOK

PELANGGAN

Translate

JUMLAH PEMBACA

PENULIS

Halo! gue Arjun, penulis blog arjunarafi.com . Blog ini udah dibuat sejak 2015 silam, awalnya sebagai media untuk mempublikasikan tulisan-tulisan yang gue buat.

Apa aja yang gue tulis di arjunarafi.com ? sebagian besar tulisan gue untuk sharing pengalaman gue, yang juga dibarengi dengan berbagai topik sosial, hingga review apapun.

By the way, kalo lo ada saran apapun yang harus gue review, atau melakukan kerja sama bisa kontak gue di Rafisyauqie@gmail.com.

Cheers.