Hidangan khas bulan Ramadhan di Indonesia

Hai what's up my friends, welcome to my blog ...

Bulan Ramadhan menjadi bulan suci yang dirayakan oleh umat muslim di seluruh dunia. Dimana pada bulan Ramadhan, umat muslim mengerjakan ibadah puasa dan mengerjakan ibadah sunnah lainnya seperti shalat tarawih. Tak hanya itu, hidangan-hidangan lezat juga dijajakan oleh pedagang yang biasanya dijual di pasar Ramadhan. Berikut ini, beberapa hidangan lezat yang dijajakan saat bulan Ramadhan.



1. Kurma
Siapa yang tidak mengenal buah ini ? buah yang berasal dari negeri arab memiliki ciri khas rasa yang sangat manis. Buah kurma ini sangat tenar di bulan Ramadhan dan sangat banyak dijual oleh pedagang ataupun supermarket. Kurma disunnahkan dikonsumsi di bulan Ramadhan ketika menjelang berbuka puasa dan saat sahur tiba.

Sumber Gambar : http://lagizi.com/kurma-si-manis-kaya-manfaat/
2. Kolak Pisang
di Indonesia sudah tidak asing dengan hidangan lezat seperti kolak pisang. Menu ini sendiri sangat digemari oleh masyarakat karena rasanya yang manis dan mampu mengembalikan energi yang terkuras saat berpuasa. Tak jarang banyak pedagang-pedagang yang menjajakan hidangan yang satu ini dan sudah menjadi primadona untuk berbuka puasa.

Sumber Gambar : http://danmogot.com/blog/artikel-2230-resep-membuat-kolak-pisang-yg-mudah-dan-enak-.html
3. Kolang-Kaling
Menu yang satu ini biasanya dihidangkan bersamaan dengan sop buah. Kolang-kaling memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang mampu menyegarkan tubuh kembali saat berpuasa. Tentu menu yang satu ini sudah sangat familiar menghiasi pasar-pasar tradisional atau modern.

Sumber Gambar : http://ibu-zahraa.blogspot.co.id/2015/06/tips-memilih-dan-mengolah-kolang-kaling.html
4. Aneka Kue
Selain menu-menu diatas, kue menjadi jajanan pasar yang tenar saat bulan Ramadhan tiba. Salah satu kue yang sering aku lihat dijajakan di pasar Ramadhan adalah kue klepon. Kue ini dibumbui parutan kelapa muda dan diberi cairan gula merah di dalam kue tersebut. Kue klepon ini menjadi gue favorit ku ketika menjelang bulan Ramadhan.

Sumber Gambar : https://arjunarafi.blogspot.co.id/
Sumber Gambar : http://resepdanmasakan.com/resep-klepon-isi-gula-merah-kenyal-meleleh/

Itu adalah beberapa hidangan khas bulan Ramadhan yang aku temui di Samarinda. Mungkin di daerah kalian juga terdapat hidangan lezat yang ada di bulan Ramadhan sama seperti apa yang aku temui, atau mungkin ada hidangan unik khusus di bulan Ramadhan di daerah kalian dan menu apa yang kalian paling senang di bulan Ramadhan ? .


0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca . Jangan lupa untuk meninggalkan komentar yang sopan santun . Untuk menghindari komentar SPAM yang masuk , komentar kalian akan gue seleksi terlebih dahulu kemudian gue publikasikan .

Salam , Arjuna Rafi (coganarab_ )

 

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

FANSPAGE FACEBOOK

PELANGGAN

Translate

JUMLAH PEMBACA

PENULIS

Halo! gue Arjun, penulis blog arjunarafi.com . Blog ini udah dibuat sejak 2015 silam, awalnya sebagai media untuk mempublikasikan tulisan-tulisan yang gue buat.

Apa aja yang gue tulis di arjunarafi.com ? sebagian besar tulisan gue untuk sharing pengalaman gue, yang juga dibarengi dengan berbagai topik sosial, hingga review apapun.

By the way, kalo lo ada saran apapun yang harus gue review, atau melakukan kerja sama bisa kontak gue di Rafisyauqie@gmail.com.

Cheers.