Saya Indonesia, Saya Pancasila

Hai what's up my friends, welcome to my blog ...

Tanggal 1 Juni 2017 tepat dimana warga negara Indonesia merayakan hari kelahiran Pancasila di berbagai pelosok negeri. Pada saat itu juga digelar upacara bendera di berbagai tempat serta mengundang siswa-siswi pelajar sekolah guna menyambut hari kelahiran Pancasila ini. Dalam perayaan Pancasila tahun 2017 ini sangat berbeda dibandingkan dengan perayan sebelumnya.

sumber gambar : http://presidenri.go.id/berita-aktual/saya-indonesia-saya-pancasila.html


Perayaan Pancasila tahun 2017 diberi tema "Saya Indonesia, Saya Pancasila" yang diajukan oleh bapak Joko Widodo selaku Presiden RI dengan tujuan menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila dan untuk menarik minat para generasi muda terhadap pancasila sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Foto Ifar Ujra.


Definisi Pancasila juga banyak dituturkan kembali oleh masyarakat Indonesia karena antusias mereka dan semangat dalam menyambut kelahiran Pancasila. Jika kita ingat kembali saat dasar Pancasila diajukkan oleh bapak Ir. Soekarno pada sidang BPUPKI saat itu menjadi cikal bakal landasan negara saat ini.

Foto Ifar Ujra.
Dan ini merupakan definisi Pancasila menurut Presiden dan Wakil Presiden Indonesia menyangkut hari kelahiran Pancasila tahun 2017.
"Pancasila itu jiwa dan raga kita. Ada di darah dan detak jantung kita, perekat keutuhan bangsa dan negara" - Ir. H. Joko Widodo.
"Pancasila itu ideologi bangsa kita yang harus dipahami dan menjadi pedoman kehidupan anak bangsa" - Jusuf Kalla.
Dan ini adalah definisi Pancasila menurut ku ;

"Pancasila merupakan dasar untuk memberikan keadilan pada seluruh warga negara Indonesia, tanpa memandang derajat atau kedudukan" - Arjuna Rafi.
Disini aku mau kalian memberikan definisi mengenai Pancasila dibagian kolom komentar dibawah. Tulis definisi atau pengertian Pancasila menurut kalian sebagai anak bangsa Indonesia.

APA ARTI PANCASILA MENURUT KAMU ?

9 komentar:

  1. Selamat hari lahir pancasila, 1 juni :)
    Bagiku pancasila itu mempersatukan. Mempersatukan seluruh warga indonesia tentunya.

    ReplyDelete
  2. Pertamax :v

    Mau bikin artikel soal Pancasila juga, tapi gak jadi. Malah baca-baca artikel orang daritadi. Ternyata ada juga yang update soal hari lahir Pancasila.

    Btw, foto di atas lagi rame di sosmed ya? Wkwkwk. Foto yang sebelah kiri ada tulisan 'SAYA INDONESIA, SAYA PANCASILA' trus di sebelah kanan ada foto kita sendiri.

    Pancasila ya? Menurut saya, "Pancasila adalah awal kebangkitan, akhir penderitaan." Wuih, udah keren belum? :v

    ReplyDelete
  3. Selamat hari lahir pancasila!
    Menurut aku pancasila merupakan dasar negara yang harus diingat dan diamalkan oleh seluruh rakyat Indonesia, dengan seluruh masyarakat bisa mengamalkan pancasila yang baik tentu negara ini bisa semakin bersatu, kuat dan bersinar di mata dunia.

    ReplyDelete
  4. Iya tema tahun ini bagus ya, lebih berasa aja gitu jiwa nasionalisme kita jadi menggebu-gebu.

    Pancasila menurut gue itu "pemersatu kehidupan berbangsa dan bernegara" gue gak abis fikir kalo Indonesia tanpa pancasila. Tapi yang pasti bakalan rusak.

    ReplyDelete
  5. Gila sih Pancasila lagi booming banget kemarin di sosmed.
    sampe semua template postingan fotonya sama.
    Yang kiri kata2 pancasila yang kanan foto kita.
    Emang itu ada templatenya gitu ya gan ?

    Seneng ya sekarang tiap hari pancasila jadi diliburin,
    dulumah enggak.

    anywei, arti pancasila menurutku sama aja ko kayak arti kebanyakan orang.

    ReplyDelete
  6. Bangsa Indonesia itu sebenernya beruntung memiliki ideologi Pancasila. Bahkan, negara-negara lain pun iri dan ingin memiliki ideologi seperti Pancasila. Karna di dalam Pancasila terdapat 5 nilai yang sangat krusial bagi kehidupan bangsa dan negara kita.

    Namun, sekarang kita malah sering denger adanya perpecahan antar agama, suku, ras, apa kita malu dengan negara lain dengan adanya hal ini bisa mencoreng nama Pancasila itu sendiri? Bangsa Indonesia itu telah ditakdirkan untuk bersatu, sudah ditakdirkan untuk saling menguatkan walaupun ada banyak perbedaan dan keanekaragaman suku bangsa, agama, dan ras. Jadi buat apa bertengkar kalo kita bisa bersatu? Percayalah, jika kita bisa menerapkan nilai-nilai pancasila dengan baik, pastinya negara ini akan menjadi negara yang kuat.

    ReplyDelete
  7. Selamat Hari Pancasila Buat Kita Semua... saya baru sadar kalau tanggal 1 Juni adalah hari Pancasila. Kalau menurut saya Pancasila adalah Dasar / Pondasi Negara Republik Indonesia.

    ReplyDelete
  8. Pancasila itu memang merupakan instrumen terpenting untuk hidup di negara bineka seperti Indonesia. Sudah lebih dari setengah abad lahir, hari Pancasila belum pernah diperingati sebagai hari yang cukup spesial, baru di pemerintahan Jokowi ini Pancasila diakui. Dirgahayu pancasilaa

    ReplyDelete
  9. awalnya aku gak inget waktu tanggal 1 juni kemaren libur, ternyata hai lahirnya pancasila. sebagai WNI patut buat tau kalo pancasila itu emang jadi dasar penting didirikannya negara Indoneia

    ReplyDelete

Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca . Jangan lupa untuk meninggalkan komentar yang sopan santun . Untuk menghindari komentar SPAM yang masuk , komentar kalian akan gue seleksi terlebih dahulu kemudian gue publikasikan .

Salam , Arjuna Rafi (coganarab_ )

 

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

FANSPAGE FACEBOOK

PELANGGAN

Translate

JUMLAH PEMBACA

PENULIS

Halo! gue Arjun, penulis blog arjunarafi.com . Blog ini udah dibuat sejak 2015 silam, awalnya sebagai media untuk mempublikasikan tulisan-tulisan yang gue buat.

Apa aja yang gue tulis di arjunarafi.com ? sebagian besar tulisan gue untuk sharing pengalaman gue, yang juga dibarengi dengan berbagai topik sosial, hingga review apapun.

By the way, kalo lo ada saran apapun yang harus gue review, atau melakukan kerja sama bisa kontak gue di Rafisyauqie@gmail.com.

Cheers.