Pengalaman SMA menjadi host di Tepian Tv

Hai what's up my friends , welcome to my blog ...

Sempat terpikir beberapa waktu yang lalu mengenai masa depan gue . Entah mengapa tiba tiba ini muncul secara mendadak ketika gue sedang istirahat di tempat tidur . Saat itu yang gue pikirkan adalah , gue mau terjun ke dunia pertelevisian seperti pembawa acara / host / Mc / presenter , aktor , ataupun wartawan.



Gue terpikirkan mau menjadi seorang MC di televisi ataupun di acara acara besar dan gue berharap itu bisa menjadi kenyataan . Gue mau bekerja di tempat dimana didepan gue ada kamera , microphone , lighting , scene , dan skenario dan itu terus terpikirkan sampai sekarang . Gue berharap suatu saat nanti punya pengalaman menjadi seorang MC atau presenter di sebuah pertelevisian .

Dan gue merasa , kalo passion gue memang berada di sana . Gue teringat ketika SD dulu mau mendaftarkan diri pada salah satu program acara televisi "Idola Cilik" , kalau tidak salah tahun 2012 atau 2013 an gitu dan ketika itu gue masih SD dan mau banget menjadi seorang penyanyi . Tapi berhubung waktu itu bertabrakan dengan Ujian Nasional , maka gue membatalkan hal tersebut.

Tanggal 1 November 2016 , gue melakukan hal yang seperti biasa dilakukan pelajar pada umum nya , yaitu sekolah . Karena kelas X di sekolah gue mendapatkan jatah siang , maka gue sebagai anak siang harus menahan diri dari rasa ngantuk . Karena selama gue masuk siang di sekolah , gue jarang banget yang nama nya tidur siang.

Tidak lama setelah bel tanda masuk sekolah berbunyi , anggota OSIS yaitu kak Jerry , masuk ke kelas gue untuk memberikan pengumuman yang ditujukan pada tanggal 3 November karena SMAN 13 Samarinda , akan di datangi oleh stasiun televisi lokal yang ada di Samarinda yaitu Tepian Tv . Sebenarnya sih gue udah tau , karena gue merupakan anak jurnalistik di sekolah . Jadi kalo ada informasi seperti ini , anggota jurnalistik akan di beritahu pertama kali .

"Disini ada yang mau mencalonkan diri menjadi MC di Tepian Tv untuk tanggal 3 November nanti ?" kata kak jerry .

Gue terdiam sejenak . Mungkin ini jawaban atas hal yang gue pikirkan kemarin . Akhirnya gue mencalonkan diri untuk mengikuti casting Mc untuk tanggal 3 November nanti . Di kelas gue , yang mengikuti casting 2 orang yaitu gue dan teman gue . 

Tidak lama , kami yang mengikuti casting diperintah untuk memasuki ruang kelas yang berada di dekat ruang guru untuk mengikuti berlangsungnya casting . Saat itu , gue enggak bawa kamera jadi gue enggak bisa foto suasana pada waktu itu .

Sambil menunggu , gue hanya terdiam di dalam kelas dan mengucap kata kata , ya hitung hitung olahraga mulut biar enggak gerogi . Dan akhirnya crew dari Tepian Tv datang untuk menemui kami , calon Mc yang akan mengisi acara tanggal 3 November nanti .

Sambil memberi penjelasan mengenai dunia Mc , gue memperhatikan baik baik dan kami diberi instruksi untuk mengambil nomor urut untuk di tes secara personal ( sendiri - sendiri ) . Gue mendapat nomor urut 14 , walaupun nunggu nya lumayan lama , tapi gue bisa melihat teman teman sebelum gue ketika melakukan tes .

Satu per satu pun usai melakukan casting dan giliran gue yang dipanggil untuk melakukan casting.

"Nomor urut 14" kata tim dari tepian tv.

Gue segera masuk kedalam kelas tersebut untuk melakukan casting . Gue tampil dengan nada yang santai dan suara yang berat.Enggak lama kemudian , mereka menyuruh gue untuk memperkenalkan diri.

Setelah semua nya selesai , gue mendapatkan komentar yang positif . Mereka bilang sih , kalo suara gue ini berat.Jadi cocok gitu di depan kamera.Respon positif itu menjadi semangat untuk gue , dan segera meninggalkan ruang kelas tersebut.

Besok nya , setelah gue sampai di sekolah teman sekelas gue bilang kalo gue yang akan menjadi Mc di acara besok artinya , gue yang terpilih dari 12 orang yang mencalonkan diri . Gue bukan orang yang mudah percaya jadi gue gak langsung mempercayai kata kata itu , mungkin temen gue itu cuma iseng .

Dan gue mendapatkan pengumuman oleh guru guru di sekolah , ternyata gue yang benar benar terpilih menjadi MC di acara tersebut.Gue sih emang bener bener enggak percaya bisa terpilih,karena gue pikir masih banyak yang lebih bagus dan kreatif dari gue,mungkin aja ini kesempatan yang tuhan berikan ke gue atas doa waktu itu.

Akhirnya besok pagi nya , gue berpakaian bebas , rapi , dan sopan dengan menggunakan baju lengan pendek berwarna abu abu dan celana , model nya seperti jeans tapi bukan jeans loh ya . Segera bergegas gue pergi ke sekolah . Sampai di sekolah , gue menunggu teman teman gue yang lainnya yang kebetulan tim jurnalistik akan mendapatkan bimbingan seputar jurnalistik.

Satu per satu teman gue pun datang , dan gue segera memasuki ruangan untuk menunggu crew dari Tepian Tv . Tidak lama , mereka datang dan gue segera menghampiri mereka .

"Ayo Rafi" kata salah satu anggota Tepian Tv .

"Oke bu" Gue segera mendekati mereka.

Scene pertama , gue sedikit gugup.Oleh karena itu , gue berusaha semaksimal mungkin dan dibawa enjoy sambil ngobrol ngobrol dengan host dari Tepian Tv , sebut aja kak Luly.



Kami berjalan menuju ruang kepala sekolah SMAN 13 Samarinda . Sementara crew yang lain , menyiapkan kamera dan tripod untuk syuting di dalam ruang kepala sekolah dengan berbincang bincang oleh kepala sekolah .

Kami pun berdialog dengan lancar tanpa ada kendali meskipun masih sedikit gugup.Sesudah itu , gue dan host dari tepian tv itu , segera meninggalkan tempat ruang kepala sekolah dan beranjak ke lapangan sekolah dimana disana terdapat ekstrakulikuler pramuka yang sedang merakit kayu untuk dijadikan tiang bendera.



Disana kami berdialog dengan pembina pramuka dan salah satu anggota pramuka tersebut mengenai perkembangan dan pencapaian yang telah diraih oleh ekstrakulikuler pramuka tersebut.Gue juga mengajukkan beberapa pertanyaan kepada pembina pramuka tersebut.






Tidak hanya itu saja , gue dan kak Luly juga mengunjungi ekstrakulikuler lainnya di SMAN 13 Samarinda , seperti jurnalistik , futsal , dance modern , tarian daerah , dan masih banyak lagi .

Di kesempatan tersebut , kami juga mewawancarai siswa siswi yang berhasil mendapatkan prestasi , yaa istilahnya itu "siswa berprestasi" gitu . Sambil berbincang bincang mengenai seputar prestasi yang didapat , gue juga banyak belajar dari kesempatan itu.



Gue dan kak Luly juga melihat aksi dari dance modern serta Tari tradisional dari SMAN 13 Samarinda . Gue pun turut memberikan semangat kepada mereka dalam menampilkan gerakkan gerakkannya.





Selain yang sudah gue sebutkan diatas , nah di penghujung acara tersebut juga terdapat ekstrakulikuler theater dimana ekstrakulikuler ini menampilkan aksi "pantonim" dalam memberikan pertunjukan kepada kami dan siswa siswi (penonton) yang lain nya.



Ini merupakan pengalaman gue , yang gak bisa gue lupakan . Walaupun gue anak perantau yang dari kecil sudah kesana kemari bumi pertiwi ini , gue juga harus bisa menunjukkan kalo gue mampu bersaing dan berprestasi.

Dari beberapa orang yang casting tersebut , gue pun sebenarnya masih tidak menyangka kalo gue yang terpilih . Semua itu sudah direncanakan tuhan yang maha esa pasti nya .

Dalam postingan ini gue mau berterimakasih kepada :

Kak Luly ( Host )
Ibu Tia ( Tim tepian tv )
Pak Ridho ( Tim tepian tv )
Teman teman magang tepian tv
Dan seluruh crew baik cameramen dan sebagainya .

Regards .













30 komentar:

  1. eh , masih sekolah ya ? btw bisa gak ya kamu bikin variety ttg BE gitu soalnya penting banget, sekalian catet alat yang dibutuhin yak :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo masalah itu sih gue kurang tau ya , soalnya ini hanya untuk memperkenalkan ekstrakulikuler di sekolah gue gitu .

      Delete
  2. Wih keren banget bisa lolos seleksi jadi MC 👏🏻 Berkarir di dunia televisi keliatannya menarik, cuma penampilan saya gak menarik jadi gak berminat hehe. Mungkin ini cara Tuhan buat kasih tau kalau lo seharusnya coba berkarir di dunia televisi

    ReplyDelete
  3. Kerja yang bagus mas, bisa menjadi host di acara tv, kamu emang berani dan punya bakat.

    Aku aja udah segede ini suka grogi dan malu kalau bicara di depan orang banyak, butuh keberanian yang ekstra, tapi kadang kalau pas presentasi kelompok di depan ruang kelas aku bisa santai, tapi kalo presentasi individu suka gugup dan kadang ngeblank.

    Pengalaman yang berharga ya mas, semoga cita-citamu terwujud.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya kalau gue tidak nekat , mungkin ini tidak akan terjadi . Memang membutuhkan keberanian yang utaman dan kesiapan mental .

      Amiin :).

      Delete
  4. waah, asik nih bisa jadi MC dan bisa wawancarai banyak orang mana bisa masuk tipi lagi. Bisa jadi ini debut pertama kamu dan one day pas kamu udah gede bisa jadi reporter beneran. Kan seeerrrrruuuuu....
    semangat yak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut gue sih kalo MC dan Reporter itu beda ya , he he . Mc itu pembawa acara , ya acara apa aja gitu ( gak harus di tv ) tapi kalo reporter itu , khusus berita :) .

      Delete
  5. Pasti senang dapat kesempatan yang sesuai dengan apa yang kita inginkan. Congrats ya, dek! Jangan hanya memiliki impian menjadi seorang host, siapa tahu someday kamu bisa memiliki stasiun tv sendiri. Semangat ya, semoga impiannya terlampaui :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah wah wah , malah gue belum ada kepikiran sejauh itu sampai punya stasiun televisi sendiri ha ha ha .

      amiin .

      Delete
  6. keren bro, terus belajar dan kembangin potensi bakatmu. Susah diawal gak masalah, karna proses tidak menghianati hasilnya.

    Kalo dirimu pengen jadi MC, aku pengennya jadi musisi. Siapa tahu kita bisa satu panggung bareng. Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang harus diasah lagi,apa lagi saat di depan kamera kadang ya gak pede aja gitu.

      Wah semoga aja ya nani bisa manggung bareng,hehe.

      Delete
  7. wes mantap lu udah kenal potensi diri lu padahal baruu masuk SMA. Terus kembangin aja apa yang lo suka dan minati. Pasti jadi pengalaman yang berguna banget di masa depan nih kalo kamu terus tekuni 'dunia' ini.

    ReplyDelete
  8. Selamat ya Raffi, menjadi salah satu mc adalah prestasi membanggakan. Meski awalnya gak pede akhirnya bisa juga ya, keren

    goodluck buat acara2 berikutnya dan moga2 dapat kontrak ekslusif

    ReplyDelete
  9. Pengalaman yang berharga banget bisa menjadi seorang host. Pengalaman kayak gini nih yang nantinya akan mengantarkan kita ke pengalaman - pengalaman yang lebih baik di masa yang akan datang. Semoga apa yang diimpikan bisa terwujud ya mas :)

    ReplyDelete
  10. Wah hebat jaman sma-nya sudah berprestasi di dunia pertelevisian. Lanjutkan mas hehe

    ReplyDelete
  11. Kalimat pembukanya, sama kayak kalimat pembuka salah satu yutuber gtu yak. Hahah
    Keren sih, klo hal yg lu inginin emang benar" lu kerjakan d kenyataanya. Berasa hidup d dalam mimpi gitu. Eh, btw lu panggilan 14 atau 24 jdinya deh?

    Selamat. Smoga nantinya bisa lanjut ke tahap yg lebih seru yak!

    ReplyDelete
  12. hal pertama yang mau saya tanyakan, sebenernya kamu itu no urut 14 atau 24? hehehe
    ah, pengalaman yang sangat berharga bisa menjadi host..
    semoga saja cita-cita kamu bisa tercapai ya.. semangat !!!

    ReplyDelete
  13. Kalo udah passionnya kesitu, ngejalaninnya bakalan enak aja.

    Kalo gue sih malah ga berani tampil di depan kamera begitu, pengennya tuh dibelakang layar jadi penulis skrip atau director. Eh gue bingung nih, lo itu urutan 24 atau 14? trus cuma ada 12 orang, berarti nomornya acak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin aja passion gue disini ya ?hehe.Gue juga waktu pertama gugup,tapi ya jalanin aja lah.Toh ini bisa jadi pengalaman gue yang sulit untuk dilupakan.

      No urut 14,hehe.Udah gue edit kok.

      Delete
    2. Seperti yang gue bilang, kalo udah passion, pasti bakalan nyaman dijalani.

      Gugup itu wajar.

      Sukses itu kan karena proses pembelajaran dari kesalahan yang pernah kita lakukan. Gue pertama kali nyobain open mic stand up comedy juga gugup, yang kedua masih gugup, ketiga gugup, ke empat, gue gak ikutan open mic lagi :D

      Gak gak. Intinya belajar dari pengalaman.

      Delete
  14. keren mas, saya sering salut sama MC, apalagi klo gak kehasbisan kata2 pas mandu acara, belum lagi kalo live. salut :)

    ReplyDelete
  15. wah keren ya mas, anak muda yang berbakat

    ReplyDelete
  16. Wah tulisannya menginspirasi sekali gan (: Banyak orang diluar sana masih bingung tentang passionnya loh, dan dengan mengetahui passionnya agan sudah bisa lebih fokus ke hal tersebut. Aku sih yakin beberapa waktu lagi agan sudah bisa jadi seorang MC atau reporter yang handal. Semangat (:

    ReplyDelete
  17. Wah tulisannya menginspirasi sekali gan (: Banyak orang diluar sana masih bingung tentang passionnya loh, dan dengan mengetahui passionnya agan sudah bisa lebih fokus ke hal tersebut. Aku sih yakin beberapa waktu lagi agan sudah bisa jadi seorang MC atau reporter yang handal. Semangat (:

    ReplyDelete
  18. Wahhh... keren nih bisa jadi MC..
    Secara gitu, ngomong didepan kamera emang susah.. bikin jantungan..

    Aku juga pernah jadi pembawa berita di salah satu stasiun TV di kotaku, apalagi waktu itu aku harus baca text yg berjalan dan kadang text-nya salah kubaca, saking gugupnya.. #UpsssCurcol.. :D

    ReplyDelete
  19. Wah ini bisa sebagai batu loncatan biar skill mu menjadi lebih baik lagi, selamat ya salah satu impiannya bisa terwujud

    ReplyDelete
  20. Yha! Gue juga barusan pas kegiatan OSIS meeting class ditunjuk sebagai MC. Ya, gue kagetlah karena awalnya gue panitia buat kegiatan debat, tapi tiba - tiba diganti gitu.

    By the way, kok kita samaan ya ? gue juga pengen banget berdiri yang di depannya ada kamera, skenario, dan lain sebagainya. :(
    Bedanya kita disini adalah lu masuk tv, gue masuk Youtube untuk acaranya.

    ReplyDelete
  21. Kereeen, pengalamannya juga keren. Ngomong-ngomong lu kayaknya ada Minat dan Bakat di sana, dilanjutin aja bukan sekedar pengalaman tapi kalo lu suka ya fokus.

    Gue juga dulu pengen masuk kuliah penyiaran apapun yang berhubungan dengan TV tapi pengennya di balik layar.. hehe

    ReplyDelete
  22. eh ini siaran dimasupin yutub ga ?
    gue mau liat dong.
    lu pasti bangga banget ya jun :)

    ReplyDelete

Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca . Jangan lupa untuk meninggalkan komentar yang sopan santun . Untuk menghindari komentar SPAM yang masuk , komentar kalian akan gue seleksi terlebih dahulu kemudian gue publikasikan .

Salam , Arjuna Rafi (coganarab_ )

 

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

FANSPAGE FACEBOOK

PELANGGAN

Translate

JUMLAH PEMBACA

PENULIS

Halo! gue Arjun, penulis blog arjunarafi.com . Blog ini udah dibuat sejak 2015 silam, awalnya sebagai media untuk mempublikasikan tulisan-tulisan yang gue buat.

Apa aja yang gue tulis di arjunarafi.com ? sebagian besar tulisan gue untuk sharing pengalaman gue, yang juga dibarengi dengan berbagai topik sosial, hingga review apapun.

By the way, kalo lo ada saran apapun yang harus gue review, atau melakukan kerja sama bisa kontak gue di Rafisyauqie@gmail.com.

Cheers.