Tentang penjaga sekolah

Hai what's up my friends , welcome to my blog ....

Pernah gak kalian memikirkan gimana seluk beluknya jadi penjaga sekolah ? atau mungkin pernah gak kalian memikirkan mereka , yang setiap hari membersihkan sekolah setiap pagi sebelum proses pembelajaran dimulai dan akhir pembelajaran mereka harus membersihkan kembali sampah sampah yang tersebar dan dibuang sembarangan oleh siswa siswi sekolah. Jadi waktu kemaren gue mengikuti ekstrakulikuler hari Sabtu lalu , gue menyempatkan untuk datang pagi dan saking semangatnya , gue datang jam 6 pagi . 6 PAGI COYYY !!!.



Nah karena gue datang secepat itu , hal yang terpikirkan dibenak gue adalah , gue pasti sendirian , gue pasti ketemu setan , dan yang pasti gue akan menunggu teman teman dengan waktu yang sangat lama sambil melongo . Dugaan gue ada bener nya juga , tapi ada sedikit yang melenceng . Ternyata gue enggak sendirian . Saat gue sampai disekolah , disana ada penjaga sekolah yang sedang membersihkan toilet sekolah .

Selama gue sekolah di SMA ini , gue baru sekali masuk ke toilet tersebut , dan itu pun hanya mengganti baju waktu SMA gue ulang tahun. Konon katanya di toilet sekolah , banyak banget tisu tisu yang berserakan di wc sekolah ( biasanya perempuan ) dan disana banyak juga ( maaf ) bekas bekas sampah yang dibuang disana karena siswi yang sedang halangan .Gue sebagai seksi kebersihan , ada rasa jengkel juga dalam hati .

Baca Juga : Hut Smagas )

Gue aja sebagai seksi kebersihan kelas di sekolah, gue sangat jengkel jika temen temen gue tidak melaksanakan piket yang sudah dijadwalkan masing masing . Untung nya di kelas gue menerapkan sistem denda bagi siswa siswi nya .Nah gimana jika penjaga sekolah ya ? karena penjaga sekolah bukan hanya membersihkan toilet , halaman sekolah , dan mengecek kelas kelas tapi penjaga sekolah juga bertanggung jawab atas semua itu .



Justru kita sebagai murid , itu yang harus meringankan beban penjaga sekolah . Cara nya gak usah sulit sulit . Cukup dengan membuang sampah yang ada disekitar ruang kelas , membersihkan ruang kelas , menjaga kebersihan toilet sekolah itu udah lebih dari cukup meringankan beban penjaga sekolah . Nah dengan begitu kita udah ikut berpartisipasi pula  membersihkan lingkungan sekolah dan menjunjung tinggi kesehatan sekolah.



42 komentar:

  1. Penjaga sekolah bukan orang yang sepenuhnya bertanggung jawab tentang keadaan lingkungan di sekolah itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener , tapi setidak nya jika ada sampah yang masih tersisa setahu gue tujuan yang paling pertama di tanyakan adalah penjaga sekolah , kemudian baru siswa dan siswi .

      Delete
    2. meskipun demikian penjaga sekolah tetaplah orang terpenting juga bagi keberlangsungan belajar mengajar...deh

      Delete
  2. Dulu saya terbilang siswa yang cukup akrab dengan penjaga sekolah mas. Keseringan terlambat membuat penjaga sekolah mengenal betul wajah saya. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah terkenal ya berarti ? HA HA HA . Kalo gue sih , pernah terlambat waktu SMP dulu , tapi gak gitu gitu juga.

      Delete
  3. Betul tuh, kita sebagai warga sekolah harus bisa menjaga kebersihan sekolah, baik itu wc, halaman, lapangan, itu bukan cuma tugas clening servis doang -_-#.

    Btw, lo udh jadi ketos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belom , gue masih nyalonin diri setelah beberapa kali ngikutin seleksi . Nanti artikel nya gue posting di blog ini , ditunggu aja :) .

      Delete
    2. oke.....oke gue waiting kok

      Delete
  4. Kebersihan tanggung jwb bersama ya. Mulai dri diri sendiri juga. Urusan perempuan mmg njlimet nih. Mahasiswi aja kadang joroknya masih dipelihara.. Itu tuh soal pembalut yg sembarangan buangnya. Hhhhh...
    Petugas kebersihan berat kerjaannya, klo ga kita bantu dgn menjaga kbersihan jg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembalutnya yg tjakep apa mahasiswi nya Jun? Hahahaha. Oh iya tuh, di tempat wisata jg suka masih bnyak yg blm paham pada kebersihan, pdhl tempat wisata kita sdh cantik, tpi mlah dirusak oleh oknum pengunjung.

      Delete
  5. Nah ini bener nih, sebagai warga sekolah yang baik harus menjaga kebersihan sekolah, walaupun nyatanya ada yang bertanggung jawab untuk membersihkan, kita juga harus ikut menjaga. Sebagai siswa yang baik, kita harus menjaga kebersihan, kan?

    ReplyDelete
  6. Gue kira kalo penjaga sekolah itu yaaa ngejagain sekolah.
    soalnya pas jaman gue sekolah dulu, kalo untuk kebersihan ada bagianya masing-masing, biasanya di sebut OB.

    tapi kalo penjaga sekolah semacam satpam gitu deh.

    eh iya ga sih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di jaman gue sekarang sih , mungkin ada sedikit perubahan .

      Delete
  7. Toilet sekolah gua dulu selalu kotor dan...mengerikan abis lah bentuknya. Gua ga tau penjaga sekolahnya yg kerjanya ga bener, ato sekolah gua yg terlalu pelit, toilet dari jaman Belanda masih dipake sampe hari ini hahaha. Sekarang bangunannya udah dirombak sih, toiletnya udah lebih modern, tapi jadi cuma sedikit, bikin kita ngantrinya lamaaaa banget kalo mau pipis. Terus anehnya, setiap washtafel yg ada di sana, kerannya ga ada gagang. Hilang ke mana? Gua sekarang ngerti, yg salah bukan penjaga sekolahnya, tapi ini mah manajemen sekolahnya yg terlalu pelit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru denger gue cerita kayak gini ? HA HA HA , bisa gitu ya ? manajemen sekolah enggak memberikan fasilitas untuk sekolah .

      Delete
  8. Toilet sekolah gue (waktu stm) itu sebenernya bersih, hanya saja para murid nya, yaa tau sendirilah STM, pada bandel2 dibilangin, pada buang putung rokok, corat-coret, jadi kasian penjaga sekolah. Rispek buat penjaga sekolah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih , kadang emang suka ada yang coret coret di dinding toilet , mungkin biar terlihat " keren : kali ya ?

      Delete
    2. Iya nih , kadang emang suka ada yang coret coret di dinding toilet , mungkin biar terlihat " keren : kali ya ?

      Delete
  9. Kalo tentang kebersihan sih susah ya kalo harus dicari tau salah siapa. Bukan murid, bukan cleaning service, bukan kepala sekolah. Lebih tepatnya salah semuanya sih :)) Btw, salam kenal ya! Ditunggu post berikutnya hehe, mampir balik juga kalo boleh!

    -jevonlevin.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget , sebenernya emang harus kerja sama gitu sih .

      Delete
  10. Justru orang yang berarti seperti penjaga begitu sering kita remehkan keberadaannya ya. Padahal dia datang lebih pagi dan pulang lebih malam.

    Kita mungkin juga kalau ketemu dia juga belum tentu nyapa, pasti cuek aja. yaa, satu-satunya cara untuk menghormati dia ya dengan tidak mengotori sekolah dengan membuang sampah ke tempatnya, menjaga kebersihan sekolah, dll seperti yang kamu bilang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener , waktu gue ekstrakulikuler di sekolah aja , jam 6 pagi udah ada penjaga sekolah lagi bersih bersih ruang lingkup sekolah . Memang , terkadang kita tidak tentu menyapapenjaga sekolah . Kalo gue sih , "kadang kadang" menyapa penjaga sekolah , itu pun gue lakukan kalo gak sibuk .

      Delete
  11. iya ya bener juga.. jarang banget kita berpikir sejauh itu. memikirkan kehidupan pegawai sekolah non guru/admin.

    btw keamanan sama kebersihan ada tugasnya sendiri-sendiri biasanya. gak bisa dirangkep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di sekolah gue , yang menjaga keamanan tetaplah si security , dan penjaga sekolah membersihkan ruang lingkup sekolah , mengunci ruang kelas , dll .

      Delete
  12. Setelah membaca postingan ini gue jadi semakin mengerti tugas dari seorang pembersih kelas bagi para murid2 yg kadang suka acuh kepada keberadaan mereka. Padahal tanpa dia mana mungkin murid2 bisa belajar dikelas dengan keadaan yang kotor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget , tapi murid juga harus membantu mereka , dengan melaksanakan piket yang udah dijadwalkan .

      Delete
  13. Masalahnya adalah, pola pikirnya udah salah.

    Gue pernah nanya nih ke teman gue yang buang sampah sembarangan, "Bro, itu kan ada tong sampah, kok buang dekat kursi."

    "Gpp lah, kan ada ibu yang bersih-bersih juga nanti."

    Jadi seakan tong sampah di sudut kampus tu gak ada fungsinya. Padahal kan dengan adanya tong sampah, pekerjaan office girl jadi lebih ringan. Tinggal masukin sampah ke plastik, trus tumpuk dan tunggu mobil pengangkut sampah datang.

    Serasa gak ada tanggung jawabnya gitu. Pernah juga waktu kami sekelas lagi nyari lokal untuk masuk mata kuliah tambahan, di dalam kelas ada tumpahan minuman. Mau marah gak tau ke siapa.

    Satu yang gue benci juga adalah ketika orang di dalam mobil buang benda ke jalan raya. Mereka gak mikirin apa kalo di jalan raya itu banyak yang naik motor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kejadian itu udah sering gue lihat apalagi ketika gue disekolah juga . Untuk apa sih tempat sampah ? kalo udah ada , ngapain mesti buang sembarangan ? pernah gue melihat atau membaca gitu di video atau artikel ( gue lupa ) nah di video itu , yang membuang sampah sembarangan diberi hukuman untuk mengambil sampah yang ada disekitarnya.

      Dengan dibarengi mengambil sampah di sekelilingnya tersebut , di punggung orang tersebut , diberi tulisan "saya membuang sampah sembarangan" . Nah otomatis dia merasakan malu yang sangat mendalam . Jadi menurut gue , cara itu lumayan ampuh deh .

      Delete
  14. Tapi kadang, penjaga sekolah suka ada yang ngeselin, bro. Misalkan mau kerja kelompok di kelas eh malah diusir padahal udah izin ke wali kelas. :D

    Dan kadang, penjaga sekolah suka ngunciin pintu gerbang bro kalo di sekolah gue ketika kita pulang telat dan penjaga sekolah gak sabaran. :)

    Tapi, hal yang paling disegani adalah dia selalu bersihin sekolah setelah bel masuk dan bel istirahat. Salut gue. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget , tapi sih walaupun bagaimana pun juga , penjaga sekolah pasti akan mengikuti perintah dari pihak sekolah :) .

      Delete
  15. Duuuwwwww kalo dari jaman sekolah aja udah jago buang sampah suka suka, gimana namti kalo udah tua dan jadi orang tua coba?

    Hmm setuju banget sama kamu. Dengan minimal kita terbiasa buang sampah pada tempatnya, kita udah ngasih kebaikan untuk penjaga sekolah yang kerjaannya nggak kelihatan sama kita tapi hasilnya bikin kita nyaman banget selama berada di sekolah.

    Salam buat penjaga sekolah kamu yaaa. Semoga sehat dan ikhlas selalu dalam bekerja.

    ReplyDelete
  16. wah lo harus jadi Duta Kebersihan Indonesia. Sayangnya jaman sekarang banyak siswa siswi kurang peka sama keadaan sekitar. Mentang-mentang udah bayar SPP sekolah, jadinya bodo amat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget tuh , tapi ya walau gimana pun juga tetep harus peduli lingkungan . Setidak nya kan untuk diri kita juga .

      Delete
  17. wih, seksi kebersihan yang bertanggung jawab. Gue kadang suka kasian sama penjaga sekolah di sekolah gue dulu sih, kalau muridnya nggak tau diri terus buang sampah sembarangan kan.. nambah2 in tugas mereka juga kan. huh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener ! harus intropeksi diri lagi kita sebagai murid .

      Delete
  18. Eh tapi masih parah pembersih kampus loh, kan mahasiswa mah ga ada yg piket. Jadi kelas yg bersihin tukang bersih-bersih, kasian.

    Tapi beda, penjaga sekolah biasanya tinggalnya di sekolah, sekalian bersih-bersih juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih iya , tapi mau gimana lagi coba ? itu kan memang sudah pekerjaannya .

      Delete
  19. Penjaga sekolah adalah juru kunci sekolah, semuanya urusan sekolah dia tau bahkan kepseknya aja gak tau. hahaha. Kalo di tempat gw sih penjaga sekolahnya emang tinggal di sekolah, biasanya dia pakai rumah dinas yang ada. jadi kalo pagi-pagi dia udah bersihin halaman, ya mungkin bagi dia lagi bersihin rumah. dia merasa memiliki sekolah jadi dijaga. gitu.

    ReplyDelete

Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca . Jangan lupa untuk meninggalkan komentar yang sopan santun . Untuk menghindari komentar SPAM yang masuk , komentar kalian akan gue seleksi terlebih dahulu kemudian gue publikasikan .

Salam , Arjuna Rafi (coganarab_ )

 

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

FANSPAGE FACEBOOK

PELANGGAN

Translate

JUMLAH PEMBACA

PENULIS

Halo! gue Arjun, penulis blog arjunarafi.com . Blog ini udah dibuat sejak 2015 silam, awalnya sebagai media untuk mempublikasikan tulisan-tulisan yang gue buat.

Apa aja yang gue tulis di arjunarafi.com ? sebagian besar tulisan gue untuk sharing pengalaman gue, yang juga dibarengi dengan berbagai topik sosial, hingga review apapun.

By the way, kalo lo ada saran apapun yang harus gue review, atau melakukan kerja sama bisa kontak gue di Rafisyauqie@gmail.com.

Cheers.