Seleksi OSIS

Hai what's up my friends ,welcome to my blog ....

Beberapa waktu yang lalu , ada pemilihan OSIS baru di sekolah gue . Waktu pertama mau masuk SMA , gue udah bertekad untuk aktif di organisasi sekolah seperti OSIS . Oleh sebab itu saat ada pengumuman , untuk yang berminat bisa mencalonkan diri dan akhirnya gue mencalonkan diri dengan kemauan gue sendiri ( bukan paksaan dari teman ) . 

Masing masing kelas harus mewakili 4 orang untuk mencalonkan diri menjadi anggota OSIS ( 2 perempuan dan 2 laki laki ) . Nah dikarenakan di kelas gue juga seperti itu , maka gue mencalonkan diri dengan kemauan sendiri . Di kelas , baru 3 orang yang mencalonkan ( 2 perempuan dan 1 laki laki yaitu gue ) . Maka dicari lah 1 orang laki laki lagi untuk mengikuti seleksi OSIS .



Satu per satu di pertanyakan oleh ketua kelas dan juga sekretaris kelas.Tapi tidak ada satu pun dari mereka ( temen temen gue ) berani mencalon kan diri untuk seleksi OSIS . Ada yang berkata seperti ini :

" Ah untuk apa juga ikut OSIS"


" Jadi OSIS itu gak enak , gak bisa menyisipkan waktu untuk belajar dan bermain"



Dan masih banyak berbagai alasan alasan yang mereka gunakan . Menurut gue sih tergantung orangnya . Jika dia memang suka berorganisasi dan aktif di kegiatan sekolah , maka itu tidak menjadi kendala buat orang tersebut . Lain halnya dengan orang yang hanya masuk sekolah untuk bermain , makan , dan belajar se adanya . Nah , kalau masalah menyisipkan waktu untuk belajar dan bermain , menurut gue itu bukan menjadi masalah lagi untuk gue . Karena di kegiatan sehari hari , gue juga membagi waktu untuk belajar , bermain , dan menulis blog . Jadi itu bukan masalah buat gue untuk ikut organisasi ini.




Jadi karena itu memang sudah aturan yang ditetapkan , maka diputuskan lah temen laki laki gue , sebut saja si "R". Tanpa sepengetahuan si "R" ini , sekretaris di kelas gue , mencatat nama si "R" ini untuk mengikuti seleksi OSIS . Nah saat jam pelajaran selesai , gue langsung mengkonfirmasi ke dia .

"Eh kamu mencalonkan diri untuk seleksi OSIS kah ? " Kata gue berkata heran.

"Enggak ! " si "R" menjawab.

" Loh tadi nama mu di tulis oleh si "E" untuk seleksi OSIS loh ... " Kata gue ( lagi ).

" Haah ???" Kata si "R" dengan wajah datar.

Hari "H" saat seleksi pun tiba . Cuaca saat itu sedang terjadi hujan lebat , jadi kami para calon calon anggota OSIS menggelar latihan PBB ( Pelatihan Baris Berbaris ) di dalam kelas , akibat hujan yang tak kunjung reda.Sedangkan teman gue , dia masih ragu untuk mengikuti seleksi OSIS.Denga wajah yang kurang percaya diri , teman gue itu memasuki ruang kelas seperti anak yang benar benar masuk sekolah .


Enggak lama kemudian , dia izin ke luar kelas . Katanya sih , mau buang air . Tapi lama kelamaan , gue heran , kok buang air bisa selama ini ya ? apa jangan jangan dia buang air dikit dikit lagi ? HA HA A . Satu jam pun berlalu , dan dia tidak kunjung datang . Mulai ada perasaaan yang tidak enak dalam hati. Nama temen gue itu pun disebut .

"R" silahkan maju ke depan " . Kata kakak kelas gue .

"Dia lagi buang air kak " Kata gue berbicara ke senior .

Disana gue sudah mulai curiga , seperti nya dia itu akan mengundurkan diri mengikuti seleksi OSIS. Dan nama gue dipanggil .


"Rafi Syauqie Arjuna" gue dipanggil ke depan untuk latihan PBB dengan teman teman gue yang lainnya .


  Tiba tiba konsentrasi gue hilang dan banyak banget melakukan kesalahan , terutama saat gue balik kanan . Tapi untungnya para anggota OSIS yang sudah senior , mereka bisa menghargai gue di depan kelas . Walaupun gue banyak melakukan kesalahan , mereka tidak menertawakan gue . Justru ini malah menjadi semangat untuk gue .

Gue dan teman teman lainnya disuruh duduk kembali dan bergiliran dengan yang lainnya . Walaupun gue tidak di tertawakan , tetapi gue masih menyimpan rasa malu , akibat kesalahan gue sendiri #huuh . Tapi saat gue duduk kembali ke tempat duduk gue benar benar memperhatikan anggota OSIS yang sudah lama dan terbiasa dalam Pelatihan Baris Berbaris.



Latihan baris berbaris pun usai , dan gue langsung turun ke bawah . Gue menemui temen gue tersebut si "R".

"Eh tadi kamu kemana ? tadi nama mu di sebut kakak kelas untuk latihan PBB " Kata gue dengan wajar datar .

" Biar aja , mau di alpa juga aku gak peduli . Lagi pula aku enggak mencalonkan diri kok ! " Kata si "R" dengan wajah yang sedikit kesal .

Beberapa hari kemudian , adalah saat nya kita dipanggil untuk menjalani tes wawancara antara calon anggota OSIS dengan kakak kelas ( senior OSIS ) . Nah , dan nama gue pun disebut kembali untuk menjalani seleksi ini , dan gue segera menuju ke perpustakaan ( karena perpustakaan gue , biasa dipakai untuk wawancara ) .

Satu per satu nama nama dipanggil . Mulai dari kelas X1,X2,X3,X4,X5,X6,dan sampai X7.Dan nama gue pun dipanggil ;

"Rafi Syauqie Arjuna"

Begitu mendengar kalimat tersebut , jantung gue ber debar debar #apakahiniyangdinamakancinta?

Setelah gue memasuki ruangan tersebut , gue duduk rapi dengan nafas yang tenang . 

"Ini yang nama nya Rafi Syauqie Arjuna" senior gue bilang .

"Iya " ya itulah jawaban gue yang sangat singkat , padat , dan jelas .

Banyak pertanyaan yang dia ajukkan ke gue , dan gue bisa menyelesaikan pertanyaan pertanyaan tersebut dengan jelas , dan di ending wawancara tersebut , gue menyempatkan diri untuk mempromosikan blog gue ini . Ya itulah kebiasaan gue disekolah , mempromosikan situs blog gue ini dimanapun , kepada siapapun , dan kapanmu , serta bagaimana pun .

Seleksi OSIS kali ini cukup sampai disini , mungkin ada seleksi berikutnya yang pasti nya bakal gue tulis juga disini . Gue minta doa nya aja supaya gue bisa semaksimal mungkin menjalani seleksi ini , ternyata menjadi OSIS di SMA tidak semudah dengan di SMP.



36 komentar:

  1. Kalo gue emang anaknya kurang suka organisasi yg resmi begitu. Dari sd sampai sma ya ikutnya badminton doang. #HidupAnakBadminton

    Semoga lancar seleksinya. Mangatss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gitu ya ? apa emang suka sama badminton ?

      Amiin.

      Delete
  2. Punya sekolah gue sudah kemarin.. dan gue termasuk kandidat untuk cawaketos (Ketosnya untuk kelas 11) meskipun nggak terpilih, tapi setidaknya sekarang gue udah memegang jabatan inti di Osis yaitu wakil sekretaris yang membuat lumayan pelajaran di sekolah tertinggal dan sekarang gue pusing ngejarnya -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalanin aja , kalo udah ngambil sesuatu hal pasti ada resiko nya . Lagian dengan ikut organisasi sekolah pun , bisa menambah nilai .

      Delete
  3. Si R itu cemen banget yaa, kok bisa dia melarikan diri kayak begitu. Salut lah buat kamu yang sebagai cowok sejati mengajukan diri untuk seleksi OSIS sesuai dengan keinginan sendiri.

    OSIS itu banyak manfaatnya banget. salah satu manfaat yang bisa dipakai buat cari kerja nanti. soalnya kalau di dunia kerja ,pengalaman berorganisasi itu penting banget, jadi keputusan yang kamu pilih sudah bener banget. semoga nanti bisa keterima jadi OSIS yaa, bahkan KETOS dehh, aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo itu mah tergantung orangnya sih ya . Kalo dia memang buat bakat nya disitu atau memang bukan passion nya juga pasti dia bakal nolak . Kalo gue sih memang sepertinya punya passion dibidang tersebut.

      Lagian emang bener kata lo mas Reyza, berorganisasi itu penting . Pastikan kalo kerja nanti memang pengalaman berorganisasi ini yang menjadi pertanyaan .

      Delete
  4. Dulu aku juga gitu bang, ikut seleksi osis :)
    baca ini jadi keingat jaman dulu.. :D

    Semangat bang, semoga lolos, apapun hasilnya itu pasti yg terbaik :)

    ReplyDelete
  5. saat msmasih duduk di bangku SMA saya juga sempat berkecimpung di OSIS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya ? wah wah . Coba dong pengalamannya ditulis di blog nya :) .

      Delete
  6. eh.......opening lo nyinggung gue.......hehehehe...

    yap, semoga aja lo keterima sebagai ketua osis, dan rasakan sensasinya!, hahahaha, jadi ketos smp aja gue udah apes. apalagi sma, belum ngadain lomba, sparring, dan yang lain lah.

    visi misi lo apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jadi lo karena paksaan ya ngikut organisasi ? ya gak papa , jalanin aja .

      Visi dan misi gue , banyak banget waktu itu dan enggak bisa gue sebutkan satu per satu.

      Delete
  7. dulu pas jaman-jamanmya sekolah.
    gue termasuk orang yang aktif di organisasi juga loh.
    sama kayak lo gitu ehek.

    tapi gue setuju sih sama temen lu yang buang airnya sedikit-sedikit,
    ga nyalonin tapi di pilih.

    mending kabur aja gitumah. percuma juga melakukan sesuatu yang engga kita sukai.

    eniwei, gue doain dah lu moga sleksinya lancar.
    sehingga promsi blognya bisa semakin gencar haha

    ReplyDelete
  8. Sebenernya kalo gua pikir-pikir, ujian masuk OSIS dengan cara baris berbaris itu ga nyambung banget. OSIS kan kegiatannya berorganisasi, harusnya diuji teamwork, creative thinking, dll. Waktu di China dan gua mau ikutan jadi Student Committee, seleksinya tuh kita disuruh ngasih speech dan dikasih permainan team building gitu. Seolah-olah lu mau cari calon burung-burung hebat, tapi ujiannya disuruh berenang...aneh kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada bener nya juga sih . Tapi keseringan di sekolah gue ini , OSIS banyak dipilih untuk menjadi petugas upacara gitu . Jadi untuk laihan dasar , itu pakai PBB.

      Delete
    2. Iya, di Indonesia tuh OSIS malah jadi pasukan serba guna ya. Mau upacara, ga ada paskibranya, ya udah suruh anak OSIS aja yg jadi paskibra wkwkwk...

      Delete
  9. Ehm.. gue kurang aktif kalo ada kegiatan resmi gitu, huh. Maklum gue introvert, boro-boro nyalonin ketos, ngomong di depan umum aja gemeter.

    Ini sih sifat buruk ya, jangan ditiru. Diperagakan boleh.

    ReplyDelete
  10. jadi inget masa masa kampanye cari suara ke kelas-kelas supaya milih saya jadi ketua OSIS, bikin Visi dan Misi sampe setres, pas pemilihan yang milih cuman 25 orang....hadeuh

    nubi mohon ijin follow blognya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waha ha ha , malah jadi flashback ya ? tapi gak papa deh ....

      Delete
  11. Gue dulu termasuk orang yang sama sekali nggak tertarik sama organisasi. OSIS SMP, OSIS SMA, bagi gue cuma tempat anak-anak cari popularitas.

    Tapi, gue baru merasakan pentingnya berorganisasi saat gue kuliah. Gue terpilih jadi ketua himpunan. Dan karena pengalaman organisasi gue nol, gue kelabakan. Untungnya, gue bisa mengurus semuanya dengan cukup baik sampai masa akhir kepemimpinan gue.

    Menurut gue, organisasi itu baik, gue merasa banyak berubah. Tapi, tergantung berdasarkan apa organisasinya, kekeluargaan atau hanya cari popularitas.

    ReplyDelete
  12. dari smp sampai sma gw ga pernah ikut organisasi di sekolah

    ReplyDelete
  13. Belum pernah ikut OSIS, malah gue kebanyakan anti-OSIS. Rese. Kalo udah punya acara yang masih abu-abu, nggak dikasih kepastian sama OSIS. Pengalaman pribadi aja sih sebenernya.

    ReplyDelete
  14. waw, kamu mencalonkan diri jadi pengurus osis? good luck ya, semoga berhasil. :)
    mm aku setuju dengan katamu, gimana kita menghadapi dan menilainya. selama sekolah aku ikut kegiatan mpk, masih bisa main sih. ya be enjoy aja.

    ReplyDelete
  15. dulu waktu SMP dan SMA gak penah ikut OSIS.. padahal seru kayaknya kalo gabung osis, bisa nambah pengalaman dan teman. Semangat2!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget , mungkin emang bukan passion lo disitu kali ya ?.

      Delete
  16. Kalo fix jadi anak OSIS berarti kamu makin populer di sekolah, dan berarti blog ini trafficnya bisa melonjak tajam.. WOW!

    ReplyDelete
  17. Kalo gue ada di posisi R, gue tetep maju terus pantang mundur. Terserah deh mau diterima jadi pengurus OSIS apa nggak, yg penting daftar. Gengsi gue kalo jadi R, cemen.
    Gue juga pernah ikut jadi pengurus OSIS di SMA, tapi cuman satu periode. Periode selanjutnya gue keluar, dikarenakan suatu hal. Lagian udah tau rasanya jadi pengurus OSIS kok.
    Oke, yang terakhir kali, gue do'ain semoga lolos seleksi ya. Dan selamat bersibuk-sibuk ria.

    ReplyDelete
  18. hahaha untuk masalah promosiin blog lu keren gan, terkadang gua agak malu juga untuk promosiin blog gua :v untuk masalah aktif di organisasi itu gak salah kok gan, gua juga aktif, tapi di organisasi ROHIS(Rohani Islam) dan gua menjabat sebagai Ketua Humas dan tentu ide lu menarik untuk promosiin blog dan gua pasti juga bakal melakukan hal yang sama :v wkwkwk :D Salam Blogger :D :)

    ReplyDelete
  19. ahihihi ane juga pernah di osis gan :v baik itu SMP/SMA hehe semangat berorganisasi gan

    ReplyDelete

Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca . Jangan lupa untuk meninggalkan komentar yang sopan santun . Untuk menghindari komentar SPAM yang masuk , komentar kalian akan gue seleksi terlebih dahulu kemudian gue publikasikan .

Salam , Arjuna Rafi (coganarab_ )

 

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

FANSPAGE FACEBOOK

PELANGGAN

Translate

JUMLAH PEMBACA

PENULIS

Halo! gue Arjun, penulis blog arjunarafi.com . Blog ini udah dibuat sejak 2015 silam, awalnya sebagai media untuk mempublikasikan tulisan-tulisan yang gue buat.

Apa aja yang gue tulis di arjunarafi.com ? sebagian besar tulisan gue untuk sharing pengalaman gue, yang juga dibarengi dengan berbagai topik sosial, hingga review apapun.

By the way, kalo lo ada saran apapun yang harus gue review, atau melakukan kerja sama bisa kontak gue di Rafisyauqie@gmail.com.

Cheers.