Mengunjungi pameran kemilau kaltim 2016

Hai what's up my friends , welcome to my blog ...

Kemarin , ditanggal 23 - 26 September 2016 , Samarinda kembali menggelar acara pameran serta bazar dengan nama "kemilau kaltim" . Nah di acara kemilau kaltim ini , ternyata bukan hanya dari wilayah kalimantan timur saja yang ikut berpartisipasi merayakan dan memamerkan kebudayaan nya di benua etam ini , tapi beberapa kota kota besar di pulau jawa juga ikut berpartisipasi dalam acara ini.

Suasana didalam convention hall.
Didalam Convention Hall , itu banyak banget berbagai macam benda benda , kebudayaan , pernak pernik , kerajinan kerajinan tangan , dan lain lain yang dibuat dengan tangan yang kreatif dan diperjual belikan ke para pengunjung . Disana juga terdapat banyak banget makanan makanan yang bahkan terbilang unik dan kreatif .


kerajinan khas kalimantan.

berbagai macam fashion dan kerajinan tangan.


salah satunya manisan yang terbuat dari cabai . Coba deh bayangkan , cabai yang rasanya pedas bukan main , bisa jadi manis . Tapi yang membuat manis cabai tersebut adalah karena di campur oleh gula , jadi saat dipegang makanan itu terasa sangat lengket . Untuk harganya masih terbilang sangat terjangkau menurut gue , sekitar 50 ribu Rupiah .



Disana juga terdapat beberapa stand yang mejual pakaian pakaian ( fashion ) dan beberapa pernak pernik kebudayaan . Selain itu disana juga terdapat stand yang menjual madu "mahuka" . Informasi yang gue dapat , madu mahuka ini merupakan madu yang didapatkan dari hutan kalimantan . Jadi , madu tersebut diperjual belikan didalam botol , bahkan ada juga beserta sarang lebahnya tersebut . Madu mahuka itu , juga digunakan sebagai bahan dasar lilin .

Sarang Lebah.

madu yang sudah dimasukkan kedalam botol ( siap dipasarkan ).

lilin yang terbuat bahan dasar madu.


Pandangan gue seakan akan hanya mengarah ke satu tempat yaitu "stand kopi" . Ketika gue melihat seorang bapak bapak menawarkan kopi arabica , dan setahu gue kopi arabica ini merupakan kopi yang enak dan wanginya juga sangat menggoda ( bagi pecinta kopo ).Walaupun masih SMA gue suka banget yang namanya kopi . Jadi , disana ada salah satu stand yang menjual kopi arabic . Meskipun terbilang pahit , tapi gue suka banget dengan rasa pahit di kopi tersebut . Karena , kopi arabic ini wangi kopinya sangat sangat cocok dengan gue , sehingga itu memaksakan gue untuk membeli kopi tersebut.


Kopi Arabic ( dalam bentuk bubuk ).



Memang sekilas kopi arabica ini sama seperti kopi pada umumnya , tapi ketika kalian mencoba , pasti akan menemui perbedaan antara kopi yang biasa dijual di warung warung / toko dengan kopi arabica ini
Kopi Arabica.



By the way , sebenarnya gue mau banget ikut berpartisipasi pameran kemilau kaltim ini . Gue sebelumnya udah pernah beberapa kali mengikuti event event seperti ini , dengan menjual koleksi numismatik gue ( koleksi uang uang kuno ) dan dari menjual barang tersebut lah gue bisa membeli barang barang yang gue inginkan , dan sebagian lagi gue masukkan ke rekening gue  ( malah curhat ).

Benda Numismatik .

Selanjutnya , langkah demi langkah mengelilingi convention hall , bokap dan nyokap gue mengunjungi salah satu stand kosmetik . Entah apa yang ada dibenak gue saat itu . Dan pada akhirnya nyokap dan bokap gue , membeli barang tersebut untuk menghilangkan jerawat di muka gue ( makasih :D ) . Tapi kebahagiaan gue enggak sampai disitu . Ternyata bokap dan nyokap , mau jual barang tersebut dengan membeli borongan , kalo orang bilangnya "reseller" ya begitulah . Dan alhasil , mau gak mau gue akan promosikan produk itu di blog gue :D .

Dan sekarang nyokap gue usaha ini .



Di dalam convention hall disana juga terdapat panggung . Biasanya sih , panggung ini digunakan buat fashion show gitu , tapi gue enggak tau pastinya karena enggak terlalu memperhatikan hal tersebut.Dan karena gue udah merasa bosan didalam , selanjutnya gue pergi ke bagian luar convention hall , disana juga enggak kalah rame nya dengan didalam convention hall . Bedanya , didalam convention hall mereka lebih banyak menawarkan barang barang , kerajinan , pernak pernik , dan alat alat lainnya , sedangkan diluar convention hall disana lebih banyak stand yang menawarkan atau memperjual belikan makanan , minuman , mainan , dll .

Panggung di dalam convention hall.


Dibagian outdoor , seperti yang gue bilang , disana rata rata banyak yang menjual makanan  minuman , bahkan ada juga yang menjual mainan ( biasanya PKL ) . Dibagian outdoor ini , tepatnya disebelah pojok , disana merupakan panggung utama , mulai dari pembukaan acara sampai penutpan acara , dilakukan di panggung tersebut .

Suasana diluar convention hall.
Oh ya , di panggung tersebut , juga mengadakan semacam lomba duta pariwisata dari berbagai daerah khususnya wilayah provinsi Kalimantan Timur . Jadi , karena prosesi acara lomba tersebut dilaksanakan pada malam hari , kamera yang gue pakai tidak mendukung untuk mengambil gambar saat perlombaan tersebut berlangsung .

Panggung di luar coonvention hall.


Jadi di acara ini , gue udah pergi kesini selama 2x , yaitu pada hari jum'at ( pembukaan ) dan saat hari sabtu ( malam minggu ) . Waktu pembukaan acara ini masih dibilang "sepi" karena memang baru dimulai pameran ini , dan biasanya akan banyak dikunjungi saat malam minggu . Nah disaat malam mingggu itu , disana merupakan saat yang tepat untuk memeriahkan kembali kemilau kaltim dan menunjukkan kepada banyak orang mengenai kebudayaan, kerajinan , dan tempat wisata alam yang masih sangat alami di kalimantan . Justru dengan menggelar acara seperti inilah , kalimantan bisa menunjukkan berbagai kekayaan alam nya yang masih sangat alami .Acara ini juga dimeriahkan dengan menyalakan beberapa "mercon" di samping panggung utama dengan diiringi lagu "pesona indonesia" .













26 komentar:

  1. Wah rame banget..kalau saya brada di tempat itu, stand yang pertama yang akan ssya kunjungi adalah stand penjualan buku. Saya liat ada buku coffe hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha iya nih :D , disini juga ada tuh stand penjual buku buku gitu .

      Delete
  2. Rame banget pamerannya. Dan kayaknya semuanya berbau seni dan ada kopi juga. Astaga gue belum cobain kopi arabica sebelumnya. Yang asik di sini sih kesenian yang mencuci mata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget , jadi kapan nih lo main ke Samarinda ?

      Delete
  3. wuihh, keren iya, kmu bisa mendokumentasikan kegiatanmu, baik disekolah maupun diluar.

    klo gue?, bawa hp kesekolah aja udh dapet ancaman DIBANTING!. yap, lo emang beruntung.

    dan gue males ngedokumentasikan sesuatu dengan "memfoto" karna camera hp gue cuman 5MP.

    salam SPK, (spk_baper)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha , wajar aja kalo begitu . Gue juga waktu SMP gak diperbolehkan bawa HP . Lagian gue juga enggak punya HP :D .

      Kalo masalah kamera , enggak penting . Yang penting lo pede dan bisa mengambil gambar dengan posisi yang tepat. Gue aja pake kamera yang tenar tahun 2007 an . Tapi gue mah pede aja :D .

      Delete
    2. Jaman sekarang nggk pede bawa hp resolusi kecil

      Delete
  4. wuiih, keren kmu bisa mendokumentasikan kegiatanmu baik disekolah maupun diluar.

    klo gue?. bawa hp kesekolah aja udh dapet ancaman DIBANTING. so.....lo beruntung.

    btw, gue males mendokumentasikan sesuatu lewat foto, karna gue cuman punya hp beresolusi 5MP

    ReplyDelete
  5. wew jarang jarang ane baca tulisan tentang kegiatan di Kaltim nih.

    btw, nama dan bentuk makanannya asing banget di kuping gue ya.
    yang gue tau cuma kopi arabika.
    walaupun gue ga suka kopi sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHA , gue juga gitu . Waktu pertama ke Samarinda aja , gue perlu beradaptasi selama 2 tahun . 2 TAHUN !!! . Tapi meski begitu , ya kadang gue enggak bisa sepenuhnya ngerti .

      Delete
  6. Btw gak ada kerajinan macem manik manik kayak punya cewek cewek suku dayak ya? Itu gelang gelang manik maniknya lucu tuh otentik. Gue pernah dioleh olehi kayak gitu sama seseorang. Ngiler pengen lagi haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya kemaren ada deh tuh . Cuma gue lupa , gue foto apa enggak . Yang pasti kalo ada event ginian , banyak banget deh yang berhubungan dengan suku dayak . Mulai dari pakaian , manik manik , dll .

      Delete
    2. Wah gitu ya, seru dong. Duh coba rumahku di kalimantan hehe. Di sini, di lampung sih gak ada manik2 yang kayak gitu. Adanya gelang manik2 biasa, terlalu mainstream

      Delete
    3. Dulu gue juga sempat tinggal di Lampung loh :) tempat nya di ogan tengah , tapi udah pindah dan rumah gue yang sekarang di daerah sukarame HE HE HE .

      Tapi lampung juga gak kalah seru loh , malah disana juga banyak banget hal yang unik :D .

      Delete
  7. Walaupun hari ini gua gak promosi di BE, tapi judul postingan yg satu ini menarik perhatian gua. Aduh, kayaknya seru banget ya acaranya. Banyak barang dagangan dan kerajinan yg menarik. Jaman sekarang, berbisnis itu gampang-gampang susah ya. Gua juga pengen jualan, tapi ga tau mau jualan apa wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha iya bener banget , kalimantan masih menyimpan kebudayaan dan kerajinan nya nih :D

      Delete
  8. Lilin yang terbuat dari madu menarik tuh, kira lelehannya berasa manis kayak madu nggak ya? Yang ada lidahnya kebakar duluan kali ya.

    Pameran gini menarik, biasanya nemu benda-benda "ajaib" yang jarang ditemuin, jadinya unik tuh. Event-event kayak gini harusnya dipromosikan dengan gencar biar banyak orang yang tau, tertarik dan terpesona kayak slogan pariwisata Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya bener banget . Justru nih , event seperti ini sudah lumayan terkenal bahkan sampai luar pulau kalimantan .

      Banyak juga yang menggelar berbagai barang barang nya di luar pula kalimantan loh :D !.

      Delete
  9. Ruaarrrbiassaaa. Acara beginian nih yang aku suka banget. Tiap kata dalam ceritamu kusimak baik2 ... Hahaha. Suasana pameran di Kaltim tak beda jauh ya dengan di Bandung. Cuma khas produknya yang tampak berbeda. Aku baru dengar tuh soal lilin madu... Untuk apa orang mbuat lilin dari madu ya Raf? Kan sayang mending diminum, kcuali lilinnya jg ada manfaat istimewanya.
    Trus soal kopi juga aku paling suka tuh. Tadinya berharap tulisanmu lebih detail di bagian itu. Aku suka kopi asli Indonesia, yang robusta maupun arabika. Kesukaanku cenderung ke arabika sebenarnya. Kmarin waktu ke Kalimantan ga beli kopi, untungnya waktu ke NTT ingat utk beli kopi asli Flores. I love Indonesian Coffee ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ternyata pecinta kopi juga nih . Iya nih , sebenernya sih mau jelasin secara detail , tapi keburu waktu sih :? , masih banyak konten yang harus gue tulis jadi mungkin tentang di bagian kopi nya hanya sekilas aja .

      Wah ternyata di Bandung ada juga ya ? kalo boleh tau nama event tersebut apa kalo di Bandung ? pasti ramai juga ya disana ?

      Delete
  10. Waaw, pameran. Aku udah lama banget mampir ke pameran gitu. Soalnya... Bikin kanker. Bhaha. #AnakEkonomi
    Manisan cabe..... Awkward banget dengernya ya emang ada sih. Tapi aku belum pernah coba. Terus kamu beli?
    Btw itu serius ngeborong? Boleh dong sharing. Obatnya bisa buat ngilangin bekasnya juga nggak?
    Mm... Apakah penyanyi asli lagu "Pesona Indonesia"-nya yang nyanyi di atas panggung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah waktu nyobain manisan yang terbuat dari cabe , itu sebenernya udah mau gue beli . Cuma gue ngicar di hari terakhir pameran ( biar dapet diskon ) nama nya gue juga gak mau rugi hehehe , iya kan ? tapi eh malah kelupaan deh .

      Nah , kalo yang ngeborong , itu malah sekarang nyokap gue jadi reseller nya #YEAYYY . Nanti deh , gue coba review di blog gue ini , tungguin yah :D he hehe .

      Oh bukan . Itu seperti rekaman gitu aja , cuma saat diputar lagu nya itu , diiringi dengan gemerlap nya petasan . Sebenernya sih , gue ada video nya , cuma nanti deh gue masukkin ke sini .

      Delete
  11. huhuhu.. keren raf, di jakarta ada juga lho yang kek gini, namanya "PEKAN RAYA JAKARTA" hampir sama banget, banyak banget budaya betawi yang gue gak tau.

    Diluar juga ada pementasan konser gitu hehehe..

    trus, kalo gue dateng ke pameran gitu, pasti selalu hunting barang-barang antik dan unik gitu, keren aja gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya , gue pernah denger nama nya . Cuma enggak pernah lihat bahkan mengunjungi secara langsung , padahal gue orang Jakarta asli ( nasib perantauan mengejar impian ) :D .

      Sebenernya di Samarinda juga ada pekan raya gitu . Nama nya PRS ( PEKAN RAYA SAMARINDA ) . By the way , dulu gue ikut event PEKAN RAYA SAMARINDA itu .

      Delete
  12. wah mba dipi tadi bahas kopi ini bahas kopi lagi. kayaknya enak juga tuh kopi arabika Raf. gue juga suka kopi nih kirimin sini dong haha

    koleksi uang lo itu mau dijual apa buat pameran doang??

    gue rasa orangtua lo baik banget sampe jerawat di muka lo ajah mereka care mau ngilangin itu dari muka lo. untung mereka nggak berencana ngilangin idung lo raf haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. HA HA HA , kalo udah ngomongin kopi mah , kagak ada habisnya ya?

      Koleksi uang lama gue , mau gue pamerkan dan sebagian ada juga yang dijual . Karena , gue udah memulai bisnis ini sejak gue masih bocah SMP dulu :D

      Delete

Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca . Jangan lupa untuk meninggalkan komentar yang sopan santun . Untuk menghindari komentar SPAM yang masuk , komentar kalian akan gue seleksi terlebih dahulu kemudian gue publikasikan .

Salam , Arjuna Rafi (coganarab_ )

 

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

FANSPAGE FACEBOOK

PELANGGAN

Translate

JUMLAH PEMBACA

PENULIS

Halo! gue Arjun, penulis blog arjunarafi.com . Blog ini udah dibuat sejak 2015 silam, awalnya sebagai media untuk mempublikasikan tulisan-tulisan yang gue buat.

Apa aja yang gue tulis di arjunarafi.com ? sebagian besar tulisan gue untuk sharing pengalaman gue, yang juga dibarengi dengan berbagai topik sosial, hingga review apapun.

By the way, kalo lo ada saran apapun yang harus gue review, atau melakukan kerja sama bisa kontak gue di Rafisyauqie@gmail.com.

Cheers.