Adventureraf : Vulkano Tour

Hai what's up my friends , welcome to my blog ...

Waktu itu gue lagi liburan sekolah semester 1 , dan gue pun liburan bareng dengan keluarga untuk mengisi libur panjang tersebut. Kalo enggak salah , waktu itu gue berlibur mengelilngi pulau jawa dan kota yang gue kunjungin sebanyak 6 atau 7 kota ( lupa* ) . Jadi waktu itu gue lagi berada di Jakarta dan mau menuju ke Jogjakarta.Dan gue naik kereta "senja utama jogja" dari jam 8 sampai di jogja jam 6 pagi .

Begitu sampai disana , keluarga gue udah dijemput oleh temen SMA bokap gue dulu , yang kebetulan dia membuka usaha travel di Semarang. Jadi , saat kereta sampai di stasiun jogja , masih ada waktu buat ngisi shalat subuh di stasiun , setelah itu gue dan keluarga lanjut mengunjungi desa Umbulharjo ,Cangkringan Sleman , Yogyakarta. untuk menikmati wisata alam gunung merapi.Ini merupakan pengalaman pertama gue berkunjung ke gunung merapi , sebelumnya gue cuma bisa ngeliat dari layar televisi , TAPI sekarang gue bisa lihat secara langsung gunung merapi tersebut.


Perjalanan nya gue enggak tau berapa lama , dari stasiun menuju desa Umbulharjo,soalnya waktu di perjalanan gue tidur karena masih ngantuk berat dan tau tau nya ketika gue bangun udah sampai di tempat yan dituju .Mobil yang gue tumpangi itu pun di parkirkan di halaman parkir yang udah disediakan dan gue serta keluarga langsung menuju ke tempat penyewaan jeep buat nge trip ke sana.Kenapa gue harus naik jeep ? Karena jalan meuju kesana nya melewati jalan yang penuh dengan batu batu . Kalo misalkan gue pake mobil yang gue tumpangi , terus di perjalanan ban nya bocor gimana coba ? itupun kalo ada tukang tambal ban , nah kalo kagak ada gimana ? masa di daerah gunung apa tukang tambal ban ? yang bener aja coba .

Tiket masuk vulkano tour.

"Berapa pak sewa jeep nya ?" kata bokap gue .

"Rp.500.000,00 per mobil pak".Kata recepsionist nya.

'Itu rute nya sampai didekat merapi sana kan " kata bokap gue ( lagi ).

"Iya pak" kata recepsionist nya.

Dan , perjalanan pun dimulai !!! Yuhuuuuu:D. Banyak banget batu batu saat gue melintas ( ya iyalah , didaerah gunung pasti banyak batu ) jadi , pas perjalanan saking asyiknya melintas di atas batu batu , gue malah jadi goyang dumang , saat seketika itu pula gue kesulitan dalam mengabadikan momen momen tersebut dalam bentuk video , dikarenakan ( goyang ) jadi hasil nya enggak bisa maksimal. Rute pertama kami berhenti di tempat dimana tempat itu merupakan arus lava gunung merapi saat merapi menyemburkan lava panasnya tersebut .

 Gue juga enggak tau kenapa dibawa kesini ? apakah si sopir jeep ini mau nunjukin ke gue , kalo maumandi lava disini ? , gue rasa itu enggak mungkin . By the way , ditempat arusnya lava gunung merapi ini , lumayan banget loh view nya buat mengabadikan momen momen tersebut . Apalagi ditambah dengan suasana pegunungan yang asri ,dijamin enggak kecewa deh .

bekas jejak aliran lava gunung merapi.

Perjalanan pun dilanjutkan dengan menuju nya ke sebuah museum kecil.Jujur guys , buat kesana kita bakal ngelewatin jalan jalan yang super duper ekstream . Disini beberapa kali handphone gue nyaris jatuh , tapi cukup menantang dan seru banget . Nah di museum itu isinya adalah harta benda sisa sisa peninggalan warga sekitar yang menempat di sekitar gunung merapi . Jadi barang barang yang tersisa dikumpulkan oleh pengelola kemudian dibuatlah museum mini dengan nama "SISAHARTAKU".

museum "SISAHARTAKU".
Di museum "SISAHARTAKU" ini , gue amat kagun ketika melihat suatu tulisan tulisan yang sangat menginspirasi dan ada juga tulisan semacam pesan yang ingin disampaikan saat gunung merapi meletus . Pesan itu terbentuk dalam bahasa jawa , meskipun gue orang jawa , tapi gue bener bener enggak tau arti dari kata kata tersebut. Disana juga terdapat jam erupsi merapi . Jam tersebut merupakan jam penunjuk waktu gunung merapi meletus . Kejadian itu terjadi hari jum'at jam 10 pagi tepatnya .
Jam erupsi merapi .

Benda benda yang tersisa milik warga setempat.
fosil hewan .


Pesan dari mereka untuk kita.
Disana juga terdapat berbagai macam foto saat tim penyelamat , menyelamatkan korban jiwa saat merapi meletus .Gue kasihan banget dan turut sangat prihatin melihat kejadian serta kondisi tersebut .Enggak kebayang deh gimana jadi nya kalo gue berada di posisi tersebut :( . Foto yang gue maksud tersebut itu dijual dan dilarang memotret foto tersebut lewat kamera , hp , dan alat lainnya yang bersifat mengambil gambar , karena mungin alasannya untuk keaslian foto nya kali ya ? gue juga enggak tau.

Sambil ngeliat liat barang barang yang ada di museum , gue merasakan kesedihan yang mendalam saat masuk kedalam museum tersebut . Apalagi ini pengalaman pertama kali nya gue pergi kesini , iya kan ? dan gue malah jadi keingetan lagu nya Ebiet.G.Ade yang judulnya "berita kepada kawan" . Entah kenapa tiba tiba jadi keingetan gitu deh , kayaknya lagu nya sih emang cocok banget dengan kondisi yang gue rasain saat itu didalam museum . whooamm .



Berhubung disana ada tenda kecil semacam stand gitu yang menjual pernak pernik / souvenir , maka gue pun berinisiatif untuk membeli sebuah topi . Di topi tersebut terdapat tulisan "gunung merapi"itu menandakan bahwa gue pernah berkunjung ke sini.Dan perjalanan pun dilanjutkan dengan mengunjungi "Banker". Banker konon katanya adalah tempat persembunyian atau berlindung penduduk desa setempat saat gunung merapi meletus , tapi pada akhirnya para penduduk tersebut tidak selamat ( begitu menurut informasi yang gue dapatkan ) , by the way , katanya banker ini masih terkesan angker loh ! sejak gunung merapi meletus.

Bangker , tempat persembunyian penduduk desa.

Perjalanan pun dilanjutkan dengan tahap terakhir , yaitu melihat lebih dekat gunung merapi . Begitu sampai disana gue dan keluarga asyik mengabadikan momen momen tersebut . Yang paling gue heran ,adalah kenapa puncak gunung merapi ditutupi awan ya ? setahu gue di gunung gunung Indonesia yang lain , enggak ada deh puncak yang ditutupi oleh awan .Tapi itu merupakan hal yang unik menurut gue dan menarik banget pastinya .

Abadikan momen mu disini .

Enggak jauh dari tempat gue foto foto untuk mengabadika momen , disana terdapat sebuah batu yang diberi nama "batu alien" . Konon katanya , batu ini menggambarkan mimik muka manusia yang sedang sedih .Dan , batu ini merupakan batu asli ( buka buatan ) akibat dari letusan gunung merapi .Oleh sebab itu diberi nama batu alien Jadi sampai sekarang , batu ini masih terjaga disana .

Batu alien.
Batu alien.



Perjalanan pun usai dan udah mencapai puncak yang di inginkan ,saat perjalanan pulang , gue benar benar kagum . Gue bisa melihat proses terjadi nya hujan yang terjadi di sana waktu itu . Gue melihat nya bener bener dengan mata kepala gue sendiri , apalagi ini merupakan pengalaman yang enggak gue sangka sangka . Ternyata dalam prosesi terjadinya hujan banyak banget hal hal yang unik yang bisa gue lihat dari atas jeep . Tapi sayangnya saat prosesi itu , gue enggak bisa mengabil gambar sebab kualitas handphone gue waktu itu kurang memadai dan alhasil gue hanya bisa menceritakannya disini .

Nah , dibawah ini merupakan pesan pesan yang disampaikan oleh korban yang selamat dari letusan gunung merapi itu , coba deh renungi dan resapi kata kata dibawah ini.


alam tidak akan membinasakan kita , jika kita tidak merusaknya . Untuk itu jaga selalu kelestarian alam ini untuk Indonesia.
MERAPI TAK PERNAH INGKAR JANJI  - PESAN MERAPI .
sumber : www.klikmerdeka.com
UNTUK ANDA YANG TERHINDAR DARI BENCANA MAKA "SYUKURILAH" HIDUPMU - PESAN MERAPI.
sumber : www.JemberTraveler.com

BENCANA BUKAN "AKHIR " SEGALANYA - PESAN MERAPI .


sumber :wisbenbae.blogspot.com

HABIS SUDAH SEMUA .


 Kata kata yang sederhana , tetapi memiliki arti yang cukup mendalam untuk kita . Sadari apa yang sudah tuhan berikan , bersyukurlah , dan jagalah amanah tersebut dengan sebaik baiknya .


Pesan dari merapi.
Aku ora ngalahan . Tur yo ora pengen dikalahke.Nanging mesti tekan janjine , ming nyuwun pangapuro nek ono seng ketabrak , keseret , kenter , kebanjiran , lan kelelep. Mergo ngalang - ngalangi dalan seng bakal tak liwati - MMSH ( pesan merapi )


Jadi kapan nih kalian kesini ? pesan yang ingin gue sampaikan kepada kalian semua : 
Alam tidak akan membinasakan kita atau mencelakakan kita jika kita tidak merusaknya . Maka jagalah apa yang sudah tuhan berikan untuk kita , niscaya kita akan selamat sentosa -  Arjuna Rafi .















48 komentar:

  1. gue setahun tinggal di jogja dan nysel bngt ga kemerapi, nysel engga ikut vulkano tour kaya yg lo lakuin. iri deh sama lo fii....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gitu ya ? padahal bagus banget disana res ... by the way sekarang lo udah pindah dari jogja ?

      Delete
  2. Sedikit ada rasa haru melihat semua foto-foto itu. Kapan yah gue bisa kesana juga. Uumm,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget , gue aja disana sampe netes air mata apalagi pas masuk ke museumnya ...

      Semoga lo juga bisa kesana ya :) .

      Delete
  3. Keren gan. Seriusan, kepengen sekali kesana bareng teman-teman. Terutama bareng pacar wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. HA HA HA iya iya ... ciee yang udah punya pacar :D.

      Delete
  4. Recommended buat dikunjungin nih

    ReplyDelete
  5. Jadi pengen ngetrip bareng keluarga. :(

    Oh iya, gue juga belum pernah gunung merapi secara langsung kok. Cieee yang udah pernah duluan. Haha

    Kata2 sederhana yang begitu mengena. Luar biasa!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu nih , semoga juga bisa kesana ya :) .

      Delete
  6. Wua, aku belum pernah kesana, dan baru tau kalau ada museum itu. Ternyata dari hal sederhana bisa menjadi bermakna buat orang lain. Aku aja nggak kepikiran bahwa barang-barang sisa letusan gunung ternyata bisa membawa pesan sebanyak itu untuk orang yang masih hidup. Dan kamu beruntung telah sampai di sana. Bravo!

    Eh itu translatenya salah. Hihihi
    Aku ora ngalahan . Tur yo ora pengen dikalahke.Nanging mesti tekan janjine , ming nyuwun pangapuro nek ono seng ketabrak , keseret , kenter , kebanjiran , lan kelelep. Mergo ngalang - ngalangi dalan seng bakal tak liwati
    Aku tidak mengalah, juga tidak ingin dikalahkan. Hanya saja akan sampai janjinya. Cuma ingin meminta maaf apabila ada yang tertabrak, keseret, dan terbawa arus, kebanjiran, atau tenggelam. Sebab mengalangi - halangi jalan yang kulewati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya nih , lo kapan kesini ? HA HA HA :D . Itu yang dibawahnya bukan translate dari bahasa jawa nya :) . Yang dibawah itu kata kataku sendiri :) :)

      Delete
    2. Oh gitu ya. Siplah. Semoga membawa perubahan yang besar pada diri sendiri ya. Karena gak semua orang mampu menerapkan ilmu alam lho. Buktinya banyak sampah di gunung. Hehe

      Delete
  7. Jadi pengen kesana hehe ,lagian tu tempat bagus banget untuk dikunjungi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget , lumayan sekalian refreshing :D HA HA HA.

      Delete
  8. kereen bisa pergi ke Merapi. btw dari kemarin kayaknya kamu ngetrip terus nih hehe.

    Itu asik banget sih naik jeep pas perjalanan naiknya. goyang-goyang seru gitu pas di mobil. cuman kok ya mahal banget itu biaya sewanya -_-

    keren lah, selain itu juga banyak banget tempat yang bisa dikunjungi. semoga saja aku bisa kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu sih gue kena biaya nya segitu , kalo sekarang enggak tau deh berapa biayanya . Tapi katanya sih ya , di gunung bromo lebih mahal lagi kisaran 700 -800 ribuan , tapi gak tau deh bener apa enggak .

      Amiiin :D , ditunggu loh postingannya kalo udah kesana :) .

      Delete
    2. Tapi meskipun mahal, kayaknya semua harga itu terbayar dengan wisata dan pemandangan yang keren banget.

      Doain aja, ntar kalau kesampean kesana, ya sekalian aku bikik postingan dan vlog juga haha.

      Delete
  9. Pariwisata Vulkano tour, wah menarik sekali ya, saya membaca artikel ini sudah tersaji sangat lengkap sekali untuk berlibur dari monumen batu, museum dan beberapa tulisan yang menggambarkan kesedihan tapi tetap bencana bukan segalanya oleh karena itu kita harus bangkit. Saya tertarik untuk berkunjung, bayar tiket masuknya berapa mas? boleh bawa kendarraan pribadi masuk gak?atau ada kendaraan khusus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiekt masuknya 3 ribu rupiah , cukup murah . Kalo bawa kendaraan pribadi , gue kurang tau persisnya . Soalnya , waktu kesana mobil yang gue tumpangi di parkir ditempa yang udah disediakan , jadi buat kesana nya harus naik jeep . Biaya sewa jeep nya waktu itu 500 ribuan . Kalo sekarang enggak tau deh , berapa .. . :) .

      Delete
  10. Keren bang, gue juga sudah pernah kesini lho :)

    Oh, ya barusan gue follow blog lo, follback my blog ya bang, skalian mampir.. hee
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya ? wah keren ..... :).

      Sipp :) , udah gue follback kok :).

      Delete
  11. Anjay sisa sisa bencana bisa jadi keren gitu ya ..
    Ga kebayang dulu dahsyatnya letusan gunung merapi kayak apa.

    Gue jadi kepengen kesini deh, pengen liat bunkernya, sepertinya menarik.

    Btw, Itu gunung merapinya indah syekali. Kira kira masih aktif ga itu gunung ? Kalo ditempatku adanya gunung salak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti nya sih masih aktif saat saat ini ... Gunung salak , itu bisa buat wisaa alam juga ? kalo bisa , ceritan dong :D

      Delete
    2. seperti nya sih masih aktif saat saat ini ... Gunung salak , itu bisa buat wisaa alam juga ? kalo bisa , ceritan dong :D

      Delete
    3. iyah bisa ko gunung salak di naikin.
      sekarang sudah banyak kawasan wisata di gunung salak.
      rencananya aku mau kesana kalu ada uang, waktu dan tenaga muehe

      Delete
  12. Wah keliatannya seru banget ya, apalagi museumnya. Dari foto-foto yg lu cantumin, keliatan banget kalo yg namanya gunung meletus itu ternyata bukan bencana yg bisa disepelekan ya. Serem banget. Bersyukurlah kita-kita yg tidak pernah mengalaminya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget , syukuri aja hidup ini masih diberi kesempatan , By the way , di daerah lo bang ada tempat wisata alam apa aja nih ?

      Delete
  13. Wah... Jalan-jalan ke Merapi, ya. Serius, banyak banget peninggalan akibat merapi itu.

    Btw, murah ya, tiketnya. Jadi beneran pengen ke Merapi buat lihat-lihat bekas kejadiannya.

    Gue setuju banget, sih, sama semua pesan yang tertulis di dinding itu. Ngena semuanya. Pokoknya, sebagai manusia yang tinggal di Bumi, ya harus terus melestrikan alam, biar kitanya juga gak kenak dampak atas perbuatan kita sendiri.

    Gue kapan ke situ ya? Doakan saja. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah , semoga juga bisa kesana ya ? he he he , ditunggu postingannya jika sudah kesana :D

      Delete
  14. Sedikit merinding waktu ngelihat foto dari barang peninggalan warga yang ada dimuseum sisa hartaku..
    Tapi beneran ngak ada yang selamat warga yang berlindung di bunker itu? Ah, ngak bisa ngebayangin..
    Pengen banget ke gunung merapi, wisata edukasi kan jadinya.. Hehehe
    Indah banget pemandangan yang tertuju ke puncak gunung itu.. 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget , view nya juga cocok buat foto foto sih :) .

      Delete
  15. Wah setelah baca ini, entah kenapa tiba-tiba bikin gue ngiler mau kesana. Gue sih yakin, pemdangan disana pasti bagus banget. Soalnya kan abis meletus gunung api beberapa tahun kemudian tanahnya jadi subur.

    Selain itu, gue juga mau liat tuh sisa-sisa peninggalan disana. Cocok buat dijadiin wisata pengetahuan. Doakan gue juga bisa kesana ya, bro. Aamiin. :)

    ReplyDelete
  16. Mantep.
    Sama kata-katanya. Jleb abis.
    Udah gitu, serem juga. Yang di SISAHARTAKU. Yang bukti jam Merapi meletus. Sama yang batu alien. Itu.... Nger sih. :') itu btw fosil apa ya???
    Itu Banker, seriusan warga yang ngungsi di sana pada nggak selamat? Terus di sekitaran gunung ada yang warga yang tinggal di sana nggak?
    Pengen ke sana tapi nggak mau ngarep banyak. Takut nggak kesampaian :')

    ReplyDelete
  17. Kapan-kapan gue harus kesini. Pasti banyak kenangan-kenangan disini. Jadinya malah wisata mengenang.

    Betul bro, kalo kita baik sama alam, alam akan baik dan memberi kita semuanya. bukan bang alam mbah dukun, tapi alam dunia.

    sewa jeepnya 500rb, merogoh kocek juga. hahaha

    ReplyDelete
  18. Wuiiiii baca tulisan kamu ini aku jadi kangen ke Kaliurang lagi. Kangen ke Jogja dan ikut volcano trip ini. Dulu pas 2013 aku ke sini, sebutannya Lava Trip. Naik jeep pagi buta keliling merapi. Seruuuu.

    Btw keluarga kamu seru banget. Liburan jalan jalannya keliling Jawa.

    ReplyDelete
  19. Naek Jeep asli seru nih, apalagi akses jalan menuju kesana dipenuhi batu-batu yang lumayan besar, jadi jalan sangat jerjal. Namun disanalah letak keasyikannya. Weh elu bro sampe goyang dumang :D

    ReplyDelete
  20. wih wih wih, jadi bolang yak ceritanya. dulu gue juga pernah ke merapi, dalam rangka acara study tour tapi. Waktu itu baru beberapa bulan setelah merapi erupsi atau gimana gitu gue lupa :")

    ReplyDelete
  21. hmmmm.......klo gue sih, rencananya waktu itu mau ke gunung dempo, sumatra selatan, tapi bakku sakit, jadinya nggk kesana, rencana sih desember, dan semoga aja gue bisa ke kampung halaman gue disana.

    ReplyDelete
  22. Widih keren bro, kunjungan lo inspiratif banget kali ini, banyak banget pesan yang bisa dimbil dari postingan ini, dari dulu gue belum kesampean ngunjungin merapi sedekat ini, banyak peninggalannya lagi, keren lah.

    Recomended..

    ReplyDelete
  23. Wah Seru banget ya,.... Apa lagi pas nanjak ke gunungnya terus mobilnya mati mendadak tiba2 turun wah ampun deh,,.... ke inget banget kejadian itu w...

    ReplyDelete
  24. Jun... pengen ke situ tuh... Ke merapi. Tapi lg hamil atau bawa bayi kyknya ga mmungkinkan yak. Takut malah brojol di jalan.
    Liat sisa2 letusan gitu horor ya, manusia mmg g ada apa2 nya. Semua ludes habis ga bersisa.
    Sering baca n nonton bbrp ekspedisi gunung merapi juga selain tulisan yg Arjuna posting ini, bikin makin ingin kesana... Hahaha.

    ReplyDelete
  25. Keren dan detail banget catatan perjalanannya... Gue belum pernah kesana tapi jadi ngerasa udah pernah kesana karena baca ini... hihihi...

    Btw kenapa nggak naik ke gunungnya sekalian? dan itu yang ada dipuncak merapi setau gue bukan awan deh tapi kabut... :D

    ReplyDelete
  26. Coba deh translate bahasa jawa tadi ke dalam bahasa Indonesia. Biar semua pembaca paham sama makna pesan merapi itu. Gue sih paham, karena orang jawa.

    Banker, udah mirip film Amerika ya. Banker biasanya dipake untuk tempat perlindungan Presiden ketika terjadi teror, di film sih :D. Tapi fungsinya sama aja sebagai tempat perlindungan.

    Gak cobain keliling Sumatera :D. Kali aja mau ngeliat museum tsunami aceh.

    ReplyDelete
  27. Ane habis dari sini bulan november lalu.. dan hanya sampai rumah alm. Mbah marijan aja karena udah hujan deres..

    ReplyDelete

Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca . Jangan lupa untuk meninggalkan komentar yang sopan santun . Untuk menghindari komentar SPAM yang masuk , komentar kalian akan gue seleksi terlebih dahulu kemudian gue publikasikan .

Salam , Arjuna Rafi (coganarab_ )

 

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

FANSPAGE FACEBOOK

PELANGGAN

Translate

JUMLAH PEMBACA

PENULIS

Halo! gue Arjun, penulis blog arjunarafi.com . Blog ini udah dibuat sejak 2015 silam, awalnya sebagai media untuk mempublikasikan tulisan-tulisan yang gue buat.

Apa aja yang gue tulis di arjunarafi.com ? sebagian besar tulisan gue untuk sharing pengalaman gue, yang juga dibarengi dengan berbagai topik sosial, hingga review apapun.

By the way, kalo lo ada saran apapun yang harus gue review, atau melakukan kerja sama bisa kontak gue di Rafisyauqie@gmail.com.

Cheers.