Idul Adha : Qurban Kambing

Hai what's up my friends , welcome to my blog ...

Jadi , kemarin tanggal 12 September 2016 atau bertepatan dengan 9 Zulhijjah 1937 H umat muslim seluruh dunia melaksanakan hari raya qurban ( idul adha ) . Dan alhamdulillah di tahun ini , keluarga gue bisa qurban dua (2) ekor kambing . Gue berangkat dari rumah pukul 06.15 Wita menuju masjid as - salaam di Samarinda , Kalimantan Timur.Jadi , sebelum jalanan macet karena banyak jamaah yang lain maka gue dan keluarga menyempatkan untuk datang lebih awal untuk menghindari kemacetan dan para fans fans sejati gue. Suasana di pagi itu masih terasa dingin ( karena gue baru mandi ) . Waktu kemarin saat penyerahan hewan qurban ke masjid , gue enggak ikut jadi gue enggak bisa menampilkan foto waktu si kambing ini masih di dalam sangkar kandang.

                       


Gue pun sampai di masjid tempat tujuan , dan langsung masuk untuk menghindari wangi yang diberikan si kambing  mendengarkan takbir sekaligus baca takbir dalam hati . Shalat pun dimulai , khatib memberikan sedikitinformasi mengenai tata cara shalat idul adha. Setelah shalat selesai , waktu khutbah pun tiba dan disini lah letak kemalasan gue mulai muncul.Jadi , setiap ada khutbah bak itu shalat jum'at atau shalat ied keburukan gue muncul yaitu "ngantuk" . Perlahan lahan kpala gue turun turun dan semakin didepan turun , dan pas itu gue kaget ketika sang khatib bicara keras seperti nada teriak . Gue langsung terbangun , mata gue yang masih merah , dan pikiran masih kacau karena kaget tiba tiba.

                                      


Setelah selesai shalat ied , gue pun langsung mengunjungi kambing buat qurban yang udah dibeli oleh bokap gue , dan langsung pulang kerumah untuk makan , karena perut gue menari nari semenjak shalat tadi.Udah selesai makan , Nah , waktu gue perjalanan pulang kerumah , gue sempat kaget . Gue kaget ,soalnya di simpang lampu merah , ada masjid juga disana dan rata rata jemaahnya shalat sambil dialasin koran.Gue bukan kaget , karena dialasin koran .Gue kaget karena seusai shalat , mereka enggak mau membrsihkan koran yang mereka udah bawa. Ya setidaknya diambil kemudian dibuang ke tempat sampah.Kadang disinilah kelakuan mereka terkadang liar, jangan mentang mentang hari raya agama , mereka bisa seenaknya aja membiarkan koran yang mereka bawa berserakan dijalan raya.

Gue bukannya apa apa atau pake segala sok bersih , bukan ! maksud gue , berani tanggung jawab ! udah itu aja.Kan enggak enak dilihat , hari raya besar massa sampah berserakan dijalan raya ? kadang disini lah letak emosi gue gampang meledak , mau berkata kasar tapi buat apa juga ? toh udah kejadian kan ? "huuh". Gue juga dapat berita mengenaskan waktu idul adha kemarin , gue dapat berita itu dari grup facebook di Samarnda.Jadi , ada orang yang ingin pergi ke masjid buat melaksanakan salat ied , saat itu mungkin jalan dalam kondisi sepi ya ? ada bapak bapak yang menghindar dari ibu ibu karena si ibu tersebut menerobos lampu merah ! . Yang salah siapa coba ? yang nerobos lampu merah siapa ? dan yang jadi korban siapa ? tapi , iBu tersebut dengan santainya terus berjalan mengendarai sepeda motornya seperti tanpa dosa sedikitpun.Sementara orang yang berusaha menghindar terjungkal dari motor nya , karena ulah si ibu yang menerobos lampu merah.

"Gue GERAM !!!"

                                                   


gue sempetin dikit buat online ,lalu 1 jam kemudian balik lagi ke masjid tadi buat pemotongan hewan qurban.Yang pertama d sembelih adalah sapi duluan , karena kalo diliat kayaknya sapi paling ribet ya ? hemm waktu pertama gue enggak berani ngeliat karena kebayang aja gitu , tapi lama kelamaan , akhirnya gue pengen nge liat juga :D.Enggak lama kemudian , peyembelihan kambing pun tiba . Dan kambing yang diqurbankan oleh keluarga gue mendapat nomor urut  7 & 8 . Saat penyembelihan , kambing yang diqurbankan oleh keluarga gue , bokap gue turut membantu para pengurus penyembelihan ( kalo gue cuma asik potrat potret aja ) buat mengabadikan moment.

                         
                    

"Allahuakbar Allahuakbar , Allahuakbar . Laillahaillallahuallahhuakbar.Allahuakbarwalillah hilham" ucap gue sambil bergetar bibir gue saat penyembelihan kambing.

Kambing no urut  udah selesai dan siap dibawa ke tempat pemotongan. Selanjutnya kambing nomor 8 .

"Allahuakbar Allahuakbar , Allahuakbar . Laillahaillallahuallahhuakbar.Allahuakbarwalillah hilham" ucap gue sambil bergetar bibir gue saat penyembelihan kambing.

                            


Dan alhamdulillah , kambing yang keluarga gue qurbain sudah disembelih dan tinggal di potong potong dan di timbang . Dan gue pun segera beranjak ke tempat yang buat ngegantung kambing ( gak tau namanya ) yang jelas buat mengupas bulu kambing itu.

                              


Gue sempat tertegun ketika melihat kepala sapi yang tergeletak disamping gue.

"Kayaknya bagus kalo buat topeng " 

Itu kata kata pertama yang ada dalam otak gue ini. Gimana jadinya ya , kalo kepala sapi di buat topeng ? ha ha ha . Tapi , katanya kepala sapi itu enak ya ? by the way , gue belum pernah nyoba.Beberapa saat kemudian juga , ada sekelompok pengurus yang kewalahan saat membawa 1 ekor sapi , dan sepertinya memang sapi yang dibawa tersebut adalah sapi yang memiliki bobot yang  berat dan besar.Jadi ,saat dibawa ada 1 orang bapak bapak yang terjatuh saat membawa sapi tersebut ke pemotongan.

                                


Dan gue pun udah mulai bosan setelah berlama lama melihat penyembelihan sapi qurban , dan matahari juga udah naik condong ke atas kepala . Jadi , gue langsung pulang kerumah untuk siap siap nonton WARKOP DKI REBORN : JANGRIK BOSS ! di XXI .










26 komentar:

  1. Aku paling nggak bisa deh liat hewan pas disembelih. Nggak tau kenapa, rasanya nggak tega banget. Jangankan pas disembelihnya. Pas udah diiket siap-siap mau disembelih aja aku udah kepengin nangis. Muka sapi dan kambingnya tuh suka sedih gitu. Mungkin udah pasrah kali ya buat dikurbanin.

    Tapi salut deh sama kamu karena berani liat penyembelihan bahkan sampe mau ngejadiin kepala sapi sebagai topeng. Errr-__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasrat orang beda beda kali ya ? gue juga kalo awal awal ngeliat itu rasanya enggak mau nge liat kasian gimana gitu . Tapi lama lama , karena saking penasarannya ya udah deh liat aja :D

      Delete
  2. Hmmmm.....kalo gue sih, qurban disekolah, berjalan dengan lancar, nah terus setiap kelas dapat bagian kambing, iya jadi kita orang bakar sate eh.....nyate disekolah.

    By the way, lo idul adha tahun ini gregetan iya? Klo gue sih, biasa2 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gue juga . Di SMA gue juga ngadain qurban , dagingnya dimakan bareng ( udah dimasak ) di sekolah .

      Delete
  3. Wah... Selamat ya udah bisa berbagi dengan sesama,bisa korban kambing.semiga menjadi berkah buat keluarga kamu...

    ReplyDelete
  4. Orang2 yg solat di jalan raya/lapangan pake alas koran itu kadang emang kampret sih. Korannya gak diberesin dan di buang ke tong sampah. Giliran banjir gara2 sampah baru deh protes2 ke pemerintah :))

    Alhamdulillah keluarga lo bisa kurban. Semoga berkah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. AMIIN ...

      Iya , disitu gue jengkel banget dah . Giliran banjir , pemerintah yang disalahin .

      Delete
  5. Harokah barokah mas minal aidin wal faidzin semoga Qurbannya diterima

    ReplyDelete
  6. Hmm.. apalagi dijakarta nih, bener2 kesadarannya tuh kurang, bener katalo juga sih, gak bertanggung jawab gitu, tapi gue sih gak suuzon juga sih, siapa tau, dia lupa bawa balik koranya, kan siapa tau, yakan Hehe..

    Selamat bro udah kurban juga, semoga barokah tuh kambingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin :D ..

      Hemm , gak mungkin deh kayaknya kalo kelupaan . Mustahil banget padahal kan dia pasti ngeliat tuh korannya.

      Delete
  7. Selamat hari raya idul adha. Kemarin aku malah ketinggalan sholad ied. Hiks. Alhamdulillah keluarga kamu bisa kurban. Semoga tahun depan kamu, aku dan teman2 blogger energy bisa kurban ya. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin :D , waduh kok bisa ketinggalan ? gimana ceritanya tuh ?

      Delete
  8. Wah-wah... Selamat atas Kurbannya. Semoga diterima oleh Allah dan dimudahkan rezekinya. Amin...

    Kemaren, pas pemotongan, gue baru kemaren juga gak dateng di Penyembelihan, karena kondisi gue masih sakit. Jadi, gue memutuskan untuk di rumah aja. Daripada kambuh lagi.

    Lagian, waktu itu juga hujan.. Tapi, alhamdulillah, tetep bisa merasakan nikmatnya daging Kurban. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. AMIIN :D

      alhamdulillah deh , by the way sakit apa nih ?

      Delete
  9. Gw juga stuju sih, ksadaran msyarakat klo sesudah sholat hrus mmbuang korannya itu hrus dibangun, ksian pngurus masjidnya. Kt tdak bisa mnyerahkan smpah dri ulah kita sndiri ke pngurus masjid.

    Bdw, ide bgus juga tuh jun buat jadiin kepalanya jdi topeng. Gw kmarin qurban sapi dn ide jenius gw adalah mengambil telurnya (you know lah telur apaan) buat di transplantasi ke t*tit adek gw krna katanya tlur sapi itu kuat, bisa ngangkat barbel 7 kilo. Slagi tidak dcoba, siapa yg tau kan?

    Bdw, ini knjungan prtama gw ksini wi', slam kenal ya :) smoga bisa mnjalin hbungan yg baik antar sesama blogger,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal :) , busyeet sapi ada telurnya ???? #gagalpaham.

      Delete
  10. selamat hari raya idul adha gan,
    kayaknya gue telat ngucapinya ya tapi ga apa-apa deh.

    hebat gan keluarga agan sudah bisa qurban kambing,
    moga tahun depan agan bisa qurban dengan uang agan sendiri ya, bukan uang bapak ehek

    Masalah koran berterbangan abis solat ied emang sudah bukan rahasia umum lagi gan, dimana-mana kebanyakan kayak gitu. pada ga tau diri gan.

    btw, kenapa sampah koranya ga di foto gan, siapa tau bisa menggetarkan jiwa-jiwa siapa saja yang melihatnya gan.

    ReplyDelete
  11. selamat hari raya idul adha gan,
    kayaknya gue telat ngucapinya ya tapi ga apa-apa deh.

    hebat gan keluarga agan sudah bisa qurban kambing,
    moga tahun depan agan bisa qurban dengan uang agan sendiri ya, bukan uang bapak ehek

    Masalah koran berterbangan abis solat ied emang sudah bukan rahasia umum lagi gan, dimana-mana kebanyakan kayak gitu. pada ga tau diri gan.

    btw, kenapa sampah koranya ga di foto gan, siapa tau bisa menggetarkan jiwa-jiwa siapa saja yang melihatnya gan.

    ReplyDelete
  12. hahaha tapi entah kenapa ya, setiap ingin mendengarkan ceramah dari ustad bawaannya ngantuk mulu, astagfirllah godaan setannya kuat banget, kalau sudah seperti itu banyak2 dzikir aja kali ya :D

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah yaa tahun ini bisa qurban dua ekor kambing. Btw, kambing kamu yang sebelah kanan itu lucu banget warnanya haha.

    Samaaa, aku juga kalau dengerin kutbah pasti ngantuk. Entah kenapa. tapi kalau kutbahnya topiknya seru sih aku bakalan pantengin terus hehe.

    kasihan banget ya itu yang terjungkal dari motor, semoga ibu-ibu yang nerobos itu bisa kapok lah dari perbuatannya.

    ReplyDelete
  14. Kadang suka kasian kalo liat langusng penyembelihan hewan qurban ga tega gimana

    salam dr blogger ala2

    ReplyDelete
  15. Saya sih ngeri liat sapi di potong..
    Kalau ngeliat ke matanya kayak ngeliat mereka nangis gitu.. Jadi bawaannya kan gak tega juga..

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah ya, bisa berkurban. semoga tahun depan aku bisa. Hehe.

    Bagus banget poin untuk koran itu. Kesadaran masyarakat akan kebersihan yang jadi tanggung jawab bersama itu masih kurang banget. tinggal atau buang sampah di sembarang tempat, gak peduli bakal diambil atau menumpuk di sana.

    Maaf ya, kemarin itu aku nyoba komentar, tapi kok eror. Ini kuulang lagi.

    Semoga kita menjadi lebih baik ya.

    ReplyDelete

Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca . Jangan lupa untuk meninggalkan komentar yang sopan santun . Untuk menghindari komentar SPAM yang masuk , komentar kalian akan gue seleksi terlebih dahulu kemudian gue publikasikan .

Salam , Arjuna Rafi (coganarab_ )

 

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

FANSPAGE FACEBOOK

PELANGGAN

Translate

JUMLAH PEMBACA

PENULIS

Halo! gue Arjun, penulis blog arjunarafi.com . Blog ini udah dibuat sejak 2015 silam, awalnya sebagai media untuk mempublikasikan tulisan-tulisan yang gue buat.

Apa aja yang gue tulis di arjunarafi.com ? sebagian besar tulisan gue untuk sharing pengalaman gue, yang juga dibarengi dengan berbagai topik sosial, hingga review apapun.

By the way, kalo lo ada saran apapun yang harus gue review, atau melakukan kerja sama bisa kontak gue di Rafisyauqie@gmail.com.

Cheers.