Adventureraf : Trip to kota raja

Hai what's up my friends , welcome to my blog ...

Sebenernya ini catatan gue yang udah tertunda lama banget ya sekitar beberapa bulan yang lalu, gue mengunjungi salah satu kota yang terletak di pulau Kalimantan yang terkenal dengan jembatannya dan juga terkenal oleh kebudayaannya yang telah menyebar luas dan dikenal oleh masyarakat asing ( turis ). Jadi gue kesana berencana untuk berlibur , sekaligus keliling kota itu terutama untuk me refresh otak gue yang mungkin udah terlalu melilit karena banyak berfikir tentang matematika.



Kota yang gue maksud adalah "Kutai Kartanegara" atau yang terkenal dengan sebutan TENGGARONG. Pasti buat kalian yang pecinta bola tau club sepak bola bernama "Mitra Kukar" kan ? ya itulah club yang berasal dari kota Tenggarong ini.Mungkin kalian pernah mendengar tragedi jembatan di Kutai Kartanegara yang sempat ,menghebohkan Indonesia dan sekitarnya karena runtuh sehingga banyak memakan korban jiwa.Maka dari itu , waktu gue berlibur kesana gue menggunakan kapal ferry karena jembatan tersebut masih dalam tahap perbaikan.

memasuki kapal ferri. 

Saat jembatan masih dalam proses perbaikan.


Karena berhubung gue kesana naik ferry , mau gak mau harus mengantri dengan kendaraan yang lain dengan tujuan yang sama sehingga memakan waktu kira kira 30 menit untuk menunggu ferry selanjutnya.Sementara dalam perjalanan di kapal , itu memakan waktu kira kira 30 - 45 menit.Cukup memakan waktu yang sangat lama bagi gue yang udah pengen banget berlibur.Setelah sampai , mobil yang gue naikkin langsung turun satu per satu dari dalam kapal.Bener bener perjuangan yang penuh dengan antrian.

Perjalanan di kota tenggarong pun berlangsung .Mula mula , gue dan keluarga mengelilingi kota raja tersebut.Berbagai nuansa alam kita lihat dan tidak lupa mengabadikan moment tersebut.Perjalanan terus berlangsung hingga ke tempat tujuan yang dimaksud.

Kemudian gue melanjutkan untuk melihat museum mulawarman yang terletak di seberang sungai mahakam,sekaligus mengenal sejarah lebih jauh tentang masa pemerintahan kota Tenggarong tersebut.Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan mengunjungi planetarium.Sebelumnya gue belum pernah pergi ke planetarium ( cuma sekedar melihat aja waktu di jakarta ) . Karena gue penasaran,berhubung disana ada pertunjukan seperti bioskop gue langsung membeli tiket dan menonton film tentang "Galileo"yang berhasil membuat penemuan besar.

Video menyebrang di jembatan REPO REPO.



Perjalanan di lanjutkan dengan berkunjung ke pulau kumala dengan menyeberangi sungai mahakam lewat jembatan menju pulau tersebut dengan berjalan kaki .Jembatan yang digunakan untuk menyeberangi sungai mahakam menuju pulau kumala diberi nama jembatan "REPO REPO">.Walaupun lama tetapi itu seru juga , apalagi kalo yang doyan sama foto foto udah pasti enggak melewatkan momen ini.Di pulau kumala juga enggak kalah view nya . Banyak tempat tempat disana yang asik buat foto foto , disana juga terdapat patung "lembuswana" , konon katanya itu adalah hewan sebagai kendaraan raja kutai kartanegara.

pulau kumala terletak ditengah sungai mahakam.


Museum mulawarman : patung lembuswana.

Kutai kartanegara emang masih banyak menyimpan sejarah dan keunikannya.Itu yang membuat gue takjub dan semangat buat hunting hunting.Selain itu disana juga banyak terdapat tempat wisata yang enggak kalah seru , dan iutu bakal gue tulis di artikel selanjutnya.

"Perjalanan mengunjungi "kota raja" ini sebenarnya enggak gue lakukan dalam waktu sehari.Jadi gue udah beberapa kali mengunjungi kota ini , untuk tempat tempat yang udah gue kunjungi , itu juga gue ambil dari beberapa perjalanan gue kesini".

 sumber gambar :

- www.kidnesia.com

- nationalgeographic.co.id

69 komentar:

  1. Gue ko baru denger ada tempat namanya tenggarong ya.
    tapi kalo liat tulisan Balok Tengarong e gitu rasanya jadi pengen nyelpi disono.

    btw lo baru ngevlog ? saling subscribe mau ga ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masa baru dengar ? mungkin terkenal nya Kutai Kartanegara kali ya ?

      Yoi , gue baru nge vlog . btw ini udh lama vlog nya cuma baru sempat di posting di sini .

      Delete
  2. Huwaaaa video yang pas jalan di Jembatan Repo Repo ngasih pemandangan yang asik banget. Jembatannya di cat kuning gitu ya. Demi apa aku kalo ke sana pasti bawaannya pengen motret bangeeetttttt.

    oh ya, btw, kalo ingat kata Tenggarong, yang aku ingat malah komik Webtoon My Pre Wedding lho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya ada makna tersendiri di balik warna kuning dari jembatan tersebut :)

      Delete
  3. Nama jembatanny aku suka, repo-repo. Ada artinya g? Bahasa daerah kah?

    Indonesia ini kalau dijelajah g bakal abis dalam kurun waktu setahun. 34 provinsi dengan beratus2 budaya di dalamnya. Buset.. Seumur hidup g bakal selesai tuh.
    Oh ya, patung lembuswana ada ceritanya g? Itu patungnya mirip sama patung2 di thailand

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya repo repo merupakan nama bahasa daerah disana. By the way , konon katanya lembuswana itu hewan kendaraan raja kutai kartanegara . Dia itu bersayap tapi bukan burung , ada belalai tapi bukan gajah , bersisik tapi bukan ikan.

      Delete
    2. Jadi legendanya lembuswana ini kendaraan raja ya? Kamu kapan-kapan bikin postingan tentang lembuswana dong, aku suka sama legenda-legenda gini.

      Delete
  4. Nama Tenggarong masih asing sih di telinga gue, kalo Kutai kartanegara sempet pernah baca di buku sejarah, hehe, yang familiar di telinga gue itu klub bola Mitra kukar, hehehe..

    Asik banget kayaknya ngetrip kesana. btw, itu pulau Kumalanya unik, bisa ada di tengah-tengah sungai Mahakam, ditambah ada jembatannya lagi, jadi pengen juga ngetrip kesana sambil jeprat-jepret, hahaha. kayaknya juga banyak spot-spot yang instagram-able disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang , kata tenggarong masih asing ditelinga pulau luar kalimantan.Tapi kalo klub bola mitra kukar , pasti pada tau dong :D

      Delete
  5. Bener banget, setelah membaca kata Tenggarong yang langsung terlintas pertama adalah klub Mitra Kukar hahaha.

    Tempatnya asik banget sih kayaknya buat foto-foto, moga aja nanti ada kesempatan buat jalan-jalan ke sana.

    ReplyDelete
  6. Gue kira tanggerang, eh tanggarong..
    tapi bagus pemandangannya itu bang..

    salam kenal ya, ditunggu kunjungan baliknya ..

    ReplyDelete
  7. Wah ini deket sama kerajaan kutai kali ya? soalnya deket sama sungai mahakam. Jadi inget pelajaran sejarah deh.

    Pasti pemandangan disitu sangat memanjakan mata deh. Aku juga baru denger nama jembatan ini, kalau tim mitra kukarnya mah udah tau dari lama~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener , disinilah letaknya kerajaan kutai :D

      Delete
  8. Mas, aku juga baru kali ini denger tempat namanya Tenggarong. Ini aku yang kudet apa gimana ya hehe. Maafin ._.

    Tapi kalo Kutai Kartanegaranya sih sering denger. Suka ada di pelajaran Sejarah kan yah.

    Bagus deh pemandangannya. Semoga suatu saat bisa travelling kesana, bosen jalan jalan di Jawa mulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha .. malah gue yang bosen tarvelling diwilayah sini sini aja . mau nyoba travelling ke daerah jawa .Kita kebalikan :v

      Delete
  9. Serius. Gue juga baru tau, nih. Ada nama tempat TEnggarong gini? keknya... tempatnya bagus buat foto2. hahaha. Buat image pamer aja, sih. :D

    Jadi pengen ke situ, nih. Duh... Apalagi tempatnya banyak banget nyimpe sejarah yang bisa dibahas. Kan lumayan buat nambah konten blog. :)

    Mudah-mudahan bisa ke situ, deh. :D Makasih infonya. :)

    ReplyDelete
  10. Waduuh, asiknya bisa berlibur kesana. udah gitu perjalanannya make kapal feri juga, pasti pemandangan laut, semilir angin, suara cipratan airnya membuat pengalaman yang luar biasa ya.

    aku ngenvy banget pas lihat video kamu yang nyeberang di jembatan Repo-repo. bagus banget pemandangannya. di Surabaya kayaknya nggak ada deh jembatan kayak gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan laut mas Reyza , tapi sungai . Ha ha ha , sekilas emang mirip laut ya .. sungai nya gede + panjang soalnya ...

      Delete
    2. Oh, sungai yaa haha. iya, kukira laut, habis luas banget gitu. kalau sungai kan biasanya nggak terlalu lebar tapi panjang.

      Delete
  11. Woh pulau Kumala keren bener, asik nih klo tinggal di situ.
    eh tp klo sungainya banjir ntar pulau nya gmn yah -_-

    Mulawarman itu nama raja Kutai kah? Saya suka kebalik antara raja Mulawarman ama Purnawarman. Namanya mirip, saya curiga kalau mereka ada hubungan darah :3

    Video mantep uy, jd saya ada gambaran ttng jembatan nya, hehe tp serem jg klo lg nyebrang trus ada angin kencang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Yang lebih uniknya lagi tempat tersebut terletak di tengah sungai ...

      Delete
  12. Btw, Museum Mulawarman itu isinya apa aja ya? Jadi penasaran banget aku. Dari dulu kepengin banget bisa keliling Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget .Terutama sejarah sejarah di kota Tenggarong ini . Kerenn euuy... :D

      Delete
  13. Waah pengen nyobain ke pulau kumala. Kayanya indah banget.
    Asyik ya kalo di daerah sendiri ada tempat wisata + museum nya. Kalo tempat ane cuma tempat wisata yg agak mendingan itu pemandian air panas. Kalo mau ke museum harus ke Bandung -,-
    Nice post :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah by the way , ini bukan di daerah sendiri he he he .. gue disini cuma merantau aja :D nuntut ilmu .

      Delete
  14. Bro unik banget tuh, pulau ditengah sungai, sungai mahakam lagi, itu juga lo fotonya keren bro angelnya pas, asek lah, hehehe..

    Jembatanya juga unik, namanya repo gue kira motor. Haduh, penasaran ama video lo bro, tapi kuota ku sekarat, gak jadi deh.

    Katanya ada yang seru lagi, ditunggu lah postingan selanjutnya, hehe..

    ReplyDelete
  15. Belakangan banyak blogger yang bahas keindahan pulau Kalimantan yaak

    Btw Tenggarong kan daerah paling tinggi APBD-nya kalo gak salah, pantes deh pembangunan di daerah itu pesat banget. Dari foto-foto itu aja keliatan Tenggarong itu megah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Don.Cuma kalo masalah APBD gue kurang tau yang pasti tempatnya asik lah :D

      Delete
  16. keren ya pulaunya. itu pulau buatan atau emang alami ya kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue kurang tau itu alami apa enggak , yang pasti itu unik banget :0 , yang bikin unik itu ada daratan di tengah sungai yang luas :D ha ha ha

      Delete
  17. Gue cuma tau Mitra Kukar itu club bola yang kaya, karena pemainnya banyak yang bagus. Beda banget sama PSPS Pekanbaru, walaupun Riau terlihat kaya, tapi gak ada yang bisnis bola. Semuanya lari ke sawit, jadinya hutan selalu dibakar tiap tahun.

    Gue mau ngasi saran sih, di sebutkan aja Kalimantan bagian mananya, misalnya kalimantan barat, supaya blogger lain semakin jelas mau ke sana. Kalo gue bilang gunung kerinci di pulau sumatera, masih membingungkan. Coba gue bilang gunung kerinci Jambi, bisa jadi Jambi kedatangan pendaki baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih koreksi nya yu ! ha ha ha jadi lupa gue nya ...

      di Kalimantan Timur :D

      Delete
  18. naik kapal feri sampai sana bayarnya berapa gan ?

    ReplyDelete
  19. Wiiiiiiih seru jalan-jalannya. Pengen ke sana... Seumur-umur hidup tinggal di indonesia, belum pernah ke Kalimantan. Ya ampun, sedih amat hidup gua lah..

    ReplyDelete
  20. terakhir ke tenggarong itu desember 2015, tapi cuma sempet mampir ke LADAYA doang, ke museum temen2 gue pada gak mau, apalagi planetarium. Penasaran sama pulau kumalanya gimana sekarang, terakhir ke sana pas kelas 6 SD dan katanya sempet gak aktif kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ! soalnya waktu itu masih dalam proses pembangunan jembatan menuju ke kumala nya .Tapi sekarang udah banyak yang kesana kok !.

      By the way , malah gue belum pernah ke LADAYA . Makanya enggak gue tulis disini . Ada rencana , mau buat artikel khusus untuk trip ke LADAYA nya .

      Delete
  21. Fix, aku anak rumahan. Gak pernah yang namanya ngetrip sana sini. Di pulau Sumbawa tempat aku tinggal, aku sendiri gak tau tempat wisata yang bagus.
    Jadi, maafkan aku baru dengar yang namanya "Tenggarong"

    ReplyDelete
  22. Tenggareng di pulau Kalimantan ya? :') so far away from my place :(
    Aku jatuh hati liatnya, apalagi pulau kumalanya. Kayak ngebelah sungai gitu. Kira-kira luasnya pulau kumala berapa ya? :'D *lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. TENGGARONG yaa bukan TENGGARENG :D .

      Busyeet , malah nanya luasnya , yang penting luasss banget :D

      Delete
  23. Tenggarong yang di deket samarinda itu bukan? kayaknya gue pernah lihat di map.

    btw, disitu ada kisah sejarahnya nggk?, kayak sungai musi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ADA !!! justru disini banyak banget cerita sejarah nya .

      Delete
    2. oooiya disana juga sering nggk ngadain festifal-festifal gitu?

      Delete
  24. Iya nih aku juga baru denger nama Tenggarong, kalo kamu ga bilang Kutai kartanegara mungkin aku gatau bahkan di pulau apa kota tenggarong ini hehehe
    coba kalo deket, sayangnya jauh gitu jadi sepertinya sulit untuk bisa menggapai tempat itu *halah wkwkw

    ReplyDelete
  25. njir, jadi pengen kesana nih :'
    penasaran sama pulau yang ditengah sungai.
    btw, buat nyebrangnya bayar berapa bro?

    ReplyDelete
  26. Kerajaan yang jaya zaman dulu nih kutai. cuma gue baru tau kalo itu di kalimantan. ahaha. kalo Mitra Kukar mah gw tau... yang menang bola kemaren itu kan.

    ini ditengah kota ya kebelah sungai gitu? keren banget.. kayak di luar negeri gitu.

    ReplyDelete
  27. Peninggalan purbakala Kerajaan Kutai masih ada di sana?

    ReplyDelete
  28. Aku penasaran sama pulau kumala itu, keren banget dan keliatan mungil gitu malah lebih gede sungai di sekelilingnya.
    Klo mau ke pulau itu nyebrangnya dari mana ya? Trus klo yg aku liat di foto, pulau itu agak rendah ya, gak terlalu tinggi tanahnya. Ngeri klo air sungai lagi meluap huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada jembatannya kok , kalo mau kesana . Hemm menurut gue sih standar aja pulau nya , gak terlalu rendah gitu .

      Delete
  29. Jadi pengin ke pulau kumala. kayaknya asyik tuh. Udah lama banget aku gak ngerasain berlibur, tiap hari cuma di sini-sini aja. Semoga tiket kesitunya gak mahal ya biar bisa nyobain berlibur kesana. haha

    ReplyDelete
  30. Sebagai orang Indonesia, saya sebenarnya malu karena sampai sekarang belum pernah pergi ke pulau lain selain Jawa dan Bali. Jadi ya kalo melihat foto-foto seperti di atas, rasanya kayak melihat foto-foto tempat di luar negeri gitu, hahaha. Betapa indahnya negeri kita ya...

    ReplyDelete
  31. Tenggarong? Kok baru tahu ya, gue? Hahaha. Mungkin emang guenya yg kurang informasi.
    Btw, seperti yang kamu ceritakan, sepertinya Tenggarong memang asik dan menarik untuk dikunjungi.

    Well, this gonna be my next trip destination. (gaya)

    ReplyDelete
  32. kalau dengar kata tenggarong atau kutaikarta negara, ang pertama gue inget emang pasti mitra kukar. hahaha.. gue inget stadionnya tuh yang namanya aji imbut kalau nggak salah yak? terus beberapa tahun yang lalu kabarnya si mitra kukar mau beli sevchenko gilee

    ReplyDelete
  33. tenggarong itu yang ada stadionnya itu yak? pernah denger aku mah. anak bal balan pasti tauu

    ReplyDelete
  34. Baru denger nama Tenggarong, abis itu browsing dn jadi berminat buat ngetrip kesana. Kalo bawa temen ikut kesana pasti udah selfie sampe ratusan foto pas lagi dijembatan tuh, apalagi pas di museum Mulawarman. Sayangnya disini gak dibahas isi museumnya, padahal saya penasaran..

    ReplyDelete
  35. Belum pernah kesana sih, tapi wisata yang ada gak kalah sama kota lain. Pulau kumalanya unik, kayak pulau palm yang ada di dubai, cuma beda bentuknya

    ReplyDelete
  36. ternyata banyak yang belum pernah denger nama Tenggarong ya. Aku taunya tenggarong malah dari cerpen. Kayaknya karyanya seno, tapi lupa judulnya soalnya bukunya juga udah ilang. Ternyata aslinya keren banget ya.

    ReplyDelete
  37. Kutai Kertanegara jadi inget sama pelajaran Ips hehehe
    aku salut deh dan pengin banget mengunjungi tempat2 besejarah gitu kayak km

    ReplyDelete
  38. waaah, udah lama nggak piknik gue jadi pingin piknik lagi nih...tapi itu bukannya nama kerajaaan bukan?? hehehe

    ReplyDelete

Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca . Jangan lupa untuk meninggalkan komentar yang sopan santun . Untuk menghindari komentar SPAM yang masuk , komentar kalian akan gue seleksi terlebih dahulu kemudian gue publikasikan .

Salam , Arjuna Rafi (coganarab_ )

 

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

FANSPAGE FACEBOOK

PELANGGAN

Translate

JUMLAH PEMBACA

PENULIS

Halo! gue Arjun, penulis blog arjunarafi.com . Blog ini udah dibuat sejak 2015 silam, awalnya sebagai media untuk mempublikasikan tulisan-tulisan yang gue buat.

Apa aja yang gue tulis di arjunarafi.com ? sebagian besar tulisan gue untuk sharing pengalaman gue, yang juga dibarengi dengan berbagai topik sosial, hingga review apapun.

By the way, kalo lo ada saran apapun yang harus gue review, atau melakukan kerja sama bisa kontak gue di Rafisyauqie@gmail.com.

Cheers.