Mengunjungi pameran kaltim expo 2016

Hai what's up my friends , welcome to my blog...

Kemarin tanggal 27 Agustus 2016 , gue mengunjungi pameran kaltim expo yang diadakan setiap 1 tahun sekali.Pameran ini , diadakan selama seminggu , yaitu dari tanggal 22 - 28 Agustus 2016 tepatnya di gor sempaja , Samarinda ( Kalimantan Timur ).Waktu gue kesana , banyak banget orang yang mejual manik manik dari kalimantan . Mungkin kalian semua pada tau ya , kalo kalimantan memiliki banyak sumber daya alam dan memiliki banyak kerajinan kerajinan yang terkenal luas hingga ke mancanegara.



Jujur gue takjub waktu ngeliat berbagai manik manik tersebut . Ada juga orang yang berpakaian adat dayak , menurut gue itu sangat unik banget dan benar benar kreatif . Berhubung gue kesana pas banget sama malam minggu , enggak heran kalo banyak manusia yang pergi kesana termasuk gue.Banyak hal yang gue pelajari mulai dari ciri khas budaya itu , cara mebuat manik manik , sampai gue benar benar mengerti dan banyak juga pengusaha pengusaha yang menjajakan dan mempromosikan barang barang mereka seperti amplang ( kerupuk khas Samarinda ) , Mahuka ( madu asli kalimantan ) , dll.

foto diambil di GOOGLE.


Ada satu tempat yang membuat gue menjadi lebih takjub lagi. Gue ngeliat ada orang yang menjual manik manik dari kulit biawak dan kulit kambing yang dikenal dengan nama "Seniman Gila".

tas yang terbuat dari kulit kambing dilengkapi dengan manik manik dan taring babi asli kalimantan.


"woow" kata gue sambil bibir gue monyong.

Karena rasa penasaran gue , akhirnya gue pun membeli manik tersebut berupa gantungan kunci dan dompet dari kulit biawak dan kulit kambing yang dibawa langsung dari kota Makassar.

manik manik yang terbuat dari kulit.


"Lumayan , kan disekolah mungkin cuma gue aja yang punya" kata gue dengan wajah sombong.

Setelah itu , gue juga ngeliat berbagai tarian yang disajikan khas kalimantan untuk para pengunjung yang datang.Ribuan orang mengunjungi acara ini dengan dengan tertib dan dengan suasana yang meriah.Ini bukan pertama kali nya gue kesini , setiap tahun gue pasti selalu datang ke event ini karena gue mau belajar lebih jauh lagi budaya budaya yang ada di benua etam ini.

Selain ada tarian dan dan manik manik yang unik , acara ini juga disuguhkan dengan berbagai makanan dan minuman yang unik mulai dari kemasan hingga ide dari tema makanan dan minuman tersebut dan juga dipadukan dengan souvenir souvenir unik. Disana juga terdapat program pemerintahan untuk membangun kalimantan timur khususnya untuk kedepannya.
dompet dan gantungan kunci yang gue beli terbuat dari kulit kambing dan kulit biawak.

Banyak banget yang gue liat dari pameran kaltim expo tersebut dan yang udah enggak asing dari mata gue adalah "SPG ROKOK" udah kebayang dibenak gue , pasti ada spg rokok yang menawarkan kita kita para kaum adam ini , spg oh spg sayangnya gue enggak ngerokok.

"ANAK SMA ENGGAK NGEROKOK"

 Btw , rokok enggak kalah saing loh ! :D ha ha ha . Acara tersebut juga dimeriahkan dengan didatangkannya ustad ahmad al habsyi dan grup band ibu kota yaitu "REPVBLIK" , sebenernya kan "REPUBLIK" tapi gue ngikut huruf aslinya aja ya ?. Huuh " , acara pameran yang bener bener meriah dan terkesan mewah membuat gue betah disana ya tapi harus nunggu satu tahun lagi .

"COMING SOON ! KALTIM EXPO 2017"





21 komentar:

  1. Barusan aku baca blog sebelah tetang Kaltim expo ini, memang meriah sih. Sayang jauuuh hehehe
    IIhh itu beneran kulit biawak yg dijadikan manik2 dan aksesoris? apa gak kasihan sama biawaknya aduuuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ternyata udah baca ya ? ayo kapan kapan mampir ke sini ...

      Delete
  2. Kenapa gue fokus sama amplang ya. Muehehehe. Rasanya apa itu kerupuk samarinda? \:9/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kayak kerupuk biasa.Tapi biasanya didominankan denga ikan tenggiri.

      Delete
  3. Itu beneran dibuat dari kulit kambing. Emang gak bau ya? Hahaha. Kan gak lucu aja, pas dipamerin ke temen-temen, rupanya dompetnya masih bau kambing. :D

    Saran aja, sih, coba dieksplore semua standnya, atau ditampilan foto-foto dari stand gitu, biar makin tau pembacanya. Nah, kalo gitukan, pembaca yg mungkin orang Samarinda bisa penasaran karena melihat banyak stand dan kalo perlu dijelasin dikit-dikit standnya konsepnya gimana.

    Alhamdulillah acaranya udah selesai. Semoga tahun depan bisa review lagi, ya. Biar tau apa aja yg dipamerkan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hemm sebenernya itu dompet nya udah dikasih pewangi gitu.Jadi , ya biasa aja sih hehehe , enggak ada bau bau gitu.

      Oke , makasih sarannya pange :D

      Delete
  4. Kalimantan memang memiliki ragam kebudayaan yang unik. Mulai dari pakaian, aksesoris dan lainnya.

    Dan beruntung kamu bisa lihat pameran kebudayaan itu. Keputusan yang bagus untuk beli dompet dan gantungan kunci. Duh sayang, untuk kain tenun kalimantan nggak ada? Itu bisa jadi satu postingan tersendiri loh.

    Kapan lagi ada pameran itu? kayaknya pingin lihat aku. Itu pameran satu tahun sekali kaan? Wah bolehlah kasih tau lagi kalau ada pameran seperti itu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap bener ! by the way , itu diadakan setiap setahun sekali . Ada juga expo seperti ini juga namanya "kaltim fair" itu juga enggak kalah rame .

      Kalo kain tenun samarinda , kalo gak salah itu nama nya "sarung samarinda'.

      Delete
  5. Itu taring babinya sangar abis :))

    Gue malah baru tau ada expo2 beginian di samarinda. Semoga kapan2 ini mampir juga ke balikpapan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seriusan baru tau ? wah wah padahal udah sering diadain di Samarinda tiap tahun.

      Semoga di Balikpapan juga diselenggarakan ...

      Delete
  6. keren juga ya itu, banyak banget ragam budayanya, nah, pameran yang begini, ada juga dijakarta namanya JiEXPO, hampir sama kek gini, cuman gak terlalu tradisional sih, tapi ya lumayanlah, jarang juga ada pameran kebudayaan kek bigini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah denger yang nama nya JIEXPO gitu. btw , itu juga diadakan tiap tahun ?.

      Delete
  7. keren bang tanya ? bisa dikirim satu nggak. Di tempat gue juga ada expo semacam itu, mendatangkan kerajinan dari berbagai provinsi.

    Rasanya emang tradisional banget, banyak sejarahnya, tapi tetep seru buat didatengi sama anak-anak muda.

    kapan kapan semoga aja bisa main ke samarinda, dateng ke expo disana. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener , itung itung sambi;l nge refresh otak juga gue kesana.

      yoi , ditunggu bro ke sini ya ...

      Delete
  8. Selama sekolah dulu, gue nggak pernah nih datang ketempat beginian, nggak tau kenapa, teman2 gue juga ga ada yg mau ngajak, ehh sekalinya datang disuruh jaga stand sekolah, bajigur.

    Samarinda gaul euy, manteb

    ReplyDelete
    Replies
    1. TJAKEP ! banyak juga disana yang ya bisa dibilang promo sekolahnya . Tapi bagus juga menurut gue .

      Delete
  9. Kaltim... Jauh yah kalo dari bekasi. Ahaha..

    ReplyDelete
  10. ada kerjaninan tas dari kulit bekas sunat nggak Raf?
    kalo ada gue beli dah.

    acara semacam itu di Kaltim istimewa banget yah, harus diperbanyak tuh supaya Kaltim bisa seramai di pulau Jawa, biar nggak pada ke jawa juga haha

    syaang banget SPGnya nggak lo foto uy, padahal itu loh yang bikin menarik haha

    ReplyDelete
  11. Benar banar meriah dan mengangkat produk lokal

    ReplyDelete
  12. kapan gue bisa ke kaltim?? gue pingin banget bisa eksplorasi tempat tempat baruuuu....dan pingin juga bisa ikutan acara ini..cuman itu kasihan biawaknya dijadiin gantungan kunci..padahal dia udah termasuk hewan langka kan?? Pokoknya kapan kapan gue harus bisa ke kaltim. hehehe..tapi fotonya kurang banyak kakak..

    ReplyDelete
  13. Lihat karya-karya di atas, gua jadi inget sama salah seorang dosen di kampus gua yg suka bikin karya-karya kayak gitu. Bikin patung dari tulang dan besi-besi tua, pokoknya gothic-gothic gitu deh...

    Emang yg namanya seniman, benda apapun bisa dijadikan karya wkwk

    ReplyDelete

Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca . Jangan lupa untuk meninggalkan komentar yang sopan santun . Untuk menghindari komentar SPAM yang masuk , komentar kalian akan gue seleksi terlebih dahulu kemudian gue publikasikan .

Salam , Arjuna Rafi (coganarab_ )

 

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

FANSPAGE FACEBOOK

PELANGGAN

Translate

JUMLAH PEMBACA

PENULIS

Halo! gue Arjun, penulis blog arjunarafi.com . Blog ini udah dibuat sejak 2015 silam, awalnya sebagai media untuk mempublikasikan tulisan-tulisan yang gue buat.

Apa aja yang gue tulis di arjunarafi.com ? sebagian besar tulisan gue untuk sharing pengalaman gue, yang juga dibarengi dengan berbagai topik sosial, hingga review apapun.

By the way, kalo lo ada saran apapun yang harus gue review, atau melakukan kerja sama bisa kontak gue di Rafisyauqie@gmail.com.

Cheers.