NGOMONGIN SOAL KOMENTAR

Komentar itu sesuatu ungkapan yang kita keluarkan dari dalam diri kita terhadap bacaan atau tontonan yang udah kita lihat dari awal sampai akhir kemudian kita ungkapkan apa yang ingin kita nilai dari bacaan atau tontonan yang sudah kita lakukan . Ungkapan itu baik berupa saran,kritikkan,atau semangat. Terutama gue yang suka banget yang nama nya "Blogwalking" atau berkunjung ke situs blog lain sambil meninggalkan sebuah komentar.



Hal itu gue lakukan dengan memberikan komentar yang positif sesuai dengan topik yang ditulis di tulisan tersebut , biasanya gue awali dengan basa basi dulu sebagai pembuka , kemudian ke inti topik itu. Tapi , kadang gue menemukan beberapa komentar yang sifatnya kurang bahkan tidak berbobot atau bisa dikatakan SPAM.Banyak gue lihat di blog lain bahkan di blog gue sendiri yang kadang ada aja orang yang komentar spam tersebut.

Entah itu disengaja atau enggak disengaja , tapi pada inti nya setahu gue itu adalah hal yang disengaja.Siapa coba yang merasa enggak terganggu depat komentar tersebut ? semua orang pasti merasa sangat terganggu , karena mendapatkan komentar yang tidak layak dari orang tersebut.

Contohnya gini :



Mungkin dia bermaksud ingin menawarkan jasa nya tersebut , sehingga dia broadcast ke semua sosial media , termasuk blog . Karena itu merupakan salah  satu media promosi.Tapi , gimana reaksi orang orang yang merasakan jika blog mereka di spam dengan komentar seperti itu ?.

Nah untuk itu , mulai dari itulah gue membuat komentar moderasi.Jadi , orang yang berkomentar di blog gue , itu harus gue seleksi , dan gue akan mengecek komentar tersebut satu per satu untuk menghindari spam.Menurut gue ini cara yang cukup ampuh untuk meindungi blog dari komentar spam.Karena , disebelum sebelumnya banyak banget yang komentar spam di blog gue , termasuk komentar yang menawarkan barang atau jasa tersebut.



Selain komentar spam yang menawarkan barang atau jasa , kadang ada juga blogger yang malas membaca artikel tersebut , sehingga biasanya cuma komentar singkat dan tidak ada hubungannya dengan artikel itu.Komentar komentar seperti itu udah enggak asing lagi menurut gue , karena gue paling sering yang namanya blogwalking . Contohnya kayak gini :



Menurut gue itu udah enggak asing lagi buat kalian yang sering blogwalking.Pasti pernah ngeliat komentar semacam itu.

Kayaknya banyak variasi ya ? seperti :

1.nice info.
2.nice artikel.
3.wah bermanfaat sekali informasinya.
4.mantap gan.
5.keren gan.
6.nice post.
7.ijin coba.
8.thanks infonya , dll.
9.trims gan.
10.hahaha bener banget nih.

Heemmm ya begitulah beberapa komentar yang sering gue temukan dibeberapa blog.Yang gue bingung adalah , kenapa sih kita komentar seperti itu ? kenapa ? kenapa ? kenapa ?.....!!!!.

*sengaja diulang biar ekstream.




Sebenernya ,komentar itu merupakan suatu ungkapan kita , kritikkan kita , saran , serta kepuasan kita terhadap artikel yang sudah kita baca.Akan tetapi , banyak dari kita yang kadang bosan membaca artikel tersebut sehingga memberikan komentar yang tidak sesuai dengan topik yang dibahas. Gue tau , tapi alangkah baiknya , kalo bosan membaca dari awal sampai akhir coba baca inti dari artikel tersebut.Jadi kita sebagai pembaca tau isi dari artikel tersebut.Menurut gue itu salah satu tips nya.

Komentar tersebut kan ditujukan kepada penulis blog tersebut ( blogger ) agar si penulis tersebut bisa mengetahui kekurangan yang perlu ditingkatkan di blog nya tersebut dan komentar juga ditujukan sebagai kepuasan kita terhadap tulisan di blog tersebut.

"KOMENTAR APA PERLU PANJANG LEBAR ?".

Menurut gue tergantung.Karena komentar yang akan kita berikan , itu hak kita dan itu bebas , mau panjang atau singkat.Kalo banyak saran dan pesan atau kritikkan yang ingin disampaikan atau kita merasa puas dengan tulisan tersebut , pasti kita akan berkomentar sesuai dengan porsi kita baik itu  panjang lebar ataupun singkat .

Sebenernya tujuan kita berkomentar ini sama penjelasannya seperti diatas . Baik itu karena kepuasan kita terhadap artikel tersebut atau karena ada saran dan kritikkan yang akan disampaikan kepada si penulis dengan memberikan komentar.











38 komentar:

  1. Hhaa pengalaman sendiri ya sob ? saya juga pernah dan sering malahan ada yang komentar spam atau komentar simple seperti yang banyak di blog saya yaitu "mantap gan" saya kira hanya ingin mendapat Backlink aja deh sob. tak masukin spam aja langsung apalagi yang naruh link aktif tuh parah banget. kalau yang mau promosi ya ada tempatnya lah seperti dikomunitas usaha online atau apa. sauya juga penjual produk tapi gak gitu-gitu amat spam dimana-mana :D salam kenal sob

    ReplyDelete
  2. Wah iyaaa bener tuh. Kadang gimana gitu kalo nemu obat-obatan. Sebenernya gue sendiri sih gakpapa. Yang males itu... kalo obat kuat. ._.

    Eh, ini segmen baru ya? Kereeeeeen. Tapi mirip kayak punya siluman capung ya namanya. Muehehee.\:p/

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan segmen baru mas Kresno , cuma buat judul artikel ini aja.kalo mas yog nya keberatan , bisa gue ganti kok judulnya ... pisss

      Delete
  3. Itu karena malas baca.. tandanya seperti itu kalau menurut saya

    ReplyDelete
  4. Nice post :D

    Dulu waktu tahun pertama ngeblog, gue mengiyakan aja semua komentar yang masuk ke blog, biar terlihat rame aja. Komentarnya ya cuma nice post, keren gan, dan komentar males lainnya. Ada juga yang nitipin link, bermaksud untuk promo blog dia, ini gak terlalu mengganggu menurut gue, tapi gue komentar di blog dia dan bilang jangan ninggalin link lagi.

    nice infonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama yu ! dulu gue kayak gitu juga . Tapi , lama kelamaan komentar yang masuk ke blog ini semakin aneh .

      Makanya , sekarang gue membuat komentar moderasi .

      Delete
    2. Blog gue sekarang sering masuk komentar aneh pake bahasa inggris. Yang komentarnya itu gak nyambung sama postingan, yaiyalah kan mereka gak begitu ngerti yang gue ceritakan. Sekali lagi cuma untuk nyepam doang.

      Karena masih pake blog gratisan, moderasi udah otomatis di blog gue.

      Delete
  5. Dijual obat herbal, peninggi, pelangsing, dan pemutih tubuh.

    Itu tadi salah 1 contoh komentar yang paling hits di jagad sosmed :D
    Aku kadang sebel sih kalau ada spam2 nongol di kolom komentar, cara moderasi pernah aku terapin di blog, tapi jujur aja aku g sanggup buat ngecek, buat publish komennya, dan bales 1-1. Cara moderasi ini g cocok buatku. Jadi aku tetep milih komentar langsung muncul di blog, dan kalau emang ada komentar yang g sreg dan mengganggu langsung hapus aja deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha iya tuh .. itu juga sering ada di blog ku komentar kayak gitu.Emang sih pendapat orang beda beda ya , kalo aku malah lebih senang sama model moderasi gini .

      Delete
    2. Tapi aku salut sih sama blogger kayak kamu ini yang menerapkan model moderasi, rajin banget buat ngecek notice, abis itu publish, dan selanjutnya dan selanjutnya. Kasih tepuk tangan dulu, plok plok plok

      Delete
  6. entah itu orang iseng atau bener-bener iseng.. hahaha
    apalagi kalo dapat komen yg "nice info", "sangat bermanfaat", ini sebenernya mereka baca ngak sih tulisannya.. hahaha
    cuma bisa menghela nafas aja kalau udah liat komentar-komentar macam itu.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak ya mba ginty bisa ngehela nafas, nah kalo gue ? *jangan ditanya

      Delete
  7. Mantap gan!!! Kunbal, ya. Hahahaa

    Begitulah pentingnya sebuah relevansi dalam sebuah komentar. Gak akan jadi asal-asalan. Dan sebenarnya, mereka komentar seperti itu, punya tujuan sendiri. Kita juga gak bisa menyalahkan.

    Karena blog tidak dibatasi oleh pembaca manapun. Siapapun yang menemukan blog, bisa saja dia berkomentar seperti itu.

    Nah, itulah kenapa gue dari awal ngeblog milih untuk moderasi aja. Jadi, kalo ada komentar yg SPAM. Akan gue langsung hapus atau masukkan ke bagian SPAM. Biar ketika komentar, gak ada ada lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener tuh mas heru . makanya , beberapa waktu yang lalu gue pernah nanya kan sama lo cara buat komentar moderasi gimana ? masih inget gak ? ha ha ha ..

      Delete
    2. Hahaha. Inget dong... Ternyata diterapkan juga. Syukur deh, mendingan mengurangi namanya SPAMMER.

      Delete
  8. tipe komentar seperti itu biasanya balas membaca, karena gue dulu juga pernah merasakannya :)) wkwkwkwk

    tapi gapapa sih kalau menurut gw kasih komen yang singkat daripada memasukan link aktif ke komen, sebab memasukkan link aktif ke komen bisa menyebabkan Broken Link di blog kita. patut was was aja bagi kita seorang blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener tuh mas Robby ... kadang ada juga yang masukkin link aktif ke komentar. itu juga kadang gue kurang sreg gimana gitu ...

      Delete
  9. Gue juga bakal pasang sistim approve gitu deh, walaupun blog gue masih sepi, kesel juga dapat komen jualan apalagi judi dan pembesar alat vital. Biasanya langsung gue hapus, mengingat yang gue bahas di blog A yang komen udah di Z.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener noh , apalagi kalo ada yang jual obat kuat ha ha ha ....

      Delete
  10. Anjay lah kang, kayaknya semua nasib blogger kayak gitu ya.
    apa lagi yang suka tebar link 'secara disengaja' itu.
    ngapain juga coba nawarin maen poker di Blog.
    kadang suka cape sendiri harsu apusin komentar spam kayka gitu :(.

    apa kita harus buat undang-undang berkomentar yang baik dan benar kang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waew ide bagus tuh ... coba aja buat UUD Komentar di blog ? kayaknya seru ha ha ha...

      Delete
  11. Haha, kalau di blog saya lebih parah mas, postingan bahasa Indonesia/Inggris, komentarnya malah pakai huruf sansekerta, :D

    ReplyDelete
  12. Hahaha iya nih kadang gue juga sering dapet komen yang kek gitu, tapi kadang ada obat komentarnya bener lho!!

    Kalo gue sih belum ada kepikiran buat dimoderasi, keknya belum terlalu banyak spamer sih, maklum blog baru hihi...

    ReplyDelete
  13. kalo komen kayak gitu sih, biasanya ga gue bales juga sih. males ngurusinnya. mendingan ngebalesin komenan orang yg emang beneran niat gitu.
    tapi yaudah lah, biiasanya sih yg promo jualan gitu ya emang spam doangan sih, kalo ga mau ngeliat kyak gitu, udh bener kok klo kotak komennya ada izinnya gitu, mau d tampilin atau nggak.

    ReplyDelete
  14. Gua sebenernya salah satu orang yg seneng ngasih komentar panjang-panjang kalo baca blog orang, tapi biasanya itu di blog yg isinya personal. Akhir-akhir ini selama blogwalking di BE gua menemukan banyak banget artikel yg isinya tuh iklan, entah honorer, entah ikut giveaway. Nah kalo di artikel-artikel kayak gitu, gua suka ga tau mau komentar apa, apalagi kalo gua kaga tertarik sama produk yg dijual wkwk.

    Btw soal komentar spam atau iklan, blog gua tiap hari juga dapet banyak komentar kayak gitu, menyebalkan memang. Kalo isi komentarnya bermutu sih biasanya gua biarkan, tapi kalo yg ngasal dan ga ada hubungan sama isi konten blog gua, well, maaf aja, bakal gua masukin ke kotak spam

    ReplyDelete
  15. Sebenanya tulisan ini udah dibahas di BE. Kalau aku pribadi komentar itu sangat penting karena menambah semangat ngeblog. Tapi ya tidak semua komen bisa dibalas karena kesibukan di empunya blog. Cuma yaa kalau komen gak niat seperti variasi di atas (nice gan, thank gan balala) itu bikin sedih hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener .. kadang selain sedih tapi juga ngeselin ha hah ha

      Delete
  16. Nice post! (wkwkwk kesel gak)


    Kayaknya paling nyebelin kalau ada yg komentar tapi gak sesuai sama artikelnya. Pengen digigit belalang sembah kayaknya. Semoga yg suka spam hbs baca ini langsung insyaf ya haha

    ReplyDelete
  17. Sebenernya pengen moderasi.. tapi aku termasuk yg jarang onlinr juga. Jadi yaa.... moderasi kurang cocok buatku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak papa , setiap manusia punya style beda beda.

      Delete
  18. eh iya itu yg spam spam gitu malesin deh. tapi kalo mau di moderasi males bangat aprovenya huhuuu

    sebenernya mau panjang atau pendek kalo menurutku sih yg membangun buat kitanya aja sih. lagian kita komentar juga kadang jarang balik ke blog yg habis d komentarin wkwk

    ReplyDelete
  19. yoi, sejauh ini sih komentar blog paling kampret yang sering gue temui ada 2 jenis. kalau nggak spam promosi atau judi bola atau semacamnya, ya... komentar "nice info" dan kawan-kawannya itu.

    ReplyDelete
  20. Ulah spammer memang menyebalkan ya gan sy aja benci dgn ulah mereka

    ReplyDelete
  21. di blog ane juga ada komentar seperti itu , kayanya dia gak punya kata-kata lagi dah

    ReplyDelete

Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca . Jangan lupa untuk meninggalkan komentar yang sopan santun . Untuk menghindari komentar SPAM yang masuk , komentar kalian akan gue seleksi terlebih dahulu kemudian gue publikasikan .

Salam , Arjuna Rafi (coganarab_ )

 

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

FANSPAGE FACEBOOK

PELANGGAN

Translate

JUMLAH PEMBACA

PENULIS

Halo! gue Arjun, penulis blog arjunarafi.com . Blog ini udah dibuat sejak 2015 silam, awalnya sebagai media untuk mempublikasikan tulisan-tulisan yang gue buat.

Apa aja yang gue tulis di arjunarafi.com ? sebagian besar tulisan gue untuk sharing pengalaman gue, yang juga dibarengi dengan berbagai topik sosial, hingga review apapun.

By the way, kalo lo ada saran apapun yang harus gue review, atau melakukan kerja sama bisa kontak gue di Rafisyauqie@gmail.com.

Cheers.