Kualitas atau Kuantitas

Hai what's up my friends , welcome to my blog...

Menulis itu diibaratkan seperti berbicara , hanya saja dilakukan dengan teks.Banyak blogger blogger Indonesia yang membuat blog hanya untuk semata mata mencari "uang" dari blog yang dibuatnya.Menurutku itu standart aja , semua orang butuh uang dan apalagi yang sedang kuliah , pasti perlu tambahan biaya.Tapi alangkah baiknya kalo membuat sebuah artikel di blog lebih mementingkan fungsi "Kualitas" dibandingkan fungsi "Kuantitas".Dan bagaimana jika kita sebaiknya mengesampingkan penghasilan di blog dan fokus berkarya di blog.



Apa kalian pernah baca kata kata seperti gambar diatas ? , sudah kukatakan , jangan terburu buru mendapatkan uang dari blog.Walaupun ada blog yang menuliskan :

" TRIK CEPAT AGAR DITERIMA ADSENSE"

Itu enggak menjamin kamu untuk bisa diterima dengan cepat oleh google.Itu juga perlu waktu , karena google lebih mementingkan "kualitas" dibandingkan "kuantitas".Aku enggak melarang kalian untuk mendaftarkan blog nya ke adsense.Semua orang memang butuh uang seperti yang udah kujelaskan , tapi itu butuh proses dan kerja keras.


Banyak artikel artikel di blog yang kurang original dan kurang kreatif.Kenapa aku bisa berbicara seperti itu ? aku juga sering blogwalking atau berkunjung ke situs blog dengan meninggalkan komentar.Tapi , lama kelamaan aku bosan melihat artikel artikel yang itu itu saja walaupun beda penulis dan beda blog.Menurutku , coba cari topik baru dan jika bisa berbeda dengan apa yang sudah ada.Jangan mengikut apa yang sudah ada , kemudian di tulis ulang.Yaa seperti "copy paste".Ada yang copas dari blog lain kemudian ditulis dengan gaya bahasa sendiri , dan menurutku itu kurang orisinil dan gak ada kekreatifan nya.

Misalkan :

"Cara jitu agar bisa ditembak laki laki". dari blog anehanehya.blogspot.com

Kemudian ada yang menulis seperti ini "

"Cara jitu agar bisa ditembak lelaki". dari blog cabeanterong.blogspot.com

Itu menurutku engak orisinil apa yang dia tulis.Walaupun ia copas kemudian mengganti dengan gaya bahasa sendiri.Berarti blog itu hanya mementingkan fungsi "Kuantitas" dibandingkan "Kualitas".Kalo kamu bingung dengan tema seperti apa blogmu , cobalah untuk buat blog personal.Kamu bisa menceritakan tips mu , keseharianmu , dan karyamu di blog personal tersebut.


Di blog ku ini , aku lebih mementingkan fungsi "Kualitas" dibandingkan fungsi "Kuantitas".Kenapa ? aku mau blog ku ini diisi dengan tulisanku sendiri ( orisinil ) .Dan lebih baik aku menulis blog sebulan sekali dengan hasil yang orisinil dibandingkan aku harus menulis seminggu dua kali , tetapi hasil nya enggak maksimal.Tetapi walau seperti itu , itupun masih belum cukup menurutku , dan aku juga belum merasa puas dengant tulisan tulisanku itu.

Blog yang hanya mengincar uang sangat berbeda dengan blog yang tujuannya untuk berkarya.Menurutku , blog yang sedang mengincar uang kualitas blog nya tidak bagus.Artinya blog tersebut lebih mengutamakan "Kuantitas" agar bisa diterima oleh adsense ( contohnya ).Aku membuat blog enggak ada pikiran sama sekali untuk mendapatkan uang.Walaupun dulu pernah didaftarkan ke adsense , tetapi itu hanya sebuah keisenganku aja.Blog berbeda denga youtube.Menurutku , jika kalian mencari penghasilan lebih baik lewat youtube . Tapi itu merupakan pendapatku saja.Jika ada yang mau mencari penghasilan lewat blog , silahkan saja.



Untuk menulis sebuah artikel di blog ku ini , tidak cukup bagiku untuk menghabiskan waktu dalam sehari.Walaupun artikelnya pendek.Kenapa ? karena setiap artikel yang aku tulis , itu membutuhkan "revisi".Aku melakukan revisi karena ada beberapa kata yang menurutku kurang pas dengan style tulisan ku atau gaya bicaraku.Termasuk artikel ini.Biasanya aku melakukan revisi sebanyak 2 - 3 kali.Dan itu sangat sangat membuatku ngantuk.



46 komentar:

  1. Bener banget gan, saya pribadi sudah cukup puas dengan artikel Orisinil, walaupun sepatah duapatah kata, dan menurut saya juga gak ada salahnya sedikit mengarah ke kuantitas, ya itung" biar kita nambah rajin bikin artikel Orisinil dan terus Berkarya.

    Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  2. Bener tu kak, saya lebih seneng ngelihat artikel orsinil(buatansendiri) ketimbang copas terus di ubh dengan bahasa sendiri, ITUKAN nggk nggk ad bedanya sama plagiat.
    Dan kalo yg masalah dapet uang dari blog, saya juga blm kepikiran mau dapet uang dari blog.

    ReplyDelete
  3. Menurut lu, punya gue lebih mementingkan kualitas atau kuantitas ?

    ReplyDelete
  4. Gak salah sih nyari uang dari blog, blog personal pun tetep bisa menghasilkan uang. Apalagi uang yg di dapat bisa untuk beli domain. Malah Bagus kan. Haha.

    Soal kuantitas dan kualitas, tergantung tujuannya sih, artikel berkualitas belum tentu banyak yang baca, cuma bener yg lu bilang sih, kita harus beda, karena yang beda itu pasti lebih terlihat. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga blog kita bisa menghasilkan uang untuk domainnya ya rick wkwk

      Delete
  5. Awal gue ngeblog, gue gak pernah kepikiran nyari duit dari blog, karna gue ngeblog tuh full dari hobby nulis itu sendiri, tapi kalo bicara duit sih manusiawi ya, semua orang butuh duit termasuk gue, tapi kalo dikaitkan dengan blog, gue yakin tuh blog umurnya gak akan panjang, karna mementingkan kuantitas.

    Stuju nih sama postingannya, sip lah :)

    ReplyDelete
  6. wah ane kalo ane sih mending kualitas bukan kuantitas karena ngblog itu buat curhat dll. ngblog itu hoby yang mengasikan :D

    ReplyDelete
  7. gak mau munafik kalo emang semua orang butuh duit, gak mau munafik juga kalo di hati kecil juga pengen banget blognya bermanfaat, lebih lebih bisa menghasilkan. Tapi alangkah baiknya kalo memang ngeblog pengen dapet duit blognya juga harus bagus dan gak sembarangan sih. hehe

    ReplyDelete
  8. Perlu diketahui juga mas, ga semua blogger itu berlatarbelakang penulis. Umumnya, blogger mereka bermula dari belajar menulis makanya dari tata bahasanya masih kurang rapi dan kurang sesuai dg EYD.

    Padahal kualitas konten itu sangat penting karna akan mencerminkan kepribadian dari penulisnya. Semakin apik tulisannya semakin profesional.

    Memang selama ini yang paling rasakan banyak yang suka dg tulisan saya. Karena mengkaji dari sudut yang berbeda. Maklum juga berlatarbelakang penulis pro yang terjun ke blog.

    Mudah-mudahan dengan artikel diatas jadi menyadari pentingnya kualitas konten dari apa yang ditulis maupun apa yang disampaikannya.

    Sekedar saran buat mas, perhatikan juga tanda bacanya.

    ReplyDelete
  9. Yaa seperti itulah kebanyakan sekarang ini, pada mau cara cepat dapet sesuatu dari blog, hal ini juga menyebabkan facebook menjadi ajang promosi yang berlebihan malahan menuju ke spam. dinding group facebook yang tidak terurus coba lihat pasti banyak spam.

    ReplyDelete
  10. sebenernya nggak papa kok cari uang dari blog, cuma kalau baru bikin yaa niatnya jangan langsung cari uang, mending bikin konten yang berkualitas dulu, ya nggak? apalagi kalau konten berkualitas pasti nanti bisa mendatangkan job review juga, dapet duit deh.

    Kalau menurutku sih sah-sah aja kalau mengambil ide yang sudah ada, asalkan jangan sama persis dengaan yang sebelumnya. tapi kembali tetap yang paling penting kualitas, bukan kuantitas hehe

    ReplyDelete
  11. pada akhirnya, kualitas itu lebih penting daripada kuantitas, kan... tapi kalau kualitas dan kuantitas bisa berbanding lurus... itu lebih keren lagi, yak.

    ReplyDelete
  12. Bahkan, untuk menjadi blog yang dicintai, banyak penggemar, dan tentunya menghasilkan banyak uang, harus memakai artikel yang orisinil dan tidak copas. Adsense pun begitu kan, mereka tidak mau menerima blog yang memiliki artikel copas di dalamnya. Seperti blogku, hahaha, setelah akhirnya usiaku matang untuk mendaftar adsense, ternyata blogku ditolak. Dan aku sadar, bahwa tidak semua artikel di blogku itu orisinil.

    Jadi, orisinil memang penting banget, terlepas dari mau mencari uang atau tidak. Karena, bagiku blog adalah diary pribadi yang dibaca orang banyak, jadi apapun yang ditulis adalah refleksi diri kita dan orang jadi tau kita melalui blog. Kalau artikel copas mulu, itu bukti kita tidak mempunyai jati diri, itu sih menurutku.

    ReplyDelete
  13. betul itu gan kita perlu kualitas yang bagus terhadap blog kita, minimal 60 artikel dan artikel gak boleh copas, artikel juga harus menarik agar cepat diterima adsense dan blog kita pun harus berumur 6 bulan keatas

    ReplyDelete
  14. Menurut gue, ngeblog kalau bener-bener serius pasti ngehasilin uang dan berkualitas kok. Jadi, jangan sekali-kali ngeblog karena terlalu fokus buat cari duit, emang nggak salah tapi kalau lo terlalu fokus buat cari duit pasti akan berdampak pada kualitas tulisan lo.

    Ini hanyalah pendapat gue ya huehehe.

    ReplyDelete
  15. Menurutku ya sah-sah saja ada blogger yg nge-blog untuk uang. Toh, di dunia ini uang kan salah satu motivasi untuk hidup kan? :D

    Tapi ya nge-blog untuk uang itu bukan berarti gampang. Esensi utamanya nge-blog itu kan untuk berkomunikasi, menyampaikan informasi. Uang itu efek lain.

    Jadi, untuk bisa menghasilkan uang dari nge-blog, seorang blogger dituntut untuk bisa terampil dalam hal berkomunikasi dan sekaligus hal mencari peluang untuk mendulang uang.

    Keterampilan itu yang jarang dikuasi blogger pada umumnya. Alhasil, jadinya ya "rasa" blog mereka seperti itu....

    ReplyDelete
  16. Memang Benar gan, Kualitas itu lebih penting di banding Kuantitas, soalnya kita sebagai Blogger harus mementingkan Kualitas agar pengunjung Blog kita tidak Lari karena tidak memahami Konten yang telah kita buat.

    Mantap nih sobat artikelnya By Fadhil Zikri

    ReplyDelete
  17. Biasanya sih blogku aku isi dengan pengalaman atau cerita keseharianku. Bener, blog yang buat cari duit sama blog personal sangat signifikan sekali perbedaanya.

    Menurut aku pribadi sih, sesekali ikutan lomba blog atau review sah-sah aja sih. Aku juga kadang suka diundang ke suatu acara, nah sehabis acara itu aku diminta buat ngereview acara yang baru aku ikuti.

    Ikutan komba juga bisa mengasah kemampuan menulis kita loh. Bisa bikin kita keluar dari zona nyaman.

    ReplyDelete
  18. Banyak juga yang emang niatnya ngeblog buat cari uang. dan menurut gue itu gpp. dan tentunya harus belajar yang namanya SEO lebih dalam lagi.

    Kalau gue sih lebih mentingin kualitas juga, tapi gue niatin buat konsisten juga. Karna nulis itu hobi jadi merasa hepi aja kalau lakuinnya

    ReplyDelete
  19. kalo saya sih yang penting berbagi ilmu.kalo uang mah itu bonus :3

    ReplyDelete
  20. Kuantitas kalau dibarengi dengan kualitas gak apa-apa sob, hehe
    Yah namanya juga manusia wajar jika ngeblog dibarengi dengan keinginan menghasilkan duit
    wkwkwkwk

    ReplyDelete
  21. Untunglah aku ngeblog didasar dengan niat yang baik dan tulus tanpa mengharapkan imbalan. Kalau emang blognya sudah banyak yang baca dan berkualitas boleh masang adsense. Nggak menutup kemungkinan juga blogku kedepannya dipasang adsense.

    Sekarang kita sama-sama belajar aja menulis konten yang berkualitas. salam kenal :)

    ReplyDelete
  22. Ehm, keknya kalimat ini "Termasuk artikel ini.Biasanya aku melakukan revisi sebanyak 2 - 3 kali.Dan itu sangat sangat membuatku ngantuk.
    "
    perlu lo perbaiki deh, bro. Soalnya masih banyak spasi setelah titik yang terlewatkan. Kan katanya kualitas.

    Gini, sebenarnya kalo lo berasumsi seperti itu, semua blogger yang blognya mau didaftar untuk adsense selalu saja pembahasannya sama hanya saja diperbaiki lagi penulisannya.

    Nah, perlu gue luruskan dulu. Sepintar apapun Google yang sering dibangga-banggakan orang seluruh dunia. Tetep saja dia hanya sebuah robot. Perlu pembaharuan. Artinya, meskipun secara konsep sama (ini gak akan bisa dipungkiri) tapi blogger yang sudah lama tentunya harus mengupgrade informasinya supaya Google tetap menampilkan konten yang lo maksud berkualitas tadi.

    Jadi, sehebat apapun lo berusaha beda dan menulis secara original, tetep saja kisah hidup manusia itu ya hanya itu-itu saja.

    Terus, soal uang. Buat gue sih, ngeblog tujuannya buat dapet uang gak masalah. Karena terkadang Uang bisa membuat semangat seorang blogger jadi terpacu. Kecuali tipikal orang yg gak mau belajar. Jadinya cuman pengen dapet uang, tapi maunya instan.

    Mengenai daftar Google Adsense juga aslinya gak perlu kualitas bro. Soalnya gue udah membuktikan beberapa kali. Yang terpenting mengerti cara kinerjanya. Gitu aja, sih.

    Buat lo yang udah komitment untuk menghasilkan karya yang berkiblat kualitas, gue mendukung dan setuju banget. Makanya gue bilang di posting blog kalo jangan percara sama cara2 jadul. Google akan selalu berusaha menampikan blog yang berkualitas pastinya.

    Btw, maaf kepanjangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas Heru , gue sependapat sama lo mas.

      Banyak blogger blogger yang nge blog karena butuh uang , dan itu gue juga sependapat sama lo mas. Siapa sih yang enggak mau uang ? semua butuh UANG ? termasuk gue , dan semua manusia di muka bumi ini.

      Makasih saran & kritikkan nya , pasti bakal gue perbaiki kedepannya .

      Delete
  23. Setuju kualitas itu penting. Tapi baik kalo kualitas dan kuantitas itu berbanding lurus. Nggak juga sih, kalo blog yang nyari uang itu kualitas tulisannya buruk. Mungkin krn kamunya aja yg belom nemu. Nemu blog yg penghasilan uangnya lumayan dan kualitas tulisannya jg bagus.Karena semakin baik blognya termasuk tulisannya, pengunjung juga akan banyak berdatangan, dan uang pun juga akan datang.

    ReplyDelete
  24. kalo blogger pemula biasanya terlalu ngeliat blogger yang udah sukses, jadinya maunya instan dan buru2 mau hasilin duit dari blog, dan kesenangan dia akan ngeblog juga bakal hilang. mending nikmatin prosesnya, inget tujuan awal ngeblog apa dan yang pasti terus jaga kualitas dari postingan kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas yog ! dulu waktu gue buat blog , gue juga pernah daftarkan ke adsense tanpa gue ketahui apa aja syarat syarat utamanya . Pokoknya langsung gue daftarin gitu aja tanpa pikir panjang

      Yang waktu itu artikel baru 10 , bahasa masih acak acakan , blog belum jadi sepenuhnya , dll.

      Mulai dari situ gue restart ulang .

      Delete
  25. pertama kali buat blog, kita sudah bisa memilah, kita berniat mau cari duit atau berkarya dan berbagi. jadi g ada yang salah dengan blog yang nyari duit, tapi yang salah adalah si empunya blog yang "nyari duit" itu g pake cara orisinil dan mengandalkan copy paste doang.

    banyak blogger2 (yang sering aku kunjungi pas BW) yang cari duit, tapi mereka bukan blogger abal2 yang suka copy paste, mereka emang bikin postingan orisinil hasil karyanya dan dibayar oleh pihak yang membutuhkan jasa mereka. ada perbedaan disini, mereka memang mengutamakan kualitas supaya pihak yang membutuhkan jasa mereka g kecewa, dan puas atas hasil kerja mereka. kedepannya g menutup kemungkinan kalau kita juga dapet duit dari blog, anggaplah uang tadi sebagai bonus atas hasil berkarya dan berbagi :)

    ReplyDelete
  26. bener banget bro, kalau menurut gue sih ya, boleh-boleh aja sih kalau tujuannya ngeblog untuk mendapatkan uang, kan yang penting halal kan? hehehe tapi asalkan dia mau konsisten dengan blognya, jangan mau enaknya saja tanpa berusaha.. hehehe

    ReplyDelete
  27. setubuh ane sama pendapat ente.
    Dijamin ga bakal lama umur blog kalo niatnya buat nyari duit.
    dan lagi-lagi Pendapat lu bener gan, nyari penghasian mending dari youtube.
    Pendapatan adsense blog lebih sedikit dibanding youtube, ane udah ngerasain soalnya. perbedaanya anjlok 80 derajat wqwq ..
    .
    kalau masalah revisi menulis blog itu juga penting banget, bahkan merevisi tulisan komentar juga penting.
    kayak ane gini, coment apus coment apus sampe bener-bener bisa menulis komentar yang tepat muehe ..
    .
    BTW, tadi blog ente udah ane follow masa ??

    *kode keras minta di follbek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi bro , pasti gue follback ...

      makasih sarannya bro !!

      Delete
  28. Pemikiran orang-orang beda sih. Kalo gua secara pribadi awalnya gak mikirin soal ambil keuntungan dari ngeblog. Gua ngeblog cuma pengen nulis dan bagi cerita aja. Tapi di liat makin kesini, ada peluang buat nyari duit sendiri yg di dapat dari hobi.
    Tapi gua setuju dengan kata lu kalo isi blog itu lebih bagus kalo mentingin kualitasnya.

    ReplyDelete
  29. Nggak terlalu kepikiran buat ngehasilin duit dari blog. Banyak temen-temenku yang ngeblog gara-gara pengen nyari uangnya. Tapi karena emang dasarnya aku nggak mau ribet. Nggak mau belajar SEO dan cara biar diterima iklan-iklan gitu, jadi aku asal posting aja. Udah dapet pembaca itu udah seneng banget.

    Yah, kalo untuk blog curhatan sih, aku lebih seneng yang ngedepanin kualitas, enak dibacanya.

    ReplyDelete
  30. Bagus sih gan artikelny. Emg sebaiknya harus kwalitas d banding kuantitas. Tapi apapun itu yang penting muatan isiny harus yang posotif ya sm menambah wawasan kita semua (y) All about of Knowledge

    ReplyDelete
  31. mengesampingkan penghasilan di blog dan fokus berkarya di blog.

    bener tu. setujuh banget. soalnya kadang banyak tuh di google, blog2 isinya copas biar banyak visitor biar banyak dapte iklan...

    ReplyDelete
  32. Kalo menurut gue, kalo tujuan nya untuk uang, yaa gak salah. Tapi dengan tujuan tersebut tanpa ada konten yg bagus ya sama aja.

    Yang namanya kualitas itu kadang gak bisa diukur. Misalkan orang suka dengan konten yg ini, yg lain belum tentu suka. Intinya semua punya pangsa pasarnya sendiri2.

    ReplyDelete
  33. Betul sekali gan, memang saat ini kebanyakan orang menjadi blogger ingin cepat-cepat menghasilkan uang,padahal tidak semudah seperti membalikan tangan untuk mendapatkan uang dari blog. diperlukan suatu kerja keras dan melakukan perbaikan pada blog agar menjadi berkualitas.

    ReplyDelete
  34. haha, nyiptain ide yang orisinil emang susah bener, asli
    buat nyiptain satu postingan, gua butuh 2 hari termasuk revisi ama cari referensi referensi yang terkait dengan apa yang bakal gua bahas

    gue sendiri juga ga terlalu mikirin nghasilin uang di blog, yang penting bikin artikel unik dan orisinil, artikel bagus = trafik bagus, trafik bagus = dolar juga bakal mengalir dengan affiliate dengan orang yang mau kerjasama

    semangat raf ngeblognya!

    ReplyDelete
  35. kalo udh terbiasa membuat artikel orsinil, iya pasti mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener !!! tergantung kita nya mau gimana dan bagaimana !

      Delete
  36. Tetap semangat merayakan hari kemerdekaan walaupun disekolah

    ReplyDelete
  37. Hmm.. wah seru yah kalo bisa cari duit lewat nulis. Tapi gue sering liat ada blog-blog di luaran sana deh yang copy-paste artikel di majalah. Jadi waktu itu kan iseng cari-cari informasi tentang kesehatan, eh ga tau gimana sampe nyasar ke satu blog yang tulisannya persis sama seperti yang ada di majalah yang pernah gue baca berbulan-bulan yang lalu. Semua kata-katanya sama banget. Tapi itu di blognya ada link-link iklannya. Kok gak ketauan yah jeplak gitu... kalo ketauan gimana tuh. Setau gue kan artikelnya harus orisinil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener , sebenernya kalo mau mencari referensi bisa dari mana saja . Tinggal kita nya saja , mau bagaimana .

      Delete

Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca . Jangan lupa untuk meninggalkan komentar yang sopan santun . Untuk menghindari komentar SPAM yang masuk , komentar kalian akan gue seleksi terlebih dahulu kemudian gue publikasikan .

Salam , Arjuna Rafi (coganarab_ )

 

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

FANSPAGE FACEBOOK

PELANGGAN

Translate

JUMLAH PEMBACA

PENULIS

Halo! gue Arjun, penulis blog arjunarafi.com . Blog ini udah dibuat sejak 2015 silam, awalnya sebagai media untuk mempublikasikan tulisan-tulisan yang gue buat.

Apa aja yang gue tulis di arjunarafi.com ? sebagian besar tulisan gue untuk sharing pengalaman gue, yang juga dibarengi dengan berbagai topik sosial, hingga review apapun.

By the way, kalo lo ada saran apapun yang harus gue review, atau melakukan kerja sama bisa kontak gue di Rafisyauqie@gmail.com.

Cheers.