Pengalaman adalah guru terbaik

Hai whats up my friends , welcome to my blog....

Pengalaman selalu ada dalam diri setiap manusia yang terlahir ke dunia ini , Termasuk gue.Pengalaman bisa terjadi dalam bentuk apapun baik dalam bentuk suka atau duka. Yang pasti pengalaman itu akan selalu muncul dalam kehidupan setiap diri manusia.Disaat teman atau saudara kita ingin mendengar pengalaman diri kita , sebagian besar dari kita pasti akan menolak.Manusia pasti memiliki alasan mengapa dia menolak mengapa ia tidak mau menceritakan pengalamannya.



Mungkin dibalik pengalaman tersebut ada beberapa hal yang mungkin hanya boleh diketahui secara pribadi ( personal ) . Atau mungkin itu merupakan pengalaman yang sangat mengecewakan sehingga ia tidak berani untuk menceritakannya kepada orang lain atau bisa jadi dia malu untuk bercerita.

Semisal , kamu putus oleh pacar dan sekarang pacar kamu udah bisa move on dari kamu , sementara kamu belum bisa. Pasti kamu akan berpikir dan mencoba merenung apa yang harus kamu lakukan untuk menghadapi situasi yang seperti ini. Itu mungkin merupakan pengalaman yang mengecewakan bagi kamu , tapi dibalik pengalaman kamu move ondari pacar kamu , artinya kamu bisa belajar untuk berani melepaskan orang yang sudah menghianati kamu .Walaupun orang itu pernah berada disisi kamu.



Kenapa gue menulis " Pengalaman adalah guru terbaik " ? kenapa bukan guru di sekolah adalah guru terbaik ?

kenapa ? kenapa ? kenapa ? kenapa ? ( sengaja diulang biar keliatan ekstream ).

Sebenarnya semua itu dimulai dari pengalaman . contohnya kita bisa ambil dalam kehidupan sehari hari kita. Sekolah misalnya , disekolah kita belajar dengan guru kita , disekolah kita juga dapat bermain serta saling berkenalan.Disekolah kita juga bisa membangun suatu kelompok belajar , dan disekolah kita mengenal berbagai pengetahuan.

Sekarang , apakah pengalaman merupakan guru terbaik ?

Kita belajar disekolah dengan guru kita. Tanpa disengaja kita bisa mengenal watak serta cara mengajar guru kita , dan secara langsung kita pun sudah berinteraksi dengan guru yang mengajar kita. Nah bukankah itu suatu pengalaman ?

Atau kita bisa praktekkan dengan contoh lain. Pengetahuan misalnya , apa pengetahuan hanya bisa didapatkan dengan membaca buku ? apa pengetahuan hanya bisa didapatkan dari berita ? jawabannya enggak. Pengetahuan bisa didapatkan dengan pengalaman. Dengan kalian mencari informasi dengan membaca buku itupun sudah termasuk ke dalam pengalaman. Dengan kalian mendengarkan berita itupun juga sudah termasuk kedalam pengalaman.

Atau mungkin bisa diambil di contoh seperti ini : Kamu mau berenang , sementara kamu belum mengetahui apakah kolam renang itu dangkal atau tidak. Dan kamu pn berfikir bagaimana cara mengetahui nya . Dengan melakukan berpikir maka kamu akan mendapatkan ide bagaimana cara mengetahui bahwa kolam renang itu dangkal atau tidak . Kamu akan melakukan sesuatu untuk menguji nya semisal bertanya kepada penjaga kolam renang. Dan itupun sudah merupakan pengalaman.

Jadi , apa sudah jelas mengapa gue menyebutkan "pengalaman adalah guru yang teraik ".

jelas ? jelas ? jelas ? jelas ? ( sengaja diulang lagi biar ekstream ).

Jadi sebenarnya , dari pengalaman itulah kita bisa membuat diri kita menjadi lebih baik lagi.Dan dari pengalaman itu kita mengetahui berbagai hal yang sebelumnya belum pernah kita temukan. Enggak selamanya mantan pengalaman itu pahit. enggak kok. Justru pengalaman akan menjadi baik jika kita mampu , jika kita bisa membuat nya menajdi sebuah cerita untuk kita.





8 komentar:

  1. kalo bahasa ingg nya gini kan ya : Experimence is the best teacher. haha :D sorry klo salah nulisnya.
    salam kenal ya arjuna :)

    ReplyDelete
  2. Ane setuju itu sob, karena pengalamanlah yang mengajarkan semuanya ke kita :-D

    ReplyDelete
  3. pengalaman aalah guru terbaik itu bener banget pengalamaan bisa menjadi pelajaran buat kita :3

    ReplyDelete
  4. Berawal dari pengalaman kita bisa belajar akan banyak hal, keren sob!

    ReplyDelete
  5. Selain pengalaman, blogger juga termasuk guru yang baik :D karena memberi informasi yang berguna

    ReplyDelete
  6. nice artikel gan , mantap lah buat inspiratif :"v

    ReplyDelete
  7. Yaps! Bagus sekali, memang dengan pengalaman kita bisa mengoreksi kelasahan kita di masa yang akan datang.

    ReplyDelete

Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca . Jangan lupa untuk meninggalkan komentar yang sopan santun . Untuk menghindari komentar SPAM yang masuk , komentar kalian akan gue seleksi terlebih dahulu kemudian gue publikasikan .

Salam , Arjuna Rafi (coganarab_ )

 

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

FANSPAGE FACEBOOK

PELANGGAN

Translate

JUMLAH PEMBACA

PENULIS

Halo! gue Arjun, penulis blog arjunarafi.com . Blog ini udah dibuat sejak 2015 silam, awalnya sebagai media untuk mempublikasikan tulisan-tulisan yang gue buat.

Apa aja yang gue tulis di arjunarafi.com ? sebagian besar tulisan gue untuk sharing pengalaman gue, yang juga dibarengi dengan berbagai topik sosial, hingga review apapun.

By the way, kalo lo ada saran apapun yang harus gue review, atau melakukan kerja sama bisa kontak gue di Rafisyauqie@gmail.com.

Cheers.