Kebiasaan bulan ramadhan di Indonesia



Sebentar lagi bulan ramadhan tiba.Bulan yang udah dinanti nanti oleh berbagai umat muslim di dunia.Dan gue pun juga udah gak sabar buat menyambut bulan itu.Setelah gue amati , Indonesia memiliki kebiasaan yang cukup berbeda dengan negara lainnya dalam melaksanakan puasa di bulan Ramadhan.Kebiasaan nya adalah sebagai berikut :


  • Banyak tersedia pasar ramadhan di berbagai kota di Indonesia

    Pasar ramadhan mungkin gak terdengar asing di telinga kita.Karena,setiap bulan ramadhan pasti   bakal ada yang nama nya pasar ramadhan.


  • Penjual petasan & kembang api

   Mungkin istilah petasan dan kembang api udah sering kita dengar bahkan kita lihat dipinggir jalan atau di pasar pasti banyak yang menjual petasan dan kembang api.Yaa biasanya anak anak kecil suka gituan.




  • Acara televisi tema masakan & minuman untuk berbuka puasa
 Mungkin acara tv tentang makanan & minuma udah sering kita lihat di televisi walaupun bukan bulan ramadhan.Tetapi, jika bulan ramadhan tiba banyak acara tv yang berlomba lomba menyajikan acara makanan & minuman untuk menu buka puasa.



  • Acara televisi tentang qultum ramadhan

Setiap bulan ramadhan,tepatna saat saat waktu berbuka puasa,pasti kita disuguhkan dengan acara qultum di televisi nasional oleh ustad ustad ternama yang biasa tampil di acara qultum sehari hari.




  • Penjual takjil untuk berbuka puasa
Kalau ngomngin soal takjil pasi udah sering bahkan seperti nya sudah wajib bagi penjual makanan untuk menjual takjil sebagai menu pada saat berbuka puasa.Contohnya : Kolak Pisang.




  • Buku catatan ramadhan
 Nah,kalo ini kayaknya udah wajib deh dibagikan buat pelajar yang masih sekolah kayak gue.Setiap bulan ramadhan tiba selalu dibagikan buku ini oleh guru agama dan disuruh minta tandatangan imam   :v ada yang sama ?



  • Kurma
Siapa yang gak tau buah khas dari arab ini ? hmm di bulan ramadhan akan segera berserakan penjual kaki lima yang akan menjual buah ini.Selain rasa yang manis ini juga disuguhkan sebagai menu utama berbuka puasa.



  • Penjual baju muslim 
 Penjual baju muslim akan bersaing di bulan ramadhan.Biasanya penjual baju muslim akan kedatangan banyak pembeli mendekati akhir akhir bulan ramadhan.( Baju baru alhamdulillah , dipakai di hari raya ).




  • Penjual terompet 
penjual terompet udah sering gw liat dipinggir jalan setiap menjelang lebaran.ada yang bentuk naga lah dan lain lain . menurut gw , penjual terompet bersaing sama penjual petasan :v




  • Bukber atau ngabuburit ( Buka puasa bersama )
Bukber paling banyak dilakukan oleh rata rata sebagian masyarakat Indonesia terutama para pelajar.Biasanya mereka bukber di tempat tempat makan yang modern seperti di mall.Dan ada juga yang berbuka puasa di masjid.



Kegiatan diatas adalah kegiatan menurut pribadi gue sendiri setelah melewati puasa di tahun tahun sebelumnya.







16 komentar:

  1. Pas semua, jadi inget waktu SD, ramadhan sibuk ngisi buku harian, gak nyimak ceramah, fokus ke tandatangan aja :D ahaha

    ReplyDelete
  2. Hahhaha jadi gasabar ni xixiixix

    ReplyDelete
  3. Ini nih gan untuk kalian yang ingin berbuka dengan yang manis-manis dan buatan tangan sendiri hehehe http://www.punyakabar.info/2016/06/resep-dan-cara-membuat-martabak-manis.html

    ReplyDelete
  4. ada yang kurang tuh, satu lagi iklan sirup di tv :v

    ReplyDelete
  5. satu lagi yang kurang, masjid jadi rame tapi buat tidur gan hehehhe

    ReplyDelete
  6. hari ini ane juga mau zarah ke makam nenek :)

    ReplyDelete
  7. udah ga kerasa ya gan, besok udah puasa. alhamdulillah masih ketemu sama bulan suci

    ReplyDelete
  8. Enaknya Bulan Puasa Banyak Tukang Cemilan Buat Buka Puasa

    ReplyDelete
  9. sudah menjadi kebiasaan gan tiap bulan puasa emang gitu

    ReplyDelete
  10. kalo ane sih ngaububurit gan hehhe

    ReplyDelete
  11. ngabuburit gan kalo ane :D

    ReplyDelete
  12. bukan ramadhan namanya jika kebiasan diatas tidak ada.. btw nice artikel gann

    ReplyDelete

Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca . Jangan lupa untuk meninggalkan komentar yang sopan santun . Untuk menghindari komentar SPAM yang masuk , komentar kalian akan gue seleksi terlebih dahulu kemudian gue publikasikan .

Salam , Arjuna Rafi (coganarab_ )

 

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

FANSPAGE FACEBOOK

PELANGGAN

Translate

JUMLAH PEMBACA

PENULIS

Halo! gue Arjun, penulis blog arjunarafi.com . Blog ini udah dibuat sejak 2015 silam, awalnya sebagai media untuk mempublikasikan tulisan-tulisan yang gue buat.

Apa aja yang gue tulis di arjunarafi.com ? sebagian besar tulisan gue untuk sharing pengalaman gue, yang juga dibarengi dengan berbagai topik sosial, hingga review apapun.

By the way, kalo lo ada saran apapun yang harus gue review, atau melakukan kerja sama bisa kontak gue di Rafisyauqie@gmail.com.

Cheers.