Investasi uang kuno

Halo guys,selamat siang ...

Kali ini gua mau membahas tentang '' UANG KUNO INDONESIA BISA MENJADI INVESTASI''. ya karena gua akan mencoba memperkenalkan berbagai macam uang indonesia yang sangat beragam dan unik yang dipakai pada zaman penjajahan dan zaman order baru.Uang adalah alat yang digunakan untuk kegiatan jual beli dalam masyarakat yang dicetak oleh salah satu badan pemerintah yakni,''BANK INDONESIA''. Uang dicetak untuk keperluan masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi terutama dalam bidang perdagangan. oke langsung ke topik GOOW !!!



Masih ingatkah uang anda ? berapa Rupiah dulu anda jajan ? , yaa mungkin diantara kalian masih ada yang ingat dengan uang yang anda pakai semasa kalian sekolah. Dan begitu banyak serta ragam dan pecahan yang termuat pada uang indonesia. tapi , tahukah anda ? ternyata uang Indonesia sangat banyak jenisnya loh. bahkan dari zaman kerajaan , penjajahan , serta masa orde reformasi baru , wow ! . Uang Indonesia ternyata ada yang mengoleksinya juga yang biasa disebut ''NUMISMATIK''. Ya,Numismatik merupakan sebutan untuk kolektor uang kuno.




Numismatik sendiri di Indonesia sudah banyak tersebar di wilayah Indonesia bahkan, sudah memiliki komunitas antar masing masing daerah dan sudah pernah menggelar pameran ''uang kuno'' di berbagai daerah masing masing. Selain itu, uang kuno pun juga memiliki Katalog yang dicetak setiap 5 ( lima ) tahun sekali oleh salah satu Numismatika Indonesia yang berisi panduan serta penjelasan uang uang Indonesia.






Jika kita mengoleksi uang kuno maka sama saja kita melestarikan sejarah bangsa,terutama dalam sejarah perekonomian Indonesia.Karena,Indonesia merupakan negara yang memiliki mata uang yang sangat beragam dan memiliki sejarah yang sangat tinggi,sehingga banyak Numismatik dari luar negeri yang ingin mencari uang kuno Indonesia untuk dikoleksi serta di investasikan oleh mereka.


Selain uang kertas,ternyata Indonesia juga mencetak koin dengan berbahan dasar emas.dan perak. Namun,uang ini dicetak bukan difungsikan sebagai alat pembayaran tetapi,difungsikan sebagai koin peringatan tertentu (commemorative coin). Berikut contohnya :





Foto diatas merupakan beberapa contoh koin peringatan ( commemorative coin ) , yang dicetak oleh Bank Indonesia sebagai tanda peringatan tertentu serta memiliki kandungan perak dan emas yang tinggi.

Selain itu,para Numismatik pun banyak menggelar acara pameran uang kuno di berbagai tempat.sebagai contoh berikut merupakan foto pameran uang kuno di Singapore tahun 2014 silam.



Oke guys,sampe disini dulu artikel gua kali ini , ya artikel ini memang berbeda dengan artikel gua yang lainnya hehehe,biar gak bosen :)





















14 komentar:

  1. Ternyata Uang Kuno bisa dijadikan Investasi, baru tau ane gan.

    ReplyDelete
  2. Hmm, Artikelnya keren gan.
    Ane jadi making tau tentang ginian..
    Thx Sob

    ReplyDelete
  3. jadi inget dulu waktu kecil suka banget kalo dapat receh lima ratus tahun 1994. Konon, receh itu dibuat dari emas :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kandungan emas nya memang tapi gk banyak.

      cc : arjuna rafi

      Delete
  4. uang receh legend yang masih sering ane lihat cuman uang 1000 koin itu pun sudah mulai jarang hehehe

    ReplyDelete
  5. keren gan... hoahoa. makasih artikelnya

    ReplyDelete
  6. keren bro, inspiratif
    bisa dicoba

    ReplyDelete
  7. wahhh jadi pengen ngoleksi uang kuno nihh ane gan ._.

    ReplyDelete
  8. investasi dalam artian melestarikan sejarah bangsa aja.tetep aja kalo mau dipake ga laku dimana2 gan -_-
    bisa sih dijual lagi sebagai barang antik, tapi harus sama kolektor yang memang maniak dalam urusan sejarah. hahaha kalau saya lebih suka koleksi uang dari berbagai negara gan -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Investasi : mengumpulkan , menyimpan untuk dijual kembali di masa yang akan mendatang.

      Delete
  9. betul bangt tuh gan saya juga punya beberapa lembar uang jaman dulu di twr smpe 7 jt gan

    ReplyDelete
  10. mantap juga investasi di uang kuno

    ReplyDelete
  11. ajib dah (fizar rama waluyo)

    ReplyDelete

Terimakasih udah menyempatkan waktu untuk membaca . Jangan lupa untuk meninggalkan komentar yang sopan santun . Untuk menghindari komentar SPAM yang masuk , komentar kalian akan gue seleksi terlebih dahulu kemudian gue publikasikan .

Salam , Arjuna Rafi (coganarab_ )

 

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

KOMUNITAS BLOGGER

FANSPAGE FACEBOOK

PELANGGAN

Translate

JUMLAH PEMBACA

PENULIS

Halo! gue Arjun, penulis blog arjunarafi.com . Blog ini udah dibuat sejak 2015 silam, awalnya sebagai media untuk mempublikasikan tulisan-tulisan yang gue buat.

Apa aja yang gue tulis di arjunarafi.com ? sebagian besar tulisan gue untuk sharing pengalaman gue, yang juga dibarengi dengan berbagai topik sosial, hingga review apapun.

By the way, kalo lo ada saran apapun yang harus gue review, atau melakukan kerja sama bisa kontak gue di Rafisyauqie@gmail.com.

Cheers.